Ini Cara Menjaga Warna Mobil Tetap Optimal
26 Oktober 2022, 17:55 WIB
Karakter pemilik mobil bisa diketahui berdasarkan dari pilihan warnanya selain tren yang tengah digandrungi
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Meski dihantui oleh masa resesi, penjualan mobil di Indonesia diperkirakan tetap tumbuh lebih baik dibanding sebelumnya. Sejumlah pabrikan pun memastikan akan menghadirkan beragam pilihan model baru untuk pelanggan.
Tetapi dalam pembelian kendaraan terkadang pelanggan tidak hanya melihat modelnya. Mereka juga melihat warna yang ditawarkan sebagai salah satu faktor penting.
Dari sisi pelanggan pemilihan tidak hanya didasari tren namun disesuaikan dengan karakter juga kepribadian pemilik. Mulai dari selera hingga makna tertentu.
Jurnal psikologi Scott-Kemmis tahun 2009 bahkan menjelaskan makna dan karakter orang berdasarkan warna mobil pilihannya. Ini menunjukkan bahwa pemilihan kelir kendaraan memang sangat penting.
Hitam kerap dipilih karena cenderung tegas serta berkelas. Kepopulerannya membuat membuat mobil terkesan elegan dan eksklusif.
Dari segi psikologi pemilihan warna hitam cocok untuk pengendara berkarater kuat, dominan tapi terkendali. Pelanggan juga biasanya senang tampil klasik, misterius dan mewah.
Pemilihan abu-abu biasanya dikarenakan terkesan sederhana namun tetap matang. Secara psikologi pemilihnya dinilai mudah berkompromi karena faktanya merupakan hasil transisi antara hitam dan putih.
Selain itu abu-abu memiliki kecenderungan sifat pemalu, cermat, serta pecinta kenyamanan.
Mobil putih adalah salah satu yang kini banyak diminati oleh pelanggan. Warna putih dianggap netral sehingga memberi kesan elegan dan bersih.
Putih kerap menyimbolkan kejujuran dan kemurnian. Biasanya para pemiliknya berkarakter sederhana namun anggun serta perfeksionis.
Sama dengan pemilih mobil hitam, pengguna kelir merah cenderung lebih maskulin, percaya diri dan agresif. Merah biasanya digunakan untuk menunjukan status lebih dominan dari sisi finansial.
Secara psikologis karakter mereka biasanya adalah orang penuh ambisi, penuh semangat, menyenangkan dan bisa menikmati hidup.
Biru identik dengan kedamaian juga kepercayaan. Biasanya digunakan oleh orang-orang penuh integritas serta loyal.
Karakter pemilik mobil di atas biasanya optimis, tenang, serta bijaksana.
Orange terbilang mencolok dibandingkan lainnya. Secara umum karakternya adalah para extrovert yang senang bersosialisasi juga penuh optimisme.
“Pemilihan tentu disesuaikan dengan selera masing-masing namun biasanya didasari oleh warna favorit berdasarkan karakter maupun kepribadian. Apapun itu mobil tetap perlu dirawat agar tetap terlihat mengkilap dan memberikan kebanggan setiap digunakan,” Yulius Purwanto, Head of Product & Accessories Development 4W. PT. Suzuki Indomobil Sales (PT SIS)
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
26 Oktober 2022, 17:55 WIB
30 November 2021, 09:00 WIB
Terkini
06 November 2025, 15:00 WIB
Purwarupa motor Yamaha Tricera Proto muncul di Japan Mobility Show 2025, sekilas terlihat seperti Gokart
06 November 2025, 14:53 WIB
EICMA 2025 dijadikan ajang peluncuran Honda CB1000GT yang dikembangkan dari dua model motor yakni sportbike naked dan touring
06 November 2025, 14:00 WIB
Jaecoo berusaha untuk mempercepat produksi J5 EV agar konsumen tidak perlu lama-lama mendapatkan unitnya
06 November 2025, 13:00 WIB
Demi memberikan rasa aman dan nyaman saat libur Nataru 2025, Kakorlantas bakal menggelar Operasi Zebra
06 November 2025, 12:00 WIB
SUV boxy Jetour T2 siap meramaikan segmen SUV di Indonesia, harga diyakini kompetitif karena berstatus CKD
06 November 2025, 11:00 WIB
Huawei Aito M9 disinyalir masuk Indonesia dalam waktu dekat, paten desainnya sudah terdaftar di laman DJKI
06 November 2025, 10:00 WIB
BYD M9 resmi diluncurkan dengan beragam keunggulan untuk menantang Toyota Alphard yang menguasai pasar MPV premium
06 November 2025, 09:00 WIB
GAC Aion E9 PHEV ini dirancang untuk meluncur di Indonesia setelah mendapat penyegaran di negara asalnya