Alasan Hyundai Tidak Dirikan Ultra Fast Charging Station

Ada alasan mengapa Hyundai tidak dirikan ultra fast charging di jaringan Lippo Mall, prioritas tipe AC dan DC

Alasan Hyundai Tidak Dirikan Ultra Fast Charging Station

TRENOTO – Sejumlah pengelola area perbelanjaan mulai melengkapi area parkir dengan charging station. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir pengguna mobil listrik terkhusus di area perkotaan.

Mengingat kondisi udara yang sedang kurang baik penggunaan kendaraan listrik terus didorong. Namun juga harus didukung oleh pendukung yakni SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Hyundai sebagai salah satu produsen mobil listrik juga turut mendukung ekosistem EV (electric vehicle) dengan membangun banyak charging station di lokasi umum, salah satunya bekerja sama dengan Lippo Mall.

Namun sejumlah fasilitas hasil kolaborasi belum fokus pada stasiun untuk pengisian super cepat. Mereka hanya menyediakan layanan DC karena mengingat kebutuhan konsumen.

Ada alasan mengapa Hyundai tidak dirikan ultra fast charging seperti yang sebelumnya disediakan di Plaza Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID (Hyundai Motors Indonesia).

Hyundai Tambah Jaringan Charging Station bersama Lippo Mall
Photo : TrenOto

“Tergantung, kembali lagi sesuai dengan kebutuhan masyarakat apakah kami akan menghadirkan tipe charging AC atau DC beserta kapasitasnya kami akan studi lebih lanjut,” ungkap Soerjo kepada media di Jakarta Selatan, Selasa (6/9).

Untuk diketahui fasilitas fast charging sebelumnya diresmikan pada Maret 2023. Jadi yang tercepat di Tanah Air, bisa mengisi daya mobil listrik dari 10 ke 80 persen hanya dalam waktu 18 menit.

Menurut Frans penempatan ultra fast charging station juga harus melihat kebutuhan dan lokasi. Karena di sejumlah tempat fasilitas itu justru kurang cocok.

“Misalnya (di area) hotel itu kan tidak memerlukan fast charging maka kita gunakan AC 7 kWh. Tapi di beberapa daerah seperti Lippo Mall terjadi kombinasi (dengan DC fast charging),” ujar Soerjo.

Di mall sendiri konsumen diklaim tidak terlalu lama dalam menggunakan SPKLU, seperti disampaikan oleh Henry Riady selaku CEO Lippo Malls Indonesia.

“Ssetiap lokasi beda-beda (waktu pengisian daya), di Senayan Park tidak lama karena jumlah charging station-nya banyak,” ucap Henry dalam kesempatan yang sama.

Sehingga saat ini menurut dia jarang ada kejadian pengguna antre menggunakan SPKLU. Jika ada kenaikan jumlah pengguna mobil listrik Henry menegaskan pihaknya bisa menambah titik charging station.

“Masih sedikit ya (pengguna charging station), jadi kalau misal penuh ya kita tambah lagi. Di beberapa lokasi seperti Spark (Senayan Park) ini kadang memang mengantre,” lanjut dia.

Hyundai Resmikan Ultra Fast Charging Station Pertama di Indonesia
Photo : TrenOto

Sehingga saat ini menurut dia jarang ada kejadian pengguna antre menggunakan SPKLU. Jika ada kenaikan jumlah pengguna mobil listrik Henry menegaskan pihaknya bisa menambah titik charging station.

“Masih sedikit ya (pengguna charging station), jadi kalau misal penuh ya kita tambah lagi. Di beberapa lokasi seperti Spark (Senayan Park) ini kadang memang mengantre,” lanjut dia.


Terkini

otosport
Aprilia Diisukan Dekati Bastianini Buat Gantikan Jorge Martin

Aprilia Diisukan Dekati Bastianini Buat Gantikan Jorge Martin

Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin

mobil
MG 4 EV

MG 4 EV Resmi Diperkenalkan, Tampilannya Lebih Ramah

Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya

mobil
BYD Makin Gencar di Asia Tenggara, Produsen Jepang Wajib Waspada

BYD Makin Gencar di Asia Tenggara, Produsen Jepang Wajib Waspada

Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD

mobil
Harga Honda HR-V Hybrid Turun, Jaecoo Santai Andalkan Nama Chery

Jaecoo Masih Pede Saingi Honda Dalam Perang Harga Murah

Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang

mobil
Penjualan BYD Global

Penjualan BYD Group Juni 2025 Lampaui Wholesales Indonesia

Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025

motor
Peneliti Singgung Produsen EV Masih Ogah Tes Keamanan Baterai

Peneliti Singgung Produsen EV Masih Ogah Tes Keamanan Baterai

Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal

news
Aturan Tarif Sopir Logistik Disiapkan Demi Berantas Truk ODOL

Aturan Tarif Sopir Logistik Disiapkan Demi Berantas Truk ODOL

Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL

mobil
Bocoran Spesifikasi BYD Sealion 05 EV, Calon Rival Neta X di RI

Bocoran Spesifikasi BYD Sealion 05 EV, Calon Rival Neta X di RI

BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025