Cek Cara dan Biaya Perpanjang STNK Mei 2024
02 Mei 2024, 14:14 WIB
Punya masa berlaku terbatas seperti SIM, berikut kami rangkum cara dan biaya perpanjang STNK per Mei 2024
Melalui teknologi yang ada saat ini, minat kendaraan listrik di Indonesia tercatat mengalami peningkatan hingga 300 persen
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Minat kendaraan listrik di Indonesia mengalami peningkatan hingga 300 persen berdasarkan penelusuran Google Trends untuk periode 2020 hingga 2021.
Karlina Ayuningtyas selaku Industry Analyst Google Indonesia menyebut, penelusuran terkait kendaraan listrik di Youtube juga mengalami peningkatan hingga 60 persen.
"Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina Ayuningtyas.
Dari total penelusuran, Karlina menjelaskan bila harga kendaraan EV (electric vehicle) merupakan informasi paling banyak dicari oleh masyarakat. Tercatat 35 persen penelusuran berkaitan dengan informasi ini.
Tak hanya mobil listrik, pencarian terkait kendaraan hibrida juga cukup mendominasi. Tercatat, sekitar 29 persen pencarian terkait kendaraan ramah lingkungan berada di segmen ini khususnya soal harga.
"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," imbuhnya.
Mengalahkan mobil di segmen SUV dan hatchback, volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google lebih tinggi 30 persen pada Agustus 2021 sampai Juli 2022. Periode yang sama juga mencatat penelusuran terkait motor listrik di YouTube naik 85 persen.
Tren terkait otomotif di Google juga mengalami kenaikan 20 persen. Penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16 persen dan penelusuran untuk diler naik 43 persen selama periode yang sama.
Tak hanya itu, penelusuran terkait pameran otomotif seperti GIIAS dan jalur pembelian mobil juga meningkat. Survei Pelanggan Google terkait otomotif didominasi kata kunci produk baru listrik 44 persen; promo 19 persen; fitur baru 18 persen; kendaraan EV dan hibrida 17 persen dan uji coba kendaraan mobil baru 11 persen .
Saat ini informasi melalui daring merupakan sumber utama pencarian masyarakat. 61 persen responden survei pada bulan Juli 2022 mengatakan bahwa mereka menggunakan platform tersebut, diikuti media sosial, TV atau radio, disusul oleh media cetak dan papan iklan.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
Terkini
02 Mei 2024, 14:14 WIB
Punya masa berlaku terbatas seperti SIM, berikut kami rangkum cara dan biaya perpanjang STNK per Mei 2024
02 Mei 2024, 12:00 WIB
Vespa Babe Cabita dilelang dengan harga dimulai dari Rp 70 juta namun kini sudah melejit hingga Rp 150 juta
02 Mei 2024, 11:00 WIB
Berkomitmen membantu turunkan emisi karbon, 10 persen armada taksi Bluebird akan pakai mobil listrik per 2030
02 Mei 2024, 10:00 WIB
Hadir di PEVS 2024 sebagai prototipe, berikut spesifikasi Electro ML01 yang bakal dijual di bawah Rp 20 juta
02 Mei 2024, 09:00 WIB
Berikut ini daftar lengkap harga BBM Shell, BP AKR, hingga Vivo yang baru mengalami kenaikan di Mei 2024
02 Mei 2024, 08:00 WIB
Tampil dalam pameran PEVS 2024, berikut spesifikasi Wuling Cloud EV yang dilengkapi banyak fitur kekinian
02 Mei 2024, 07:13 WIB
Layanan SIM keliling Bandung tersedia di dua lokasi berbeda dan berpindah setiap hari, berikut informasinya
02 Mei 2024, 07:10 WIB
SIM Keliling Jakarta kembali beroperasi dari lima tempat berbeda hari ini buat melayani warga Ibu Kota