3 Pilihan Toyota Kijang Innova Diesel Bekas, Pas Buat Mudik
15 Maret 2025, 14:00 WIB
modifikasi Toyota Kijang Innova untuk drag race dilakukan dengan optimal, hingga menggunakan 2 turbo guna catatkan hasil terbaik
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Memodifikasi kendaraan tentunya harus dilakukan dengan konsep dan tujuan yang tepat. Salah sedikit maka harapan dari melakukan modifikasi tersebut bisa salah arah dan tentunya akan merugikan.
Terlebih bila modifikasi dilakukan adalah untuk menghadapi dunia balap yang tentu tujuan akhirnya sangat jelas yaitu mencatatkan waktu terbaik. Pada modifikasi jenis ini, perfoma kendaraan akan didorong semaksimal mungkin.
Salah satunya adalah RJ Napitupulu dari Speedcraft Indonesia yang memodifikasi Toyota Kijang Innova miliknya menjadi berperfoma tinggi. Tak tanggung-tanggung, Ia langsung memasangkan dua 2 turbo pada mobil tersebut.
“Konsepnya adalah drag dan merupakan mobil pertama kami yang menggunakan biturbo. Masih menggunakan mesin 2-KD tapi sudah dipasangkan NOS, turbo 2 buah serta water intercoolernya sudah memakai freon, jadi memang benar-benar dibuat untuk drag,” ungkapnya.
Ia pun mengaku bahwa pengembangan dilakukan dengan waktu cukup lama, sekitar 2-3 tahun. Hal ini karena Ia sempat kesulitan menemukan racikan tepat untuk mobilnya tersebut.
“Pengembangannya cukup lama, sekitar 2-3 tahun karena memang tidak kami kerjakan setiap hari. Tapi kami memang terus mencari racikan yang pas dan modifikasi terus menerus agar mendapatkan hasil terbaik,” tambahnya.
Namun waktu yang dibutuhkan tersebut pun berdampak positif karena hasil pengembangannya menorehkan prestasi menarik di drag race. Tercatat, mobil kesayangannya berhasil mendapatkan 7.6 detik untuk kelas 201 meter dan 12.7 detik untuk 402 meter.
“Saat ini untuk mobil bermesin 2-KD, kami masih menjadi yang terbaik,” tegasnya.
Selain pada mesin, ubahan pada sisi lain sebenarnya tidak terlalu banyak. Pada sisi eksterior misalnya, Toyota Kijang Innovanya masih terlihat standar kecuali pada bagian roda yang sudah disesuaikan untuk drag race.
Sementara pada bagian interior, tampilannya juga tidak banyak perubahan kecuali pada speedometer serta beberapa tambahan tuas untuk digunakan saat balap. Sedangkan pada bagasi dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan NOS.
“Toyota Kijang Innova untuk drag race ini sudah tidak saya gunakan lagi di keseharian, jadi benar-benar untuk balapan saja. Ketika ke lintasan pun saya membawanya menggunakan towing,” pungkasnya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
15 Maret 2025, 14:00 WIB
08 Maret 2025, 21:00 WIB
09 Februari 2025, 11:00 WIB
03 Februari 2025, 13:41 WIB
28 Desember 2024, 12:00 WIB
Terkini
27 Mei 2025, 23:00 WIB
Pemerintah akan panggil produsen kendaraan karena banyaknya mobil bekas dengan odometer rendah di pasaran
27 Mei 2025, 22:00 WIB
kejelasan insentif motor listrik dari pemerintah diharapkan Maka Motors segera diputuskan dalam waktu dekat
27 Mei 2025, 21:10 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup nilai EV efektif dalam mengurangi polusi udara khususnya di kawasan perkotaan
27 Mei 2025, 20:00 WIB
Alex Rins turut mengalami kendala seperti Fabio Quartararo pada gelaran MotoGP Inggris 2025 di Silverstone
27 Mei 2025, 19:00 WIB
Tumbuhnya pasar mobil Vietnam membuat penjualan mobil Asia Tenggara kuartal I naik tipis dibanding tahun lalu
27 Mei 2025, 18:00 WIB
Pertama kali sejak 2019, Tesla didepak BYD dari posisi pertama 10 besar produsen otomotif paling inovatif
27 Mei 2025, 17:00 WIB
Pramono Anung memastikan penerapan ERP di jalanan DKI Jakarta belum bisa dilakukan dalam waktu dekat
27 Mei 2025, 16:00 WIB
Ahmad Sahroni, Wakil Ketua Komisi III DPR RI mendesak polisi mengusut tuntas kecelakaan BMW di Sleman