Harga SUV Murah Kisaran Rp 300 Jutaan November 2024, Terios Naik
18 November 2024, 12:32 WIB
Kehadiran Toyota Rangga Concept berpotensi untuk menghentikan penjualan Hilux single cabin di Indonesia
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Kehadiran Toyota Rangga Concept di ajang GIIAS 2023 rupanya berpotensi untuk menggantikan posisi Hilux single cabin di Indonesia. Pasalnya produk yang akan rencananya diluncurkan pada akhir tahun nanti akan memiliki harga lebih murah namun fungsi tak jauh berbeda.
Keunggulan tersebut tentu akan menarik minat pelanggan mengingat segmen komersial diperkirakan tumbuh tinggi tahun depan. Hal ini disampaikan Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
“Ya itu (Rangga gantikan Hilux) salah satu rencana kami. Karenanya mobil di bawa ke pameran agar bisa mendapat masukan apakah harus ada dua model atau dipilih salah satu saja,” ungkapnya pada media (19/08).
Ia menambahkan bahwa saat ini penelitian sebenarnya telah berjalan selama dua tahun. Mobil juga sudah ada sejak beberapa bulan lalu dan konsumen pun dapat melihat serta dimintai pendapat sebelum pameran.
“Kami belum menjual produknya tetapi animo dari pihak karoseri dan pengunjung sangat baik. Banyak masukan untuk melakukan persiapan matang karena segmen komersial tidak hanya produk tetapi juga aftersalesnya,” ungkap Anton.
Meski tidak menyampaikan secara pasti, ia menegaskan harga yang ditawarkan akan sangat kompetitif. Bahkan tidak akan lebih tinggi dibandingkan Toyota Hilux single cabin.
“Sekarang Toyota Hilux single cabin harganya Rp300 jutaan, nah ini akan di bawahnya,” tegasnya kemudian.
Sementara untuk jantung pacunya, Toyota Rangga Concept akan menggunakan mesin yang sudah ada seperti TR serta GD. Meski tidak dijelaskan secara detail, tetapi pabrikan asal Jepang itu memang telah menjual beberapa model dengan pilihan tersebut.
Sebagai contoh adalah mesin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc yang digunakan oleh Hilux single cabin. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 hp di 5.600 rpm dan torsi 183.3 Nm di 4.000 rpm.
Selanjutnya ada lagi mesin 2GD-FTV dengan VNT Intercooler berkapasitas 2.400 cc yang juga disematkan pada Hilux. Tenaganya lebih besar yaitu 147.5 hp di 3.400 rpm dan torsi 343.2 Nm di 1.400 sampai 2.800 rpm.
Di atasnya lagi, ada 2TR-FE berkapasitas 2.694 cc yang digunakan oleh Toyota Fortuner. Mesin sanggup melepas tenaga 161 hp di 3.400 rpm dan torsi 242 Nm pada 4.000 rpm.
Pilihan berikutnya adalah 1GD FTV 4 silinder segaris, 4 katup, DOHC, VNT Intercooler. Penggerak di Toyota Fortuner ini sanggup menyemburkan tenaga 201 hp di 3.000 dan torsi maksimum 499 Nm di 1.600 - 2.800 rpm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
18 November 2024, 12:32 WIB
16 November 2024, 15:57 WIB
14 November 2024, 22:30 WIB
13 November 2024, 14:00 WIB
11 November 2024, 10:00 WIB
Terkini
19 November 2024, 10:00 WIB
Menurut data Aisi penjualan motor baru di Indonesia sejak Januari sampai Oktober 2024 capai 5,4 juta unit
19 November 2024, 09:00 WIB
Sejumlah mobil baru Suzuki diprediksi bakal melantai dalam pameran GJAW 2024 yang diselenggarakan 22 November
19 November 2024, 08:00 WIB
ACC berharap kredit mobil baru tidak terlalu banyak berdampak karena kenaikan PPN 12 pada awal tahun depan
19 November 2024, 07:00 WIB
Jetour siap bangun 100 diler di Indonesia dalam lima tahun untuk memperkuat posisinya di pasar otomotif nasional
19 November 2024, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 19 November 2024 diawasi ketat oleh petugas untuk pastikan tidak ada pelanggaran
19 November 2024, 06:00 WIB
SIM keliling Bandung jadi alternatif buat pemohon perpanjangan masa berlaku SIM A dan C, berikut lokasinya
19 November 2024, 06:00 WIB
SIM Keliling Jakarta kembali beroperasi hari ini, masyarakat bisa menemukannya di lima lokasi berbeda
18 November 2024, 23:58 WIB
Penjualan Neta Oktober 2024 tidak tercatat dalam laporan Gaikindo karena keterlambatan dalam pelaporan