Pengemudi Harus Bugar Saat Masuk Contraflow, Risikonya Tinggi

Pegemudi yang hendak masuk contraflow harus dalam kondisi bugar guna menghindari terjadinya kecelakaan

Pengemudi Harus Bugar Saat Masuk Contraflow, Risikonya Tinggi

KatadataOTO – Guna menghindari terjadinya kepadatan, kepolisian pun menggelar beragam rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Salah satunya adalah sistem contraflow sehingga kapasitas jalan bisa lebih besar dari sebelumnya.

Namun berkendara di jalur contraflow memiliki risiko yang cukup besar. Pasalnya pengemudi tidak bisa melakukan manuver bila terjadi halangan di depannya akibat terbatasnya ketersediaan ruas jalan.

Tidak adanya rest area juga menjadi tantangan tersendiri karena membuat pengemudi harus dalam kondisi bugar tanpa istirahat selama perjalanan. Kondisi inilah yang umumnya membuat kecelakaan terjadi.

“Sangat disarankan agar beristirahat setiap 2 jam perjalanan dan tidur setidaknya selama 20 menit sebelum kembali melakukan perjalanan agar tidak kelelahan,” ungkap Adrianto Sugiarto Wiyono, Technical Committee ASEAN NCAP pada KatadataOTO (25/12).

Contraflow
Photo : KatadataOTO

Oleh sebab itu ia menyarankan pada pengemudi memastikan dalam kondisi bugar sebelum berkendara terutama menjelang masuk ke jalur contraflow. Hal ini untuk menghindari rasa lelah berlebihan yang berisiko menyebabkan kecelakaan.

“Kemudian pengemudi juga harus bisa mengendalikan emosinya karena timbul rasa senang setelah  mendapat jalanan lebih lancar dari jalur utama. Akibatnya mereka meningkatkan kecepatan dan menurunkan kewaspadaan,” ungkapnya.

Padahal berkendara di contraflow bukan berarti kewaspadaan bisa dilonggarkan. Risiko terjadinya head-on collision dinilai sangat tinggi sebab jalur hanya dibatasi dengan safety cone dan water barrier.

Siapkan SOP Baru Dalam Pelaksanaan Contraflow

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, SOP terkait contraflow pun bakal ditingkatkan. Dengan demikian diharapkan perjalanan menjadi lebih aman dibanding sebelumnya.

Langkah yang dilakukan adalah memasang cone atau warter barrier dengan lebih rapat dari sebelumnya.
Kemudian bila melakukan contraflow di malam hari maka pencahayaannya bakal ditambah.

Sistem One Way dan Contraflow di Trans Jawa
Photo : @korlantaspolri.ntmc

Di atas cone juga rencananya dipasangkan lampu selang hingga LED clip sehingga pengendara bakal lebih waspada selama perjalanan.

Kepolisian juga akan menyediakan safety car di sejumlah titik guna mengawal para pengemudi. Tujuannya adalah untuk memastikan kecepatan dan ketertiban pengemudi bisa terjaga.


Terkini

mobil
Wholesales LMPV Juli 2025

Wholesales LMPV Juli 2025, BYD M6 Bertahan di 3 Besar

Capaian wholesales LMPV sepanjang Juli 2025 naik dari Juni, urutan pertama masih ditempati Toyota Avanza

news
Ganjil genap Puncak

Ganjil Genap Puncak 15 Agustus 2025, Waktunya Lebih Panjang

Sambut libur panjang, ganjil genap Puncak 15 Agustus 2025 akan diberlakukan lebih lama dari biasanya

otosport
Link Live Streaming MotoGP Austria 2025: Kans Marquez Unjuk Gigi

Link Live Streaming MotoGP Austria 2025: Kans Marquez Unjuk Gigi

MotoGP Austria 2025 menjadi panggung bagi Marc Marquez buat meraih kemenangan perdana di Red Bull Ring

motor
Penjualan motor Honda di GIIAS 2025

Honda Optimistis Penjualan Motor Naik Jelang Akhir Tahun

PT Astra Honda Motor alami penurunan penjualan sampai dua persen, yakin angkanya bisa membaik di akhir 2025

otosport
Catat Jadwal MotoGP 2026, Kembalinya Negeri Samba Jadi Tuan Rumah

Catat Jadwal MotoGP 2026, Kembalinya Negeri Samba Jadi Tuan Rumah

Brasil kembali didapuk menjadi tuan rumah dan masuk ke dalam jadwal MotoGP 2026 guna menggantikan Argentina

mobil
Mobil Baru Geely di GIIAS 2025

Geely Klaim Berhasil Mencatatkan 866 SPK Selama GIIAS 2025

Geely catat 866 SPK selama mengikuti pameran otomotif GIIAS 2025 yang diselenggarakan di akhir Juli 2025

motor
Motor Listrik Honda Diskon Besar-besaran, AHM Buka Suar

Motor Listrik Honda Diskon Besar-besaran, Ini Penjelasan AHM

Motor listrik Honda CUV e: dan EM1 e: sempat mendapatkan potongan harga besar, ini penjelasan dari AHM

mobil
Penyebab Mobil di Atas Rp 300 Jutaan Ramai Pembeli Ketimbang LCGC

Penyebab Mobil di Atas Rp 300 Jutaan Ramai Pembeli Ketimbang LCGC

Terdapat beberapa faktor kenapa mobil di atas Rp 300 jutaan cukup digandrungi masyarakat di Indonesia