Wholesales Motor Baru Menguat di Juli 2025, Tertinggi Tahun Ini
11 Agustus 2025, 11:00 WIB
Yamaha berencana memberikan tambahan teknologi turbo atau YECVT pada Lexi, harganya akan naik Rp 4 jutaan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) telah meluncurkan Nmax dan Aerox terbaru dengan penambahan YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) atau yang disebut sebagai teknologi turbo Yamaha.
Masih ada satu skutik lain berpeluang diberikan tambahan turbo itu yakni Lexi. Pihak Yamaha juga tidak menutup kemungkinan pembaruan Lexi dengan turbo di masa mendatang.
“Ya kita melihat dulu permintaan konsumen. Kan memang turbo itu fitur terbaru dan banyak yang appreciate,” kata Rifki Maulana, Manager Public Relation, YRA & Community PT YIMM di Jakarta belum lama ini.
Hanya saja dia menegaskan bahwa penyematan fitur baru pada Lexi tentu dapat membuat banderolnya menjadi naik cukup signifikan.
Walaupun enggan mengungkapkan kisaran harganya, Rifki mengatakan hitungannya bisa berkaca dari Nmax turbo dan non turbo.
“Mungkin bisa dianalisa ya dari Nmax turbo dan yang non turbo. Kira-kira segitu,” kata Rifki.
Ketika ditanya apakah Lexi turbo berpeluang diluncurkan tahun ini, pihaknya masih belum dapat memastikan.
Buat gambaran, skutik Yamaha Nmax tipe terendah Neo Version yang tidak dibekali YECVT ditawarkan ke konsumen Rp 33,41 jutaan on the road Jakarta sedangkan Neo S Version Rp 34,40 jutaan.
Varian di atasnya sudah dilengkapi teknologi YECVT. Memang ada kenaikan harga sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 jutaan, menjadi Rp 38,61 jutaan.
Tipe Turbo Tech Max ditawarkan lebih mahal Rp 44,11 jutaan dan varian paling atas Turbo Tech Max Ultimate di angka Rp 46,09 jutaan. Kalau Yamaha Nmax versi terdahulu dilego Rp 32,1 jutaan sampai Rp 36,3 jutaan.
Sementara itu, Lexi dijual seharga Rp 26,28 jutaan sampai Rp 30,94 jutaan. Dengan hitungan Nmax, kisaran harga Lexi setelah penyematan YECVT, Rp 30 jutaan untuk tipe terendah sampai Rp 35 jutaan.
Sekadar informasi, sistem YECVT pada motor Yamaha dikendalikan oleh Transmission Control Unit.
Fitur tersebut dapat mengubah dorongan tenaga ekstra agar motor mendapatkan torsi tambahan khususnya ketika melibas medan tanjakan.
YECVT bisa dioperasikan lewat tombol Y-Shift di bagian kiri setang kemudi. Ada tiga tingkatan yakni Low (1), Medium (2) dan High (3), bisa disesuaikan gaya berkendara dan kondisi jalan yang sedang dilewati.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
11 Agustus 2025, 11:00 WIB
09 Agustus 2025, 14:04 WIB
15 Juli 2025, 08:00 WIB
10 Juli 2025, 10:00 WIB
07 Juli 2025, 20:00 WIB
Terkini
15 Agustus 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 15 Agustus 2025 kembali digelar meski ada sidang tahunan MPR yang dilakukan sejak pagi
15 Agustus 2025, 06:00 WIB
Sebelum libur panjang karen cuti bersama, pengendara dapat mendatangi salah satu lokasi SIM keliling Bandung
15 Agustus 2025, 06:00 WIB
Jelang akhir pekan, SIM keliling Jakarta masih tersedia di lima lokasi berbeda untuk perpanjangan SIM A dan C
14 Agustus 2025, 22:00 WIB
Kontes Layanan Honda Nasional atau KLHN 2025 rampung, hasillkan pemenang dari berbagai diler Honda di RI
14 Agustus 2025, 21:00 WIB
Sudewo, Bupati Pati melaporkan delapan kendaraan di LHKPN KPK, salah satunya adalah BMW X5 lansiran 2023
14 Agustus 2025, 20:00 WIB
Mobil listrik BMW serta MINI bakal diandalkan sebagai lead car dalam ajang Maybank Marathon 2025 di Bali
14 Agustus 2025, 19:00 WIB
Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan para pemotor demi meminimalisir bahaya benang layangan di jalanan
14 Agustus 2025, 18:00 WIB
Berikut KatadataOTO merangkum skema cicilan BYD Atto 1 buat tipe Dynamic dan Premium, mulai Rp 2 jutaan