Astra Otoparts Luncurkan Ban Sportivo 2, Desainnya Sporti
28 Juli 2025, 09:00 WIB
Astra Otoparts luncurkan ban Sportivo 2 di GIIAS 2025 dengan desain sporti namun daya cengkram optimal
Melalui teknologi yang ada saat ini, minat kendaraan listrik di Indonesia tercatat mengalami peningkatan hingga 300 persen
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Minat kendaraan listrik di Indonesia mengalami peningkatan hingga 300 persen berdasarkan penelusuran Google Trends untuk periode 2020 hingga 2021.
Karlina Ayuningtyas selaku Industry Analyst Google Indonesia menyebut, penelusuran terkait kendaraan listrik di Youtube juga mengalami peningkatan hingga 60 persen.
"Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina Ayuningtyas.
Dari total penelusuran, Karlina menjelaskan bila harga kendaraan EV (electric vehicle) merupakan informasi paling banyak dicari oleh masyarakat. Tercatat 35 persen penelusuran berkaitan dengan informasi ini.
Tak hanya mobil listrik, pencarian terkait kendaraan hibrida juga cukup mendominasi. Tercatat, sekitar 29 persen pencarian terkait kendaraan ramah lingkungan berada di segmen ini khususnya soal harga.
"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," imbuhnya.
Mengalahkan mobil di segmen SUV dan hatchback, volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google lebih tinggi 30 persen pada Agustus 2021 sampai Juli 2022. Periode yang sama juga mencatat penelusuran terkait motor listrik di YouTube naik 85 persen.
Tren terkait otomotif di Google juga mengalami kenaikan 20 persen. Penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16 persen dan penelusuran untuk diler naik 43 persen selama periode yang sama.
Tak hanya itu, penelusuran terkait pameran otomotif seperti GIIAS dan jalur pembelian mobil juga meningkat. Survei Pelanggan Google terkait otomotif didominasi kata kunci produk baru listrik 44 persen; promo 19 persen; fitur baru 18 persen; kendaraan EV dan hibrida 17 persen dan uji coba kendaraan mobil baru 11 persen .
Saat ini informasi melalui daring merupakan sumber utama pencarian masyarakat. 61 persen responden survei pada bulan Juli 2022 mengatakan bahwa mereka menggunakan platform tersebut, diikuti media sosial, TV atau radio, disusul oleh media cetak dan papan iklan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
Terkini
28 Juli 2025, 09:00 WIB
Astra Otoparts luncurkan ban Sportivo 2 di GIIAS 2025 dengan desain sporti namun daya cengkram optimal
28 Juli 2025, 08:00 WIB
BYD Atto 1 jadi salah satu mobil termurah di dalam negeri, berikut KatadataOTO merangkum spesifikasinya
28 Juli 2025, 07:00 WIB
Hyundai tidak hanya memasarkan Stargazer Cartenz di GIIAS 2025, namun mereka turut menawarkan promo menarik
28 Juli 2025, 06:00 WIB
Pada awal pekan, kepolisian menyiapkan dua lokasi SIM keliling Bandung untuk melayani para pengendara
28 Juli 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 28 Juli 2025 tetap dilaksanakan dengan ketat meski operasi Patuh Jaya sudah berakhir
28 Juli 2025, 06:00 WIB
Beroperasi seperti biasa di awal pekan, simak informasi lengkap seputar SIM keliling Jakarta hari ini
27 Juli 2025, 22:30 WIB
Mitsubishi Destinator bakal hadir di penerbangan Garuda Indonesia melalui berbagai media yang sudah didesain oleh Tahilalats
27 Juli 2025, 21:32 WIB
Hyundai Stargazer Cartenz menjadi salah satu mobil yang ditandatangani Menperin dalam pembukaan GIIAS 2025