Pasar Terus Berubah, Honda Tunda Bangun Pabrik Mobil Hidrogen
02 Juli 2025, 22:30 WIB
Dalam upaya membuat FCEV semakin diterima, Toyota dan BMW jalin kerja sama pengembangan mobil hidrogen
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Mobil hidrogen atau FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) merupakan kendaraan yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Teknologi elektrifikasi ini masih terbilang langka di pasar global sekalipun.
Meski begitu FCEV memiliki peluang besar untuk menggantikan mobil bermesin bensin. Berbeda dari BEV (Battery Electric Vehicle) yang harus di-charge dalam waktu relatif lama, FCEV tinggal diisi hidrogen dalam waktu singkat layaknya pengisian bensin.
Melihat potensi-potensi tersebut, Toyota dan BMW dikabarkan bakal melakukan kerja sama terkait operasional mobil hidrogen.
Menurut seorang sumber internal dikutip dari Kyodo News, Jumat (30/8) kedua merek itu ingin lebih kompetitif menawarkan lini kendaraan hidrogen di era elektrifikasi.
Keputusan soal kolaborasi Toyota dan BMW kabarnya baru akan diumumkan ke publik pada 5 September 2024.
Tujuan utama dalam kerja sama itu adalah standarisasi komponen dan berujung menurunkan harga mobil hidrogen. Mengingat FCEV jadi salah satu kunci mencapai netralitas karbon tetapi banderolnya belum terjangkau masyarakat luas.
Toyota sendiri bisa dibilang produsen pemimpin pasar FCEV saat ini. Mobil hidrogen mereka yaitu Mirai merupakan FCEV pertama yang diproduksi massal pada 2014.
Maka BMW menggandeng Toyota untuk bantu mengembangkan teknologi FCEV. Nantinya Toyota menyuplai sejumlah komponen ke BMW seperti tangki hidrogen.
Komponen itu kemudian digunakan BMW buat lini mobil hidrogennya yang akan diproduksi secara masif.
Kerja sama kedua manufaktur diklaim dapat membantu menurunkan harga lini hidrogen Toyota sekaligus membantu BMW mengembangkan komponennya sendiri.
Terakhir mereka juga bakal bekerja sama membangun beberapa stasiun hidrogen di Eropa karena kurangnya infrastruktur membuat FCEV jadi sulit populer di kalangan konsumen.
Saat ini BMW memiliki satu model hidrogen untuk studi yakni iX5, pakai basis SUV (Sport Utility Vehicle) X5. Waktu pengisian hidrogen hanya butuh waktu tiga sampai empat menit, akomodir daya jelajah lebih dari 500 km.
BMW iX5 Hydrogen ini nanti rencananya bakal diproduksi massal dalam beberapa tahun mendatang, dibantu sistem hidrogen dari Toyota.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 Juli 2025, 22:30 WIB
29 Juni 2025, 08:00 WIB
22 Juni 2025, 21:00 WIB
14 Juni 2025, 17:36 WIB
12 Juni 2025, 22:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025
03 Juli 2025, 14:00 WIB
Karoseri Laksana mengirimkan satu bus ke Sri Lanka untuk digunakan kegiatan pariwisata serta antarkota
03 Juli 2025, 13:00 WIB
Suzuki Fronx punya modal untuk disukai konsumen Indonesia lewat proporsi eksterior dan desain, kenyamanan juga mesin yang hemat