Honda Civic RS Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga Rp 699 Jutaan
08 Mei 2025, 19:00 WIB
PT HPM resmi meluncurkan Honda Civic RS e:HEV di Indonesia, tanpa mesin turbo dengan banderol Rp 699 jutaan
Melalui teknologi yang ada saat ini, minat kendaraan listrik di Indonesia tercatat mengalami peningkatan hingga 300 persen
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Minat kendaraan listrik di Indonesia mengalami peningkatan hingga 300 persen berdasarkan penelusuran Google Trends untuk periode 2020 hingga 2021.
Karlina Ayuningtyas selaku Industry Analyst Google Indonesia menyebut, penelusuran terkait kendaraan listrik di Youtube juga mengalami peningkatan hingga 60 persen.
"Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina Ayuningtyas.
Dari total penelusuran, Karlina menjelaskan bila harga kendaraan EV (electric vehicle) merupakan informasi paling banyak dicari oleh masyarakat. Tercatat 35 persen penelusuran berkaitan dengan informasi ini.
Tak hanya mobil listrik, pencarian terkait kendaraan hibrida juga cukup mendominasi. Tercatat, sekitar 29 persen pencarian terkait kendaraan ramah lingkungan berada di segmen ini khususnya soal harga.
"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," imbuhnya.
Mengalahkan mobil di segmen SUV dan hatchback, volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google lebih tinggi 30 persen pada Agustus 2021 sampai Juli 2022. Periode yang sama juga mencatat penelusuran terkait motor listrik di YouTube naik 85 persen.
Tren terkait otomotif di Google juga mengalami kenaikan 20 persen. Penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16 persen dan penelusuran untuk diler naik 43 persen selama periode yang sama.
Tak hanya itu, penelusuran terkait pameran otomotif seperti GIIAS dan jalur pembelian mobil juga meningkat. Survei Pelanggan Google terkait otomotif didominasi kata kunci produk baru listrik 44 persen; promo 19 persen; fitur baru 18 persen; kendaraan EV dan hibrida 17 persen dan uji coba kendaraan mobil baru 11 persen .
Saat ini informasi melalui daring merupakan sumber utama pencarian masyarakat. 61 persen responden survei pada bulan Juli 2022 mengatakan bahwa mereka menggunakan platform tersebut, diikuti media sosial, TV atau radio, disusul oleh media cetak dan papan iklan.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
Terkini
08 Mei 2025, 19:00 WIB
PT HPM resmi meluncurkan Honda Civic RS e:HEV di Indonesia, tanpa mesin turbo dengan banderol Rp 699 jutaan
08 Mei 2025, 18:00 WIB
Suzuki Jimny jadi mobil patroli petugas Kabupaten Bogor setelah disalahgunakan oleh sejumlah ASN Pemkab
08 Mei 2025, 17:00 WIB
Mitsubishi tengah menyiapkan satu unit mobil listrik terbaru, pakai basis Nissan Leaf generasi ketiga
08 Mei 2025, 16:00 WIB
Terdapat beberapa keuntungan jika banyak motor dan mobil listrik yang dipasarkan memiliki nilai TKDN tinggi
08 Mei 2025, 15:00 WIB
Dishub DKI Jakarta memastikan kabar penerapan ERP atau jalan berbayar di Jakarta tidak benar alias hoax
08 Mei 2025, 13:10 WIB
Mitsubishi gandeng produsen iPhone untuk produksi mobil listrik yang akan memenuhi pasar Australia dan Selandia Baru
08 Mei 2025, 13:06 WIB
BYD Seal turun Rp 9 jutaan sedangkan Hyundai Ioniq 6 naik, berikut daftar harga mobil listrik April 2025
08 Mei 2025, 12:06 WIB
Pemerintah kenalkan konsep Green Mobility untuk mendukung industri otomotif yang ramah lingkungan di masa depan