Mustang Palsu Rifat Sungkar Bakal Mejeng di IMX 2025
03 Oktober 2025, 12:00 WIB
Mitsubishi Xpander AP4 tunggangan Rifat Sungkar dan M Redwan di kejuaraan nasional Sprint Rally 2021 berhasil tampil terdepan
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Mitsubishi Xpander AP4 berhasil mengantarkan Rifat Sungkar menjadi juara nasional Sprint Rally 2021. Low MPV yang diubah menjadi mobil reli sempat diragukan performanya apalagi menjadi juara nasional.
Sebelum meraih gelar pertamanya, Mitsubishi Xpander AP4 yang dipacu oleh Rifat bersama navigator M Redwan memiliki cerita perjalanan panjang.
Mobil keluarga 7-penumpang tersebut menjalani beberapa perlombaan sebelumnya. Pada tahun ini, Rifat mencoba kejuaraan nasional sprint rally selama satu musim penuh.
Pada Meikarta Sprint Rally yang digelar pada 26 – 27 November 2021, Rifat menyiksa tunggangannya. Di seri pamungkas, pria kelahiran 22 Oktober 1978 ini duduk di posisi ketiga.
Meskipun tidak berhasil menjadi pemenang di dua seri di Meikarta akhir pekan kemarin. Rifat tetap tidak tergoyahkan untuk menjadi juara nasional sprint rally 2021.
Berkat beberapa hasil positif yang diraihnya pada putaran sebelumnya yakni Tanjung Lesung, Banten, dan ada Sentul, Jawa Barat, dominasi Rifat di klasemen tidak tergoyahkan.
Rifat berhasil mengubah paradigma bahwa mobil reli haruslah berdimensi kecil. Bersama Xpander AP4, Ia membuktikan jika mobil sejenis Xpander juga bisa meraih prestasi di ajang reli.
“Ini agak gila karena balapan pakai MPV, karena semua orang menggunakan hatchback,” ucap Rifat dalam siaran persnya.
Dikatakan lebih lanjut AP4 terbantu kondisi topografi lokasi sprint rally di Indonesia. Menurutnya balapan reli di Indonesia tidak fokus pada kecepatan tinggi.
Sehingga bodi Xpander AP4 terbilang lebih besar daripada hatchback tidak menjadi kendala. Fungsi aerodinamika pada kendaraan dikatakan tidak terlalu berpengaruh pada handling mobil.
“Beda kalau kita reli di Finlandia atau Swedia misalnya yang lebih membutuhkan aerodinamika tinggi,” jelasnya kemudian.
Rifat mengatakan bahwa dimensi Mitsubishi Xpander AP4 tunggangannya tidak berbeda jauh dengan Mitsubishi Evolution. Sedan legendaris berlambang Tiga Berlian tersebut merupakan andalannya di masa lalu.
Perbedaan paling tidak bisa dipungkiri adalah tinggi bodi mobil dibandingkan jenis sedan atau hatchback sekalipun. Rahasianya adalah dengan mengatur suspensi agar mendapatkan handling mumpuni.
“Untuk Xpander, begitu masuk ke dalam mobil saya tidak merasa duduk di kendaraan lain. Rasanya sama seperti duduk di (Mitsubishi) evolution,” pungkasnya.
Mitsubishi Xpander AP4 sendiri menjalani persiapan cukup panjang. Rifat yang mendapat dukungan penuh dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengembangkan mobil bersama Ralliart Selandia Baru.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
03 Oktober 2025, 12:00 WIB
16 September 2025, 16:00 WIB
27 Juni 2025, 09:00 WIB
27 Mei 2025, 11:00 WIB
20 Mei 2025, 12:53 WIB
Terkini
26 Oktober 2025, 07:15 WIB
Atta Halilintar memiliki koleksi kendaraan yang cukup beragam dan beberapa diantaranya sudah dimodifikasi
25 Oktober 2025, 19:00 WIB
Chery Tiggo Cross CSH mendapatkan respons positif dari konsumen, mulai diserahkan ke 1.000 konsumen pertama
25 Oktober 2025, 17:00 WIB
Vinfast di Indonesia terus mengembangkan lini bisnis untuk mendukung pemerintah mewujudkan energi bersih
25 Oktober 2025, 15:14 WIB
Francesco Bagnaia memenangkan Sprint Race MotoGP Malaysia 2025, disusul Alex Marquez dan Fermin Aldeguer
25 Oktober 2025, 09:00 WIB
Tiga siswa berhasil memperoleh penghargaan di AHM Best Student 2025 berkat inovasinya di bidang lingkungan
25 Oktober 2025, 09:00 WIB
Kakorlantas berkomitmen agar ETLE diperkuat kehadirannya di seluruh wilayan Indonesia khususnya di pulau Jawa
25 Oktober 2025, 07:00 WIB
Demi memanjakan para konsumen di Tanah Air, Changan berencana memboyong Deepal S05 varian REEV tahun depan
25 Oktober 2025, 07:00 WIB
Suzuki Baleno bekas dijual dengan beragam kemudahan termasuk TDP ringan dan cicilan hanya Rp 5 jutaan