Mobil PHEV Toyota akan Gunakan Teknologi BYD
13 Mei 2024, 13:00 WIB
Kehadiran Toyota Rangga Concept berpotensi untuk menghentikan penjualan Hilux single cabin di Indonesia
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Kehadiran Toyota Rangga Concept di ajang GIIAS 2023 rupanya berpotensi untuk menggantikan posisi Hilux single cabin di Indonesia. Pasalnya produk yang akan rencananya diluncurkan pada akhir tahun nanti akan memiliki harga lebih murah namun fungsi tak jauh berbeda.
Keunggulan tersebut tentu akan menarik minat pelanggan mengingat segmen komersial diperkirakan tumbuh tinggi tahun depan. Hal ini disampaikan Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
“Ya itu (Rangga gantikan Hilux) salah satu rencana kami. Karenanya mobil di bawa ke pameran agar bisa mendapat masukan apakah harus ada dua model atau dipilih salah satu saja,” ungkapnya pada media (19/08).
Ia menambahkan bahwa saat ini penelitian sebenarnya telah berjalan selama dua tahun. Mobil juga sudah ada sejak beberapa bulan lalu dan konsumen pun dapat melihat serta dimintai pendapat sebelum pameran.
“Kami belum menjual produknya tetapi animo dari pihak karoseri dan pengunjung sangat baik. Banyak masukan untuk melakukan persiapan matang karena segmen komersial tidak hanya produk tetapi juga aftersalesnya,” ungkap Anton.
Meski tidak menyampaikan secara pasti, ia menegaskan harga yang ditawarkan akan sangat kompetitif. Bahkan tidak akan lebih tinggi dibandingkan Toyota Hilux single cabin.
“Sekarang Toyota Hilux single cabin harganya Rp300 jutaan, nah ini akan di bawahnya,” tegasnya kemudian.
Sementara untuk jantung pacunya, Toyota Rangga Concept akan menggunakan mesin yang sudah ada seperti TR serta GD. Meski tidak dijelaskan secara detail, tetapi pabrikan asal Jepang itu memang telah menjual beberapa model dengan pilihan tersebut.
Sebagai contoh adalah mesin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc yang digunakan oleh Hilux single cabin. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 hp di 5.600 rpm dan torsi 183.3 Nm di 4.000 rpm.
Selanjutnya ada lagi mesin 2GD-FTV dengan VNT Intercooler berkapasitas 2.400 cc yang juga disematkan pada Hilux. Tenaganya lebih besar yaitu 147.5 hp di 3.400 rpm dan torsi 343.2 Nm di 1.400 sampai 2.800 rpm.
Di atasnya lagi, ada 2TR-FE berkapasitas 2.694 cc yang digunakan oleh Toyota Fortuner. Mesin sanggup melepas tenaga 161 hp di 3.400 rpm dan torsi 242 Nm pada 4.000 rpm.
Pilihan berikutnya adalah 1GD FTV 4 silinder segaris, 4 katup, DOHC, VNT Intercooler. Penggerak di Toyota Fortuner ini sanggup menyemburkan tenaga 201 hp di 3.000 dan torsi maksimum 499 Nm di 1.600 - 2.800 rpm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 Mei 2024, 13:00 WIB
12 Mei 2024, 09:14 WIB
07 Mei 2024, 10:35 WIB
02 Mei 2024, 07:00 WIB
01 Mei 2024, 11:00 WIB
Terkini
16 Mei 2024, 15:36 WIB
Ingin melakukan ekspansi, Alva mulai jajaki rencana ekspor dengan target utama kawasan Asia Tenggara
16 Mei 2024, 15:31 WIB
Kehadiran Mitsubishi Xpander Cross dan Pajero Sport Limited Edition diharapkan meningkatkan penjualan
16 Mei 2024, 14:26 WIB
Mengakomodir kebutuhan konsumen terkhusus BinguoEV dan Cloud EV, Wuling akan bangun 100 SPKLU tipe GBT
16 Mei 2024, 13:00 WIB
BMW Astra masih pertahankan harga meski nilai tukar dolar dan euro mengalami kenaikan terhadap rupiah
16 Mei 2024, 10:00 WIB
Tukang parkir liar terancam hukuman penjara dan denda hingga Rp 20 juta karena dianggap melakukan pungutan liar
16 Mei 2024, 09:00 WIB
Sebanyak 150 mobil listrik Wuling ditugaskan mengawal gelaran internasional World Water Forum 2024 di Bali
16 Mei 2024, 08:00 WIB
Menteri Perhubungan bersama Kakorlantas akan terus mendalami kasus kecelakaan bus Trans Putera Fajar di Subang
16 Mei 2024, 07:00 WIB
Meski memakan waktu lebih lama, Wuling sebut home charging bisa jaga masa pakai baterai mobil listrik