Komitmen Isuzu di Pasar Indonesia, Terus Perkuat Ekspor Traga
04 November 2025, 16:35 WIB
Isuzu Elf Mio punya ukuran lebih kecil, namun dapat mengakomodir kebutuhan seperti truk pada umumnya
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Isuzu memiliki satu model kendaraan niaga berupa truk, namun dapat dikemudikan tanpa perlu Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus di negara asalnya yakni Jepang.
Model tersebut adalah truk Elf Mio. KatadataOTO berkesempatan melihat langsung unitnya, dipajang di museum Isuzu Plaza, Fujisawa, Jepang.
Isuzu juga memamerkan Elf Mio Advanced Concept yang lebih gagah dengan balutan kelir hitam matte, tampil semakin unik berkat sentuhan personal di area eksteriornya.
Isuzu Elf Mio memiliki bentuk tidak jauh berbeda dari pendahulunya, Elf. Namun ada beberapa hal yang membuatnya jadi lebih spesial.
Meskipun berupa truk, Isuzu Elf Mio bisa dikemudikan oleh pemilik tanpa perlu SIM khusus seperti SIM B khusus kendaraan besar di Indonesia.
Di Jepang, banyak tenaga kerja pengemudi usia muda dibutuhkan. Sebelum 2017, aturan lalu lintas di Negeri Sakura memperbolehkan pengemudi tanpa SIM khusus untuk mengemudikan kendaraan dengan bobot kotor di bawah lima ton.
Tetapi pasca amandemen di 2017, kendaraan berbobot kotor 3,5 ton sampai 7,5 ton hanya dapat digunakan oleh pengemudi pemegang SIM khusus.
Mengacu pada aturan tersebut, masyarakat Jepang yang baru membuat SIM standar setelah amandemen tidak dapat mengoperasikan kendaraan di bobot itu.
Oleh karena itu muncul kebutuhan akan truk fleksibel yang legal digunakan oleh tenaga kerja generasi muda ataupun pekerja parti-time, seperti buat kebutuhan home delivery.
Ditambah lagi angkatan kerja di sektor tersebut semakin menua. Sehingga dibutuhkan tenaga-tenaga baru di usia produktif.
Maka kemudian Isuzu meluncurkan Elf Mio sebagai jajaran dari lini seri Elf. Bobot kotor atau gross vehicle weight (GVW) dari Elf Mio adalah kurang dari 3,5 ton.
Meskipun lebih kecil dari Elf standar, Isuzu Elf Mio tetap punya kapasitas bak belakang mumpuni dan lapang buat berbagai kebutuhan. Mesinnya dapat menenggak diesel dengan kapasitas 1.900 cc.
Sehingga tetap dapat mengakomodir fungsi truk pada umumnya, namun fleksibel digunakan berbagai kalangan pengemudi sesuai kebutuhan.
Saat ini Isuzu Elf Mio baru dihadirkan di Jepang saja, menjadi respons atas kesulitan mencari tenaga kerja driver muda imbas ketatnya regulasi SIM pengemudi truk.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
04 November 2025, 16:35 WIB
04 November 2025, 11:00 WIB
03 November 2025, 12:11 WIB
01 November 2025, 17:00 WIB
31 Oktober 2025, 12:00 WIB
Terkini
05 November 2025, 12:00 WIB
LHKPN mencatat Gubernur Riau Abdul Wahid hanya memiliki dua unit mobil di garasinya, nilainya Rp 780 juta
05 November 2025, 11:51 WIB
Wuling Darion EV dan PHEV akhirnya resmi diluncurkan untuk Keluarga Indonesia dengan harga yang kompetitif
05 November 2025, 11:00 WIB
Salah satu pilihan motor matic murah yang patut dipertimbangkan pada November 2025 adalah Honda Genio baru
05 November 2025, 10:00 WIB
Meskipun sudah diperkenalkan di GIIAS 2025, Jetour masih belum mau menjual mobil listrik mungil X20e
05 November 2025, 09:00 WIB
Sejak resmi diluncurkan pada Senin (03/11), Jaecoo J5 EV mengundang rasa penasaran masyarakat Tanah Air
05 November 2025, 08:00 WIB
PLN bakal menyiapkan SPKLU Bergerak untuk mengatasi mobil listrik yang kehabisan daya saat libur Nataru
05 November 2025, 07:30 WIB
Honda WN7 akhirnya masuk ke jalur produksi di Jepang dan dijual di pasar Eropa, punya torsi setara mesin motor 1.000 cc.
05 November 2025, 07:00 WIB
Pemkot Kendari bakal jadikan mobil listrik sebagai kendaraan operasional para ASN karena dinilai murah