Mengenal Jenis-jenis Honda Vario di Indonesia

Mengaspal sejak 2006, berikut ini jenis-jenis Honda Vario di Indonesia mulai dari generasi pertama hingga keenam

Mengenal Jenis-jenis Honda Vario di Indonesia

TRENOTO – Skutik atau sepeda motor matik masih jadi moda transportasi andalan masyarakat saat ini. Praktis, mudah digunakan dan lebih efisien bahan bakar khususnya untuk kebutuhan harian.

Sudah familiar di kalangan pengguna motor, Honda memiliki beberapa model skutik. Salah satunya adalah Vario yang sudah mengaspal sejak 2006 silam.

Motor dengan transmisi otomatis ini ada di satu kelas dengan pesaingnya yakni Yamaha Mio yang saat itu juga telah eksis digunakan. Hingga sekarang AHM (Astra Honda Motor) masih memproduksi model ini dan memberikan sejumlah pembaruan menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan konsumen.

Ada beberapa pilihan mesin yang tersedia untuk konsumen, mulai dari kapasitas 110 cc hingga 160 cc. Selengkapnya berikut adalah macam-macam Honda Vario di Indonesia dibedakan berdasarkan kapasitas mesinnya.

Photo : AHM

Honda Vario 110

Meski per 2020 AHM sudah berhenti memasarkan Vario 110, unitnya masih bisa ditemukan di bursa jual beli motor bekas.

Generasi pertamanya eksis di 2006 sampai 2009. Mesinnya masih memakai sistem karburator, di mana persediaan bahan bakar yang dialirkan ke ruang pembakaran disedot dari pergerakan naik turun piston.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Honda Vario 160 Terbaru

Sedangkan pada motor keluaran sekarang sudah memakai sistem injeksi, bahan bakarnya disemprot ke ruang bakar. Keuntungannya sistem ini tidak sensitif terhadap perubahan temperatur udara dan terbilang lebih unggul.

Kemudian pada 2013 AHM memberikan ubahan besar dengan memakaikan model ini sistem injeksi. Model yang dikenal dengan nama Vario Techno juga memiliki teknologi baru yakni CBS (Combi Brake System).

CBS dapat membantu mengaktifkan sistem pengereman ketika rem belakang aktif. Fitur ini tidak bekerja jika rem depan yang dipakai.


Terkini

otosport
Gravel Disebut Jadi Penyebab Marc Marquez Cedera Parah di Mandalika

Gravel Disebut Jadi Penyebab Marc Marquez Cedera di Mandalika

Perbedaan tinggi permukaan aspal dan gravel dinilai memperparah cedera Marc Marquez di Sirkuit Mandalika

otosport
Cedera Parah, Marc Marquez Akan Absen di Australia dan Malaysia

Cedera di Mandalika, Marc Marquez Absen di Australia dan Malaysia

Marc Marquez disarankan tim dokter untuk beristirahat selama beberapa pekan usai kecelakaan di Mandalika

mobil
Diler Jaecoo

Jaecoo Optimis Bisa Resmikan 30 Diler Hingga Akhir 2025

Jaecoo kebut pembangunan diler agar bisa meresmikan sedikitnya 30 outlet di seluruh Indonesia pada 2025

news
AHY Sebut Penertiban ODOL Tidak Ganggu Ekonomi

Pemerintah Bakal Tindak Perusahaan yang Operasikan Truk ODOL

Pemerintah menegaskan bakal menindak perusahaan yang nekat mengoperasikan truk ODOL mulai awal tahun 2027

news
Simak 2 Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini 7 Oktober 2025

Simak 2 Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini 7 Oktober 2025

Untuk melayani para pengendara di Kota Kembang, kepolisian menghadirkan SIM keliling Bandung hari ini

news
ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 7 Oktober 2025, Jangan Asal Pilih Jalan

Ganjil genap Jakarta kembali digelar hari ini (07/10) dengan pengawasan ketat dari pihak kepolisian di beberapa titik

news
SIM Keliling Jakarta

Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini 7 Oktober, Jangan Salah

Ada sejumlah dokumen persyaratan yang perlu dibawa sebelum memanfaatkan SIM keliling Jakarta, termasuk KTP

mobil
Mazda

Mazda Sebut Kondisi Ekonomi Pengaruhi Penjualan Pasar Premium

Manufaktur asal Jepang, Mazda mengaku kondisi ekonomi Tanah Air mempengaruhi penjualan di segmen premium