Modifikasi Kawasaki S3 400, Cafe Racer Bernama El Citron

Builder asal Kanada lakukan modifikasi Kawasaki S3 400 diberi nama El Citron, motor lawas jadi cafe racer

Modifikasi Kawasaki S3 400, Cafe Racer Bernama El Citron

KatadataOTO – Modifikasi jadi satu dunia menarik buat para penggemar otomotif. Seperti cerita Brian Kates di Toronto, Kanada yang merupakan pendiri Motobrix.

Pria yang merupakan peneliti biomedical device itu tinggalkan pekerjaannya untuk mulai jadi builder di Motobrix sejak 2014. 

Brian sendiri mengaku dirinya merupakan late-starter, bukan seorang pehobi sejak muda.

“Di masa muda saya tidak pernah mengerjakan motor, mobil atau apapun itu sampai saya berada di penghujung usia 20-an. Sekarang saya berumur 34 tahun,” ucap Brian kepada BikeExif, dikutip Rabu (10/1).

Modifikasi Kawasaki S3 400 1974
Photo : Autoevolution

Meski begitu hasil rakitannya terlihat profesional, tidak seperti buatan pemula. Gelar di bidang Teknik Mesin jadi salah satu bekal Brian melakukan modifikasi.

Salah satu hasil racikan Brian yang banyak dikenal adalah modifikasi Kawasaki S3 400 lansiran 1974, diberi nama El Citron. Bikin beda dari versi orisinil karena dibalut kelir kuning dan bergaya cafe racer.

Dilihat sepintas karakter asli motor itu sudah hilang sama sekali. Handlebar atau setang dibuat lebih rendah, desain jok diganti dan paling mencolok warna kuning pada tangki.

Mengawali modifikasi itu tim builder dari Motobrix memberikan tambahan kaliper rem Tokico seperti dipakai pada Suzuki GSX-R600.

Suspensi baru disematkan pakai penjepit rangkap tiga dari Cognito Moto. Di bagian kaki-kaki pelek alloy palang tiga diambil dari Suzuki Gixxer lalu dibalut ban Bridgestone Battlax.

Kemudian Brian memakaikan shock absorber dari GSX-R. Perlu ada titik pemasangan khusus jadi tidak sesederhana plug-and-play.

Beralih ke bodi Brian membongkar total motor. Jok pakai bespoke saddle warna hitam dan jahitan kuning bermotif diamond.

Setang diganti pakai model clip-on dengan posisi lebih rendah dari versi awal, terlihat memiliki ciri khas motor cafe racer.

Komponen yang masih asli punya Kawasaki S3 400 itu adalah tangki bensin. Bahkan mesin juga dirakit ulang.

Kolaborasi bersama beberapa bengkel lain, pompa minyak disetel ulang oleh Jeff Destine dari Pennsylvania.

Modifikasi Kawasaki S3 400 1974
Photo : Autoevolution

Sistem pembuangan atau knalpot diganti dengan Higgspeed premium. Tahap akhir tangki bensin diwarnai oleh Amanda dari Black Widow Custom Paint.

Terakhir finishing buat rangka, roda serta swingarm diseragamkan menggunakan kelir hitam.


Terkini

mobil
Spesifikasi Changan Lumin EV, Mobil Listrik Mungil Rp 100 Jutaan

Spesifikasi Changan Lumin EV, Mobil Listrik Mungil Rp 100 Jutaan

Mobil listrik berukuran kecil Changan Lumin EV sudah terdaftar di Indonesia, berikut bocoran spesifikasinya

mobil
Berhitung Peluang Daihatsu Ayla Ev Mengaspal di Indonesia

Berhitung Peluang Daihatsu Ayla Ev Mengaspal di Indonesia

Kabar kedatangan Daihatsu Ayla Ev kembali mencuat saat ADM merayakan produksi mobil kesembilan juta unit

mobil
Menanti Daihatsu Rocky Versi CKD, Pabrik Sudah Siap

Menanti Daihatsu Rocky Hybrid Versi CKD, Pabrik Sudah Siap

Saat ini Daihatsu Rocky Hybrid masih dipasarkan dengan status CBU Jepang untuk para konsumen di Indonesia

motor
Polytron Fox 200

Polytron Fox 200 Meluncur, Jawab Kebutuhan Pengemudi Perempuan

Polytron Fox 200 resmi meluncur dengan beragam keunggulan untuk menjawab kebutuhan pengemudi perempuan

mobil
Daihatsu Rayakan Produksi Sembilan Juta Mobil

Daihatsu Rayakan Produksi Sembilan Juta Mobil di Indonesia

Setelah menghadirkan produk unggulan di Indonesia, Daihatsu berhasil mencapai produksi sembilan juta unit

mobil
Era Elektrifikasi Akhiri Rivalitas BMW dan Mercedes-Benz

Era Elektrifikasi Akhiri Rivalitas BMW dan Mercedes-Benz

BMW dikabarkan bakal menyuplai mesin untuk sejumlah lini mobil hybrid dan elektrifikasi Mercedes-Benz

mobil
Jaecoo di AIGIS 2025

Jaecoo Hadiri AIGIS 2025, Sosialisasikan Mobil Ramah Lingkungan

Jaecoo jadi satu-satunya manufaktur Cina yang meramaikan forum AIGIS 2025 besutan Kementerian Perindustrian

otosport
Francesco Bagnaia

Target Francesco Bagnaia di MotoGP 2025, Tak Lagi Incar Podium

Francesco Bagnaia tak lagi mengincar podium di MotoGP 2025, masih tidak percaya diri pasca balapan di Austria