Toyota Avanza Terbaru pakai Penggerak Depan, Ini Keunggulannya

Mengenal penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) yang akan digunakan pada Toyota Avanza terbaru

Toyota Avanza Terbaru pakai Penggerak Depan, Ini Keunggulannya

TRENOTO – Toyota Avanza terbaru digosipkan segera hadir dan menyapa para penggemarnya di Tanah Air. Fakta menariknya dari Low MPV fenomenal ini adalah penggunaan penggerak roda depan atau FWD (Front Wheel Drive).

Setelah 18 tahun bertahan dengan penggerak roda belakang yang dianggap paling dibutuhkan konsumen di Tanah Air. Toyota akhirnya memulai langkah baru dengan menerapkan penggerak roda depan, pada kendaraan populernya tersebut.

Toyota Avanza yang pertama kalinya diluncurkan pada Desember 2003, dikenal tangguh karena menggunakan penggerak roda belakang. Para pesaingnya yang hadir dengan penggerak roda depan, akhirnya harus menyerah karena kalah populer.

Setelah dua generasi bertahan dengan penggerak roda belakang, kini Avanza akan mencoba peruntungan dengan penggerak roda depan. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan kedua penggerak kendaraan tersebut.

Sejatinya penggerak roda belakang (RWD) maupun penggerak roda depan (FWD) memiliki keunggulan masing-masing. Soni Susmana, pendiri sekaligus pengajar senior Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menjelaskan kelebihan maupun kekurangan dua model penggerak kendaraan tersebut.

“Mobil penggerak roda depan memiliki kelebihan mudah dikoreksi ketika kendaraan terjadi selip. Sebaliknya penggerak roda belakang agak sulit menyeimbangkannya kembali ketika mengalami selip,” kata Soni kepada Trenoto (06/10).

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa mobil penggerak roda depan pada umumnya memiliki bobot lebih ringan. Walhasil akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Adapun dijelaskan bahwa mobil penggerak roda depan memiliki ruang kabin yang lebih luas. Hal ini berkat lebih sedikitnya komponen yang digunakan pada mobil FWD.

Photo : 123RF

Mobil FWD tidak memiliki gardan yang melintang di bawah kabin. Lalu penempatan mesinnya juga tidak memanjang ke belakang sehingga ruang mesin bisa dipersempit, guna mendapatkan ruang kabin lebih lega.

Namun mobil berpenggerak roda depan bukannya tidak memiliki kekurangan. Setidaknya mobil jenis ini dikenal lebih rumit daripada penggerak roda belakang.

“Mobil FWD kurang mampu mengangkut barang berat, baik lurus maupun tanjakan. Distribusi barang yang terkonsentrasi di bagian belakang kendaraan, akan membuat ban depan kurang mendapatkan traksi,” tutur Soni kemudian.

Lalu dikatakan bahwa mobil penggerak roda depan memiliki sistem suspensi depan yang lebih rumit. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada biaya perawatan rutin yang akan memberatkan konsumen.


Terkini

mobil
BYD Atto 1

Kata Gaikindo soal Fenomena Perang Harga di GIIAS 2025

Gaikindo sebut fenomena perang harga di GIIAS 2025 adalah bentuk persaingan dan tetap memiliki dampak positif

news
Aplikasi Hino

Hino Kembali Kenalkan Aplikasinya yang Dilengkapi Fitur Baru

Hino kenalkan aplikasinya yang sudah dilengkapi beragam fitur baru untuk memudahkan masyarakat awasi kendaraan

news
UD Trucks

Kemenhub Dorong Produsen Truk Hadirkan Fitur Keselamatan

fitur-fitur keselamatan pada unit truk yang beredar di Indonesia diharapkan bisa disematkan oleh para produsen

news
Ganjil genap Puncak

Ganjil Genap Puncak di Awal Agustus 2025, Cek Jalur Alternatif

Ganjil genap Puncak di awal Agustus 2025 kembali diterapkan untuk hindari kepadatan di libur akhir pekan

mobil
Toyota Innova Zenix Diskon Rp 30 Juta di GIIAS 2025, Ada Bonus

Toyota Innova Zenix Diskon Rp 30 Juta di GIIAS 2025, Ada Bonusnya

Bagi peminat Toyota Innova Zenix Hybrid ada diskon yang bisa dimanfaatkan sampai Rp 30 juta selama GIIAS 2025

news
Isuzu GIGA FVM

Isuzu GIGA FVM Dipamerkan di GIIAS 2025, Dukung Bisnis Cold-Chain

Isuzu GIGA FVM hadir di GIIAS 2025 untuk menggoda para pebisnis di bidan produk makanan segar di suhu tertentu

mobil
Wuling Mitra EV di GIIAS 2025

Wuling Umumkan Pemenang Modifikasi Mitra EV di GIIAS 2025

Tiga pemenang hasil modifikasi Wuling Mitra EV diumumkan di GIIAS 2025, mendapatkan hadiah uang tunai

modifikasi
Modifikasi Daihatsu

Daihatsu Pamer Mobil Modifikasi Kerja Sama Gofar Hilman dan NMAA

Daihatsu bekerjasama dengan Gofar Hilman dan NMAA untuk memodifikasi tiga mobil dengan desain yang menarik