Pilihan Toyota Kijang Innova Diesel Bekas 2023, TDP Cuma Rp 2 Jutaan
06 Juli 2025, 07:00 WIB
modifikasi Toyota Kijang Innova untuk drag race dilakukan dengan optimal, hingga menggunakan 2 turbo guna catatkan hasil terbaik
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Memodifikasi kendaraan tentunya harus dilakukan dengan konsep dan tujuan yang tepat. Salah sedikit maka harapan dari melakukan modifikasi tersebut bisa salah arah dan tentunya akan merugikan.
Terlebih bila modifikasi dilakukan adalah untuk menghadapi dunia balap yang tentu tujuan akhirnya sangat jelas yaitu mencatatkan waktu terbaik. Pada modifikasi jenis ini, perfoma kendaraan akan didorong semaksimal mungkin.
Salah satunya adalah RJ Napitupulu dari Speedcraft Indonesia yang memodifikasi Toyota Kijang Innova miliknya menjadi berperfoma tinggi. Tak tanggung-tanggung, Ia langsung memasangkan dua 2 turbo pada mobil tersebut.
“Konsepnya adalah drag dan merupakan mobil pertama kami yang menggunakan biturbo. Masih menggunakan mesin 2-KD tapi sudah dipasangkan NOS, turbo 2 buah serta water intercoolernya sudah memakai freon, jadi memang benar-benar dibuat untuk drag,” ungkapnya.
Ia pun mengaku bahwa pengembangan dilakukan dengan waktu cukup lama, sekitar 2-3 tahun. Hal ini karena Ia sempat kesulitan menemukan racikan tepat untuk mobilnya tersebut.
“Pengembangannya cukup lama, sekitar 2-3 tahun karena memang tidak kami kerjakan setiap hari. Tapi kami memang terus mencari racikan yang pas dan modifikasi terus menerus agar mendapatkan hasil terbaik,” tambahnya.
Namun waktu yang dibutuhkan tersebut pun berdampak positif karena hasil pengembangannya menorehkan prestasi menarik di drag race. Tercatat, mobil kesayangannya berhasil mendapatkan 7.6 detik untuk kelas 201 meter dan 12.7 detik untuk 402 meter.
“Saat ini untuk mobil bermesin 2-KD, kami masih menjadi yang terbaik,” tegasnya.
Selain pada mesin, ubahan pada sisi lain sebenarnya tidak terlalu banyak. Pada sisi eksterior misalnya, Toyota Kijang Innovanya masih terlihat standar kecuali pada bagian roda yang sudah disesuaikan untuk drag race.
Sementara pada bagian interior, tampilannya juga tidak banyak perubahan kecuali pada speedometer serta beberapa tambahan tuas untuk digunakan saat balap. Sedangkan pada bagasi dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan NOS.
“Toyota Kijang Innova untuk drag race ini sudah tidak saya gunakan lagi di keseharian, jadi benar-benar untuk balapan saja. Ketika ke lintasan pun saya membawanya menggunakan towing,” pungkasnya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
06 Juli 2025, 07:00 WIB
15 Maret 2025, 14:00 WIB
08 Maret 2025, 21:00 WIB
09 Februari 2025, 11:00 WIB
03 Februari 2025, 13:41 WIB
Terkini
29 Juli 2025, 17:00 WIB
Suzuki Fronx Hybrid serta Chery Tiggo Hybrid jadi salah satu mobil ramah lingkungan yang dijual di GIIAS 2025
29 Juli 2025, 16:00 WIB
Ignasius Jonan ungkap bahwa mobil PHEV bakal jadi pilihan utama masyarakat dibandingkan mobil listrik
29 Juli 2025, 15:00 WIB
SUV buatan dalam negeri sendiri merupakan salah satu keunggulan dari Suzuki Fronx di segmen yang cukup seksi
29 Juli 2025, 14:00 WIB
Toyota menyiapkan program menarik guna memudahkan pembelian kendaraan selama GIIAS 2025, bisa tukar tambah
29 Juli 2025, 13:00 WIB
UPPF kembali hadir meramaikan ajang GIIAS 2025 dengan memboyong produk-produk unggulan serta paket menarik
29 Juli 2025, 12:21 WIB
BYD Atto 1 diluncurkan untuk menjawab kebutuhan generasi muda yang ingin kendaraan listrik namun terjangkau
29 Juli 2025, 12:12 WIB
Ada beberapa perbedaan mendasar dari AION UT varian standar serta premium yang diniagakan di GIIAS 2025
29 Juli 2025, 12:02 WIB
BYD menyiapkan berbagai fasilitas maupun kegiatan menarik untuk memanjakan para pengunjung di GIIAS 2025