Sejarah Suzuki GSX R1000, Masih Berjaya Dua Dekade
07 Februari 2024, 11:30 WIB
Kawasaki Z250 dikabarkan akan menggunakan mesin empat-silinder segaris seperti yang telah digunakan oleh Kawasaki Ninja ZX-25R
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Kawasaki Z250 dikabarkan akan mengusung mesin Ninja ZX-25R empat-silinder. Langkah ini diambil seiring popularitas yang dialami Ninja ZX-25R sejak kehadirannya pertama kalinya.
Kawasaki Ninja ZX-25R pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Motor seperempat liter empat-silinder tersebut sudah menjadi buah bibir sejak beberapa tahun belakangan.
Setelah dua tahun dipasarkan, beredar kabar bahwa pabrikan asal Jepang tersebut tengah mengembangkan versi terbarunya. Mesin empat-silinder buatan Geng Hijau ini akan disandingkan pada model naked bike.
Mesin empat-silinder kapasitas kecil sebenarnya bukanlah barang baru di dunia otomotif. Namun seiring dengan perkembangan zaman, jenis jantung pacu ini dianggap tidak praktis dan efisien.
Guna mewujudkannya mesin berkapasitas kecil hingga sedang, disematkan mesin satu silinder hingga dua kembar. Lalu Kawasaki mendobrak kebiasaan dengan memunculkan mesin 250 cc empat-silinder.
Ninja seperti diketahui merupakan nama model Kawasaki untuk motor jenis sport fairing. Tampilannya jelas lebih sporti dan lebih mengedepankan performa dan aerodinamis.
Dua tahun merupakan waktu yang cukup untuk mengembangkan model terbaru. Mesin sensasional tersebut dipasangkan pada sasis model naked yakni ZX250.
Mesin adalah poin penting sebagai keunggulan untuk ZX-25R. Sumber dayanya berkapasitas 249 cc DOHC empat-silinder segaris, dipercaya mampu menghasikan daya maksimal hingga 50 hp.
Sumber tenaga kendaraan ini dikatakan mampu dipacu hingga 187 km/jam dengan rpm melebihi 17.000. Mesinnya sendiri diatur oleh Electronic Throttle Valve (ETV) membuat percampuran udara dan bahan bakar sempurna.
Salah satu rahasia kemampuan Kawasaki Ninja ZX-25R adalah fitur Ram Air Duct System. Posisinya berada di tengah dan mampu memberikan daya tambahan di putaran atas.
Fitur yang dikembangkan dari Ninja H2 ini dikatakan mampu mengangkat daya maksimum sebesar 0.9 hp saat kecepatan menyentuh angka 100 km/jam.
Tenaga dari mesin lalu disalurkan oleh sistem transmisi manual enam-percepatan. Lebih jauh pengendara akan lebih menikmati akselerasi kendaraan dengan bantuan assist & slipper clutch.
Proses perpindahan gigi baik ke atas (upshift) maupun ke bawah (downshift) menjadi kian mudah dan cepat.
Semoga saja rumor tersebut di atas menjadi kenyataan lalu model tersebut masuk dan dipasarkan di Indonesia.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
07 Februari 2024, 11:30 WIB
16 Desember 2023, 07:12 WIB
11 Oktober 2023, 20:23 WIB
04 Agustus 2023, 09:00 WIB
01 Juli 2023, 19:00 WIB
Terkini
02 Mei 2024, 10:00 WIB
Hadir di PEVS 2024 sebagai prototipe, berikut spesifikasi Electro ML01 yang bakal dijual di bawah Rp 20 juta
02 Mei 2024, 09:00 WIB
Berikut ini daftar lengkap harga BBM Shell, BP AKR, hingga Vivo yang baru mengalami kenaikan di Mei 2024
02 Mei 2024, 08:00 WIB
Tampil dalam pameran PEVS 2024, berikut spesifikasi Wuling Cloud EV yang dilengkapi banyak fitur kekinian
02 Mei 2024, 07:13 WIB
Layanan SIM keliling Bandung tersedia di dua lokasi berbeda dan berpindah setiap hari, berikut informasinya
02 Mei 2024, 07:10 WIB
SIM Keliling Jakarta kembali beroperasi dari lima tempat berbeda hari ini buat melayani warga Ibu Kota
02 Mei 2024, 07:00 WIB
Toyota Indonesia gelar Logistic Skill Contest untuk para pengemudi yang menjadi tulang punggung distribusi
02 Mei 2024, 06:00 WIB
Calon pengunjung PEVS 2024 harus mewaspadai ganjil genap Jakarta agar terhidar dari risiko sanksi tilang
01 Mei 2024, 19:00 WIB
Rakata lakukan pengembangan produk di PEVS 2024 dengan mengganti baterainya agar jarak tempuh bertambah