Buntut Sengketa Merek M6, Gugatan BMW ke BYD Ditolak
01 Juli 2025, 22:08 WIB
Teknologi Laser Headlight yang dikembangkan BMW Motorrad pada 2014 kini mulai merambah ke sepeda motor
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Sektor penerangan jadi salah satu hal krusial untuk pengemudi kendaraan bermotor. Pabrikan sepeda motor terus melakukan terobosan guna membuat headlight lebih maksimal apalagi saat dibawa berkendara di area jalan gelap.
Beberapa tahun belakangan bukan hanya mobil, kendaraan roda dua keluaran terbaru juga mulai dilengkapi lampu LED yang lebih terang.
Meski begitu sebenarnya masih ada teknologi lain lebih mumpuni membantu penerangan pengendara sepeda motor yakni laser headlight, bahkan dulu sempat diterapkan BMW untuk beberapa mobil pada 2014.
BMW juga pernah membekali motor K1600GT dengan laser headlight di 2016. Hanya saja tidak dipakaikan pada model-model lain karena beberapa alasan.
Misal penggunaan lampu laser masih terbilang mahal ditambah lagi ukurannya lebih besar. Jika dipakaikan pada sepeda motor akan lebih menyulitkan apalagi model produksi massal.
Namun terobosan BMW kembangkan teknologi laser headlight buat motor kemudian diikuti oleh sejumlah manufaktur Jepang. Seperti Yamaha dan Honda yang tengah memikirkan alternatif terbaik.
Kedua pabrikan tersebut ingin menggunakan kabel serat optik untuk menyalurkan cahaya lebih jauh dan maksimal sehingga laser tidak perlu diletakkan langsung di rumah lampu.
Pada gambar paten Yamaha yang terdaftar, terlihat lampu ditempatkan di bawah jok motor. Lalu pakai kabel serat optik disalurkan ke tempat seharusnya, baik ke area depan maupun belakang.
Konsep itu disebut sebagai underseat laser concept (konsep laser bawah jok). Dengan begitu pabrikan tidak perlu repot pasang laser berukuran besar buat headlight maupun tailight, tinggal disalurkan pakai kabel serat optik dari satu sumber.
Jadi satu lampu laser tersebut bisa digunakan untuk headlight, tailight sampai lampu untuk pelat nomor. Tapi ada switch buat mengaktifkan lampu disalurkan sesuai kebutuhan.
Sedangkan Honda lebih memilih menggunakan dua buah laser untuk high beam dan low beam. Lampu LED digunakan untuk penerangan lain seperti sein.
Strukturnya juga terlihat lebih rumit, dilengkapi tambahan kamera di area lampu guna membantu pengemudi menyesuaikan intensitas cahaya agar tidak menyilaukan buat pengendara lain di jalan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
01 Juli 2025, 22:08 WIB
28 Juni 2025, 19:00 WIB
22 Juni 2025, 21:16 WIB
22 Juni 2025, 07:51 WIB
21 Juni 2025, 18:50 WIB
Terkini
02 Juli 2025, 19:00 WIB
Berkat penampilan apiknya musim ini Marc Marquez diprediksi semakin dekat jadi juara dunia MotoGP 2025
02 Juli 2025, 18:00 WIB
Satu desain mobil yang diduga merupakan BYD Sealion 05 EV terdaftar di Indonesia, calon pesaing Neta X
02 Juli 2025, 17:00 WIB
Tidak hanya insentif, kemudahan akses infrastruktur juga jadi daya tarik agar orang beralih ke motor listrik
02 Juli 2025, 16:24 WIB
Harga tiket MotoGP Mandalika dan Malaysia 2025 memiliki perbedaan yang cukup mencolok di beberapa kelas
02 Juli 2025, 14:00 WIB
Bantu hilirisasi nikel, peneliti nilai pemerintah perlu lebih mendukung produsen mobil listrik baterai nikel
02 Juli 2025, 13:00 WIB
Subsidi motor listrik dikabarkan sudah semakin dekat untuk dikuncurkan oleh pemerintah ungkap Wamenperin
02 Juli 2025, 12:00 WIB
Aspal Sirkuit Sepang sudah diperbaiki untuk menyambut MotoGP Malaysia 2025 yang diselenggarakan Oktober
02 Juli 2025, 11:00 WIB
Pengolahan limbah baterai mobil listrik disebut menjadi tanggung jawab produsen didukung regulasi pemerintah