Rapor Penjualan Mobil di GIIAS 2025, BYD Kejar Toyota
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
Kehadiran Toyota Rangga Concept berpotensi untuk menghentikan penjualan Hilux single cabin di Indonesia
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Kehadiran Toyota Rangga Concept di ajang GIIAS 2023 rupanya berpotensi untuk menggantikan posisi Hilux single cabin di Indonesia. Pasalnya produk yang akan rencananya diluncurkan pada akhir tahun nanti akan memiliki harga lebih murah namun fungsi tak jauh berbeda.
Keunggulan tersebut tentu akan menarik minat pelanggan mengingat segmen komersial diperkirakan tumbuh tinggi tahun depan. Hal ini disampaikan Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
“Ya itu (Rangga gantikan Hilux) salah satu rencana kami. Karenanya mobil di bawa ke pameran agar bisa mendapat masukan apakah harus ada dua model atau dipilih salah satu saja,” ungkapnya pada media (19/08).
Ia menambahkan bahwa saat ini penelitian sebenarnya telah berjalan selama dua tahun. Mobil juga sudah ada sejak beberapa bulan lalu dan konsumen pun dapat melihat serta dimintai pendapat sebelum pameran.
“Kami belum menjual produknya tetapi animo dari pihak karoseri dan pengunjung sangat baik. Banyak masukan untuk melakukan persiapan matang karena segmen komersial tidak hanya produk tetapi juga aftersalesnya,” ungkap Anton.
Meski tidak menyampaikan secara pasti, ia menegaskan harga yang ditawarkan akan sangat kompetitif. Bahkan tidak akan lebih tinggi dibandingkan Toyota Hilux single cabin.
“Sekarang Toyota Hilux single cabin harganya Rp300 jutaan, nah ini akan di bawahnya,” tegasnya kemudian.
Sementara untuk jantung pacunya, Toyota Rangga Concept akan menggunakan mesin yang sudah ada seperti TR serta GD. Meski tidak dijelaskan secara detail, tetapi pabrikan asal Jepang itu memang telah menjual beberapa model dengan pilihan tersebut.
Sebagai contoh adalah mesin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc yang digunakan oleh Hilux single cabin. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 hp di 5.600 rpm dan torsi 183.3 Nm di 4.000 rpm.
Selanjutnya ada lagi mesin 2GD-FTV dengan VNT Intercooler berkapasitas 2.400 cc yang juga disematkan pada Hilux. Tenaganya lebih besar yaitu 147.5 hp di 3.400 rpm dan torsi 343.2 Nm di 1.400 sampai 2.800 rpm.
Di atasnya lagi, ada 2TR-FE berkapasitas 2.694 cc yang digunakan oleh Toyota Fortuner. Mesin sanggup melepas tenaga 161 hp di 3.400 rpm dan torsi 242 Nm pada 4.000 rpm.
Pilihan berikutnya adalah 1GD FTV 4 silinder segaris, 4 katup, DOHC, VNT Intercooler. Penggerak di Toyota Fortuner ini sanggup menyemburkan tenaga 201 hp di 3.000 dan torsi maksimum 499 Nm di 1.600 - 2.800 rpm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
14 Agustus 2025, 21:00 WIB
12 Agustus 2025, 20:00 WIB
11 Agustus 2025, 18:00 WIB
09 Agustus 2025, 13:11 WIB
Terkini
15 Agustus 2025, 17:00 WIB
Koridor 9 Transjakarta dikenal sebagai rute yang kerap terhambat karena adanya kecelakaan lalu lintas
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
Beberapa merek kendaraan roda empat telah mempublikasikan perolehan SPK selama GIIAS 2025, simak datanya
15 Agustus 2025, 15:00 WIB
Capaian wholesales LMPV sepanjang Juli 2025 naik dari Juni, urutan pertama masih ditempati Toyota Avanza
15 Agustus 2025, 14:00 WIB
Sambut libur panjang, ganjil genap Puncak 15 Agustus 2025 akan diberlakukan lebih lama dari biasanya
15 Agustus 2025, 13:00 WIB
MotoGP Austria 2025 menjadi panggung bagi Marc Marquez buat meraih kemenangan perdana di Red Bull Ring
15 Agustus 2025, 12:00 WIB
PT Astra Honda Motor alami penurunan penjualan sampai dua persen, yakin angkanya bisa membaik di akhir 2025
15 Agustus 2025, 11:00 WIB
Brasil kembali didapuk menjadi tuan rumah dan masuk ke dalam jadwal MotoGP 2026 guna menggantikan Argentina
15 Agustus 2025, 10:00 WIB
Geely catat 866 SPK selama mengikuti pameran otomotif GIIAS 2025 yang diselenggarakan di akhir Juli 2025