Toyota Bicara Soal PHK, Berharap Dukungan Pemerintah
11 Agustus 2025, 18:00 WIB
Toyota recall Alphard, NAV1, Camry, Corolla, Vios dan Yaris lansiran 2001 hingga 2016 karena masalah airbag
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Toyota recall Alphard, Nav1, Camry, Corolla, Vios dan Yaris produksi 2001 hingga 2016 karena adanya potensi masalah pada airbag inflator di bengkel resmi. Hal ini disampaikan langsung di situs resmi mereka.
Pabrikan asal Jepang tersebut mengungkap bahwa pihaknya sebenarnya sudah melakukan kampanye pada beberapa modelnya sejak 2015. Namun program itu rupanya belum rampung hingga sekarang.
“Toyota Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan perhatian dan tanggung jawab kepada semua produk yang dipasarkan, termasuk tahun produksi lama,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam siaran pers (12/08).
Ia mengungkap bahwa ada potensi bahaya jika komponen dibiarkan tanpa perbaikan. Oleh sebab itu, pihaknya akan memeriksa dan mengganti airbag inflator agar sesuai spesifikasi yang disyaratkan.
Perlu diketahui bahwa penggunaan airbag di area penumpang depan memiliki potensi bahaya karena ledakannya disertai serpihan logam di beberapa negara. Kondisi tersebut dipercaya bisa memperparah kondisi korban ketika terjadi hal yang tak diinginkan.
“Tetapi tidak semua kendaraan dalam rentang produksi di atas terlibat, hanya VIN tertentu saja,” ungkapnya kemudian.
Dalam perbaikan yang dilakukan, bengkel resmi Toyota akan melakukan pemeriksaan dan/atau penggantian komponen airbag inflator. Pekerjaan sendiri dilakukan oleh teknisi tersertifikasi sehingga kualitasnya sesuai standar perusahaan.
Untuk waktu pengerjaannya sendiri pun berbeda karena tergantung dari model. Namun umumnya proses perbaikan akan membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3,5 jam.
Seluruh proses pemeriksaan hingga final check dipastikan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
Pelanggan yang mengikuti program recall pun diharapkan melakukan booking service terlebih dulu. Dengan demikian, bengkel bisa mempersiapkan stall dan teknisi sehingga tidak perlu terlalu lama menunggu antrean karena sudah terjadwal.
“Kami mengimbau pelanggan untuk melakukan pengecekan airbag inflator beberapa mobil Toyota di workshop resmi terdekat. Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab atas kualitas produk serta memberikan ketenangan kepada semua pelanggan,” pungkas Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
11 Agustus 2025, 18:00 WIB
09 Agustus 2025, 13:11 WIB
07 Agustus 2025, 23:00 WIB
07 Agustus 2025, 22:30 WIB
07 Agustus 2025, 21:00 WIB
Terkini
12 Agustus 2025, 19:00 WIB
Gaikindo berniat merevisi target penjualan mobil baru di Indonesia pada 2025 karena masih jauh dari harapan
12 Agustus 2025, 18:00 WIB
Daihatsu Sigra jadi mobil terlaris di Jawa Barat berkat harga yang kompetitif dibandingkan produk lain
12 Agustus 2025, 17:00 WIB
Tuai respons positif di Indonesia, mobil hybrid murah dinilai bisa bantu mendongkrak penjualan di Indonesia
12 Agustus 2025, 16:00 WIB
Angka penjualan Wuling secara retail alami kenaikan, masuk di tiga besar merek mobil Cina terlaris Juli 2025
12 Agustus 2025, 15:00 WIB
Kakorlantas menegaskan bakal menindak serta mencopot anggota kepolisian yang terbukti melakukan pungli
12 Agustus 2025, 14:00 WIB
20 mobil terlaris Juli 2025 dikuasai oleh pabrikan Jepang meski perusahaan Cina tetap masuk ke dalam daftar
12 Agustus 2025, 13:00 WIB
Dinas Perhubungan melakukan rekayasa lalu lintas akibat adanya pekerjaan saluran air di Jakarta Timur
12 Agustus 2025, 12:00 WIB
Pada bulan ini Honda Stylo menjadi satu-satunya motor matic 150 cc yang mengalami kenaikan harga di Indonesia