Yamaha Pesimis Penjualan Motor Baru Tahun Ini Capai Target
04 September 2025, 09:00 WIB
Alex Rins turut mengalami kendala seperti Fabio Quartararo pada gelaran MotoGP Inggris 2025 di Silverstone
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Nasib sial menimpa Fabio Quartararo saat menjalani MotoGP Inggris 2025 di Sirkuit Silverstone pada Minggu (25/05).
Saat memimpin jalannya balap, kuda besi Yamaha mengalami masalah teknis, sehingga El Diablo harus menepi dari lintasan.
Setelah memarkirkan motornya, Fabio Quartararo terlihat sedih karena gagal meraih kemenangan perdana di MotoGP 2025.
Akan tetapi, tidak hanya Quartararo yang mengalami hal tersebut. Rekan satu garasinya, yakni Alex Rins juga mengadapi kendala serupa.
Berbeda dengan sang rekan, Rins mendapatkan kendala pada motor balapnya ketika berada di barisan belakang.
"Saya pun mengalami masalah yang sama dengan Fabio (Quartararo)," ungkap Alex Rins di Crash, Selasa (27/05).
Rins mengatakan, kendala tersebut terjadi begitu saja di lap terakhir, membuat dia kesulitan mengendalikan motor balapnya.
Bagian setang kemudi Yamaha YZR-M1 milik Alex Rins terasa sangat berat, terutama pada sistem pengereman.
"Perasaannya tentu berbeda dengan Fabio. Bisa dibilang saya beruntung karena itu terjadi di putaran terakhir," Rins menambahkan.
Akibat peristiwa tersebut, pabrikan berlambang garpu tala ini tengah melakukan pemeriksaan terhadap kuda besi milik Rins dan Quartararo.
Kemudian, Alex Rins juga mengungkapkan bahwa kerusakan semacam ini sejatinya pernah terjadi di masa lalu.
"Aneh sekali, kedua pembalap berada di balapan yang mengalami masalah yang sama," tegas Alex Rins.
Patut diketahui, masalah pada kuda besi Alex Rins maupun Quartararo berada di bagian ride height device atau biasa disebut holeshot.
Sebuah perangkat yang dapat mengubah ketinggian suspensi motor. Bisa dioperasikan secara manual oleh pembalap.
"Ride height device terkunci ke bawah. Aku tidak bisa mengembalikannya dan benar-benar rusak," kata Quartararo dalam kesempatan terpisah.
Komponen ini biasanya digunakan para pembalap ketika di garis start atau saat keluar dari tikungan untuk menghindari wheelie.
Dengan menghindari wheelie, motor akan mendapatkan traksi dan akselerasi yang lebih baik di lintasan lurus.
Sementara untuk mengaktifkan ride height device atau holeshot, pembalap cukup menekan tombol pada bagian setang kemudi, sehingga suspensi akan turun secara perlahan.
Sekadar informasi, fitur ride height device pertama kali dikembangkan oleh Ducati. Lalu pabrikan lain mengikuti termasuk Yamaha.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
04 September 2025, 09:00 WIB
02 September 2025, 14:40 WIB
01 September 2025, 19:37 WIB
01 September 2025, 18:00 WIB
01 September 2025, 14:00 WIB
Terkini
05 September 2025, 13:00 WIB
PT SIS mengumumkan harga Suzuki XL7 Kuro, baru akan diluncurkan secara resmi pada 19 September mendatang
05 September 2025, 11:00 WIB
Proton resmikan pabrik mobil listrik pertama mereka yang sekarang berdiri di kawasan Perak, Malaysia
05 September 2025, 09:00 WIB
Seorang pedagang mobkas di MGK Kemayoran membeberkan mobil listrik bekas yang harganya masih menguntungkan
05 September 2025, 07:00 WIB
Kecelakaan dikarenakan truk mengalami rem blong kerap terulang di Indonesia, terutama sepanjang 2025
04 September 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia berpeluang untuk bangkit di MotoGP Catalunya 2025, sirkuit andalan Valentino Rossi
04 September 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia berpeluang untuk bangkit di MotoGP Catalunya 2025, sirkuit andalan Valentino Rossi
04 September 2025, 18:00 WIB
Kecelakaan truk terjadi di GT Ciawi 2 pada Kamis (04/09) dini hari, peristiwa ini diduga karena rem blong
04 September 2025, 17:00 WIB
Opsen PKB dan BBNKB jadi satu alasan konsumen enggan beli mobil, ekonom usul alternatif penerapan pajak