Suzuki Fronx Bakal Dipasarkan Tiga Varian, Cek Perbedaannya
09 Mei 2025, 08:50 WIB
Penjualan sepeda motor Suzuki mengalami kenaikan positif karena beberapa faktor internal maupun eksternal
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia mengalami kenaikan belakangan ini. Disebutkan bahwa pertumbuhan dikarekan adanya beberapa sentuhan pada bisnis mereka.
Berdasarkan data yang TrenOto terima, pabrikan asal Jepang mencatat angka cukup positif. Terutama dalam dua bulan mulai Agustus hingga September 2023.
Pada Agustus 2023 penjualan sepeda motor Suzuki merangsek naik dari sebelum 860 unit menjadi 1.076 unit. Pencapaian di atas cukup positif karena berbarengan dengan event otomotif international.
Kemudian pada September 2023 penjualan sepeda motor Suzuki kembali membukukan pertumbuhan. Di bulan tersebut angka mencapai 1.136 unit.
“Peningkatan tersebut adalah efek adanya perubahan strategi di internal dan respons dari eksternal. Tahun ini Suzuki fokus memperbaiki operational bisnis retail dan memilih digital marketing dalam kegiatan promosi,” kata Teuku Agha, Motorcycle Business Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada TrenOto (14/10).
Lebih lanjut dikatakan bahwa kenaikan penjualan sepeda motor Suzuki juga disebabkan efek eksternal. Sehingga dengan adanya momen itu memberikan sumbangsih pada jenama berlambang S.
Sekadar informasi bahwa pada Agustus 2023 terdapat kasus rangka eSAF Honda yang ramai di sosial media. Adapun masalah dialami PT Astra Honda Motor (AHM) cukup panjang sehingga memberikan dampak baik pada produsen lain.
Kasus rangka eSAF Honda sendiri mendapat perhatian dari berbagai pihak dan salah satunya KNKT (Komisi Keselamatan Kecelakaan Transportasi). Penelitian terhadap rangka dilakukan guna menjawab keraguan dari masyarakat.
Penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia sendiri didominasi oleh Nex II dengan raihan mencapai 46 persen. Skutik low entry tersebut mendapat respon cukup baik dari masyarakat.
Peringkat kedua dihuni oleh Suzuki Satria F150 dengan catatan 25 persen. Motor bergenre underbone ini menyuguhkan performa mengagumkan.
Selanjutnya Suzuki Address berhasil dipasarkan sebanyak 15 persen dari keseluruhan model.
Meskipun mencatat kenaikan penjualan namun angka yang dihasilkan oleh Suzuki belum signifikan. Seperti diketahui Honda masih mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia di angka lebih dari 70 persen.
Sedangkan skutik masih mendominasi karena praktis untuk moda transportasi perkotaan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
09 Mei 2025, 08:50 WIB
07 Mei 2025, 13:12 WIB
06 Mei 2025, 23:58 WIB
05 Mei 2025, 20:00 WIB
05 Mei 2025, 16:00 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar dan masyarakat diminta untuk mengatur ulang jadwal perjalanannya
16 Mei 2025, 13:00 WIB
Trackday jadi sarana aman memacu adrenalin di sirkuit balap, instruktur Ducati berikan sejumlah tips
16 Mei 2025, 12:00 WIB
Gigi Dall’Igna memuji aksi Marc Marquez pada MotoGP Prancis 2025 yang tidak mau mengambil banyak risiko
16 Mei 2025, 11:00 WIB
CSI memastikan kalau Chery Tiggo 8 CSH sudah tersedia untuk dibeli dan akan langsung dikirim ke rumah konsumen
16 Mei 2025, 10:00 WIB
Dalam laporan keuangan terbaru, Mitsubishi mengkonfirmasi produksi massal DST Concept dimulai tahun ini
16 Mei 2025, 09:00 WIB
Dinas Perhubungan bakal lakukan rekayasa lalu lintas di 34 titik saat akhir oekan karena ada acara balap lari
16 Mei 2025, 08:00 WIB
Proses pembangunan pabrik baterai EV yang bertempat di Cilegon tetap berlanjut meskipun hadapi masalah
16 Mei 2025, 07:00 WIB
Merek Tiongkok mulai ikut ramaikan pasar mobil hybrid di RI, BYD beri isyarat akan bawa teknologi baru