Yamaha Ubah Nasib Pemilik Mio M3 Asal Poso di IMOS 2025
26 September 2025, 11:00 WIB
Yamaha berencana memberikan tambahan teknologi turbo atau YECVT pada Lexi, harganya akan naik Rp 4 jutaan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) telah meluncurkan Nmax dan Aerox terbaru dengan penambahan YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) atau yang disebut sebagai teknologi turbo Yamaha.
Masih ada satu skutik lain berpeluang diberikan tambahan turbo itu yakni Lexi. Pihak Yamaha juga tidak menutup kemungkinan pembaruan Lexi dengan turbo di masa mendatang.
“Ya kita melihat dulu permintaan konsumen. Kan memang turbo itu fitur terbaru dan banyak yang appreciate,” kata Rifki Maulana, Manager Public Relation, YRA & Community PT YIMM di Jakarta belum lama ini.
Hanya saja dia menegaskan bahwa penyematan fitur baru pada Lexi tentu dapat membuat banderolnya menjadi naik cukup signifikan.
Walaupun enggan mengungkapkan kisaran harganya, Rifki mengatakan hitungannya bisa berkaca dari Nmax turbo dan non turbo.
“Mungkin bisa dianalisa ya dari Nmax turbo dan yang non turbo. Kira-kira segitu,” kata Rifki.
Ketika ditanya apakah Lexi turbo berpeluang diluncurkan tahun ini, pihaknya masih belum dapat memastikan.
Buat gambaran, skutik Yamaha Nmax tipe terendah Neo Version yang tidak dibekali YECVT ditawarkan ke konsumen Rp 33,41 jutaan on the road Jakarta sedangkan Neo S Version Rp 34,40 jutaan.
Varian di atasnya sudah dilengkapi teknologi YECVT. Memang ada kenaikan harga sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 jutaan, menjadi Rp 38,61 jutaan.
Tipe Turbo Tech Max ditawarkan lebih mahal Rp 44,11 jutaan dan varian paling atas Turbo Tech Max Ultimate di angka Rp 46,09 jutaan. Kalau Yamaha Nmax versi terdahulu dilego Rp 32,1 jutaan sampai Rp 36,3 jutaan.
Sementara itu, Lexi dijual seharga Rp 26,28 jutaan sampai Rp 30,94 jutaan. Dengan hitungan Nmax, kisaran harga Lexi setelah penyematan YECVT, Rp 30 jutaan untuk tipe terendah sampai Rp 35 jutaan.
Sekadar informasi, sistem YECVT pada motor Yamaha dikendalikan oleh Transmission Control Unit.
Fitur tersebut dapat mengubah dorongan tenaga ekstra agar motor mendapatkan torsi tambahan khususnya ketika melibas medan tanjakan.
YECVT bisa dioperasikan lewat tombol Y-Shift di bagian kiri setang kemudi. Ada tiga tingkatan yakni Low (1), Medium (2) dan High (3), bisa disesuaikan gaya berkendara dan kondisi jalan yang sedang dilewati.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
26 September 2025, 11:00 WIB
24 September 2025, 19:00 WIB
24 September 2025, 11:16 WIB
18 September 2025, 21:00 WIB
16 September 2025, 14:00 WIB
Terkini
26 September 2025, 22:00 WIB
Ada lima motor termahal yang unjuk gigi dalam pameran IMOS 2025, mulai dari XL750 Transalp sampai Road Glide
26 September 2025, 21:00 WIB
TGRI berhasil mendominasi podium di Kerjunas Slalom Yogyakarta 2025 mengandalkan new Toyota Agya GR Sport
26 September 2025, 20:00 WIB
Rangkaian acara Honda Culture Indonesia volume 2 kembali digelar, kali ini bertempat di Bandung dan Palembang
26 September 2025, 19:00 WIB
MotoGP Jepang 2025 bakal jadi momen penentuan buat beberapa pembalap termasuk Marc Marquez dan Alex Marquez
26 September 2025, 18:00 WIB
Masih ada pameran otomotif jelang akhir 2025, Daihatsu sebut jadi dorongan untuk penjualan mobil domestik
26 September 2025, 17:00 WIB
Insiden atau kecelakaan kerja ini terjadi di pabrik Tesla. Sang pekerja menuntut setelah dihantam robot hingga nyaris Rp 1 triliun
26 September 2025, 16:00 WIB
Alva gandeng Dominate untuk menghadirkan apparel berdesain dinamis yang membuat mereka fokus ke gaya hidup
26 September 2025, 15:00 WIB
Kakorlantas meminta kepada para masyarakat sipil agar tidak memasang sirine dan strobo pada kendaraan