Penjualan Sepeda Motor Suzuki Naik, Ini Penyebabnya

Penjualan sepeda motor Suzuki mengalami kenaikan positif karena beberapa faktor internal maupun eksternal

Penjualan Sepeda Motor Suzuki Naik, Ini Penyebabnya

TRENOTO – Penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia mengalami kenaikan belakangan ini. Disebutkan bahwa pertumbuhan dikarekan adanya beberapa sentuhan pada bisnis mereka.

Berdasarkan data yang TrenOto terima, pabrikan asal Jepang mencatat angka cukup positif. Terutama dalam dua bulan mulai Agustus hingga September 2023.

Pada Agustus 2023 penjualan sepeda motor Suzuki merangsek naik dari sebelum 860 unit menjadi 1.076 unit. Pencapaian di atas cukup positif karena berbarengan dengan event otomotif international.

penjualan sepeda motor Suzuki
Photo : SIS

Kemudian pada September 2023 penjualan sepeda motor Suzuki kembali membukukan pertumbuhan. Di bulan tersebut angka mencapai 1.136 unit.

“Peningkatan tersebut adalah efek adanya perubahan strategi di internal dan respons dari eksternal. Tahun ini Suzuki fokus memperbaiki operational bisnis retail dan memilih digital marketing dalam kegiatan promosi,” kata Teuku Agha, Motorcycle Business Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada TrenOto (14/10).

Lebih lanjut dikatakan bahwa kenaikan penjualan sepeda motor Suzuki juga disebabkan efek eksternal. Sehingga dengan adanya momen itu memberikan sumbangsih pada jenama berlambang S.

Sekadar informasi bahwa pada Agustus 2023 terdapat kasus rangka eSAF Honda yang ramai di sosial media. Adapun masalah dialami PT Astra Honda Motor (AHM) cukup panjang sehingga memberikan dampak baik pada produsen lain.

Kasus rangka eSAF Honda sendiri mendapat perhatian dari berbagai pihak dan salah satunya KNKT (Komisi Keselamatan Kecelakaan Transportasi). Penelitian terhadap rangka dilakukan guna menjawab keraguan dari masyarakat.

Penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia sendiri didominasi oleh Nex II dengan raihan mencapai 46 persen. Skutik low entry tersebut mendapat respon cukup baik dari masyarakat.

penjualan sepeda motor Suzuki
Photo : SIS

Peringkat kedua dihuni oleh Suzuki Satria F150 dengan catatan 25 persen. Motor bergenre underbone ini menyuguhkan performa mengagumkan.

Selanjutnya Suzuki Address berhasil dipasarkan sebanyak 15 persen dari keseluruhan model.

Meskipun mencatat kenaikan penjualan namun angka yang dihasilkan oleh Suzuki belum signifikan. Seperti diketahui Honda masih mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia di angka lebih dari 70 persen.

Sedangkan skutik masih mendominasi karena praktis untuk moda transportasi perkotaan.


Terkini

otosport
Ini yang Bikin Bagnaia Kembali Berjaya di MotoGP Jepang 2025

Ini yang Bikin Bagnaia Kembali Berjaya di MotoGP Jepang 2025

Francesco Bagnaia perlahan kembali bangkit di MotoGP Jepang 2025, terapkan beberapa komponen lama di GP25

news
Shell Buka Suara Mengenai PHK Massal Usai Kehabisan Stok BBM

Shell Buka Suara Mengenai PHK Massal Usai Kehabisan Stok BBM

Shell Indonesia bereaksi mengenai kabar PHK massal yang terjadi imbas kelangkaan stok BBM di seluruh SPBU

mobil
Modal Mitsubishi New Pajero Sport Menggoda Konsumen di Indonesia

Modal Mitsubishi New Pajero Sport Menggoda Konsumen di Indonesia

Beberapa keunggulan Mitsubishi New Pajero Sport yang diklaim bisa memanjakan para konsumen di Indonesia

otosport
Marc Marquez

MotoGP Jepang 2025: Akhir dari Enam Tahun Kesulitan Marc Marquez

MotoGP Jepang 2025 jadi saksi momen bersejarah Marc Marquez kunci gelar juara dunia di kandang Honda

mobil
Daihatsu Rocky Hybrid

Daihatsu Rocky Hybrid Mulai Jangkau Konsumen Anak Muda

Dengan harga yang diklaim kompetitif, Daihatsu sebut Rocky Hybrid mampu menjangkau berbagai jenis konsumen

otosport
Klasemen Sementara MotoGP 2025 Usai Marc Marquez Jadi Juara Dunia

Klasemen Sementara MotoGP 2025 Usai Marc Marquez Jadi Juara Dunia

Marc Marquez kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2025 usai mengunci gelar juara dunia kelas premier

motor
Motor Listrik Suzuki Bakal Mengaspal di Indonesia pada 2026

Motor Listrik Suzuki Bakal Mengaspal di Indonesia pada 2026

Suzuki siap memasarkan motor listrik di Indonesia, kemungkinan besar e-Access yang akan di bawa oleh mereka

mobil
Proses produksi Toyota

Pabrik Toyota Indonesia Lahirkan Mobil Baru Dalam Hitungan Menit

Pabrik Toyota Indonesia dapat menyelesaikan proses produksi kendaraan mobil baru hanya dalam waktu 1,8 menit