Sejarah Skutik di Indonesia, Auto Bikin Kangen

Mengenal sejarah skutik di Indonesia yang ternyata sudah ada sejak tahun 1960-an dan beberapa unitnya masih ada serta sehat

Sejarah Skutik di Indonesia, Auto Bikin Kangen

TRENOTO – Motor matik yang banyak beredar di Indonesia saat ini ternyata memiliki sejarah panjang. Bahkan beberapa diantaranya sudah ada sebelum kita dilahirkan ke dunia.

Kendaraan dengan transmisi otomatis ini terus meraih popularitas seiring perkembangan zaman. Manufaktur mengembangkan motor matik dengan menggunakan bodi skuter dan sekarang kerap disebut skuter matik (skutik).

Sejarah skutik di Indonesia yang akan dibahas kali ini memiliki memori berkesan bagi banyak orang. Mulai dari motor pertama, hingga menjadi saksi hidup perjalanan mewarnai para pengguna skutik sejak zaman dahulu.

Motor matik pertama pernah hadir di Indonesia ternyata adalah Honda Sayur. Tidak diketahui dengan jelas nama asli kuda besi buatan Jepang tersebut, Honda Sayur begitu mereka mengenali kendaraan unik ini

Photo : istimewa

Honda Sayur dikatakan pertama kalinya hadir pada 1962. Motor matik pertama di Indonesia menjadi saksi sejarah pembebasan Irian Barat, pembukaan Asian Games IV di Jakarta dan siaran perdana Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Lalu motor matik selanjutnya yang dikenal sebagai skutik pertama di Indonesia adalah Vespa Corsa. Skutik tersebut hadir pertama kalinya pada 1991 dan diboyong oleh PT Dan Motor Vespa Indonesia (DAM).

Photo : 123RF

Vespa identik dengan motor mesin samping kanan dan suspensinya juga hanya pada satu sisi saja. Corsa menjadi populer karena menawarkan kepraktisan dalam penggunaannya sehari-hari.

Skutik selanjutnya yang juga menghiasi pasar otomotif Indonesia adalah Kymco. Motor asal Taiwan menawarkan Jetmmatic Trend 125 pada awal 2000-an.

Untuk mempromosikannya, mereka mengadakan perjalanan touring Jakarta – Bali nonstop selama 100 jam. Perjalanan tersebut berhasil masuk buku rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Pada era 2000-an, popularitas skutik di Tanah Air mulai menggeliat. Beberapa pabrikan Jepang memboyong produk andalannya seperti Yamaha yang menawarkan Majesty dan Glide.

Namun kedua motor tersebut di atas kurang populer sehingga tidak banyak unit yang terlihat di jalan.

Yamaha Nouvo bisa dibilang salah satu pemicu bangkitnya skutik di Indonesia. Nouvo merupakan produk impor dari Thailand dan dibawa masuk pada 2002. Generasi pertamanya dikenal dengan sebutan Lele.

Photo : istimewa

Usai Nouvo, Yamaha Mio hadir dengan menawarkan sesuatu yang berbeda. Skutik berbodi mungil dan memiliki dek lebar sehingga kaki lebih leluasa bergerak.

Mio menjadi skutik paling laris pada masanya sehingga membuat pabrikan berlambang Garpu Tala berbunga-bunga. Larisnya skutik tersebut membuat Honda tertarik untuk memberikan perlawanan.

Pada 2006, PT Astra Honda Motor meluncurkan skutik pertamanya yakni Vario. Kemudian segmen ini semakin gemuk karena dianggap lebih praktis dan efisien.

Tidak hanya Honda dan Yamaha, Suzuki juga ikut bermain pada segmen skutik melalui Spin 125. Sayangnya Suzuki Spin 125 tidak terlalu disukai karena mesin besarnya lebih boros bahan bakar.

Tren penggunaan skutik di Indonesia juga terus meluas, tidak hanya disukai kaum Hawa namun memikat kaum Adam. Hingga kini pasarnya mendominasi di Tanah Air dan mencapai 87.51 persen berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI)


Terkini

mobil
Toyota Hilux Rangga

Ini yang Buat Dian Sastrowardoyo Naksir Toyota Hilux Rangga

Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu pelanggan pertama Toyota Hilux Rangga untuk jadikan kendaraan operasional

mobil
Rencana Honda Bikin EV Transmisi Manual, Ikuti Jejak Ioniq 5 N

Rencana Honda Bikin EV Transmisi Manual, Ikuti Jejak Ioniq 5 N

Agar tetap diminati di era elektrifikasi, Honda tertarik membuat transmisi manual untuk lini elektrifikasinya

news
Nmax Tour Boemi Nusantara

Jelajah Sulsel di Etape Terakhir Nmax Tour Boemi Nusantara

Menjelajah Sulawesi Selatan dalam etape terakhir Nmax Tour Boemi Nusantara dan menikmati alam nan asri

mobil
BYD Sorot Pentingnya Edukasi sebelum Beli Mobil Listrik

BYD Sorot Pentingnya Edukasi sebelum Beli Mobil Listrik

Mulai dari torsi instan sampai potensi kebakaran, BYD sorot pentingnya edukasi sebelum beli mobil listrik

news
Cek fisik kendaraan

Cek Fisik Kendaraan Bisa Dilakukan Secara Digital, Lebih Cepat

Cek fisik kendaraan untuk mengurus BPKP atau STNK 5 tahunan kini bisa lebih cepat dengan terobosan baru

motor
Moto Guzzi Stelvio Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Moto Guzzi Stelvio Resmi Mengaspal, Berikut Spesifikasinya

Piaggio Indonesia resmi meluncurkan produk anyar buat konsumen di Indonesia, yakni Moto Guzzi Stelvio

mobil
Kata Chery soal Nasib SUV Jaecoo J7 di Indonesia

Kata Chery soal Nasib SUV Jaecoo J7 di Indonesia

PT Chery Sales Indonesia enggan mengungkapkan kapan Jaecoo J7 bakal resmi dihadirkan di pasar Indonesia

mobil
Jadi Menteri, Isi Garasi Cak Imin Hanya Bernilai Rp 200 Jutaan

Jadi Menteri, Isi Garasi Cak Imin Hanya Bernilai Rp 200 Jutaan

Menjadi menteri Prabowo di Kabinet Merah Putih, Cak Imin tercatat hanya memiliki satu motor serta mobil