Toyota S-FR Konsep Unjuk Gigi Pakai Basis Mazda Miata
18 Januari 2024, 12:43 WIB
Disinyalir meluncur 2027 bersama Daihatsu Copen dan Toyota S-FR, Suzuki Cappuccino terbaru pakai mesin Toyota
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Belakangan beredar kabar bahwa kei car Suzuki Cappuccino akan kembali hadir buat konsumen menggunakan mesin turbo terbaru dari Toyota. Untuk diketahui model ini sebelumnya diproduksi antara periode 1991-1998.
Secara keseluruhan hanya ada 28.000 unit diproduksi, beberapa di antaranya dijual ke pasar Amerika Serikat.
Berdasarkan informasi dari Best Car, ada rencana Suzuki Cappuccino kembali dengan kapasitas mesin lebih besar di 2027 yakni 1.3L turbo tiga silinder, dikembangkan langsung oleh Toyota.
Konfigurasi dapur pacu itu diklaim dapat menghasilkan tenaga 148 hp sementara torsi puncaknya 220 Nm. Tenaga disalurkan lewat transmisi manual enam percepatan atau otomatis delapan percepatan.
Nanti dimensinya akan tetap kompak memiliki panjang 4.000 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.230 sementara wheelbase-nya 2.480 mm berkonfigurasi two-seater. Bobot diklaim ringan yakni 1.100 kg.
Sebelumnya diketahui bahwa roadster mungil itu menggunakan mesin 657 cc turbocharged tiga silinder dilengkapi penggerak roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).
Jika benar mendapatkan ubahan mesin maka Suzuki Cappuccino sudah tidak masuk ke dalam kategori kei car. Mengingat kapasitas kei car dibatasi paling tinggi 660 cc.
Media lokal Jepang juga memprediksi mesin Suzuki Cappuccino berpeluang digunakan juga untuk Toyota Starlet generasi terbaru yang akan hadir dengan spesifikasi difokuskan untuk kebutuhan reli di kelas Rally 4 bersama Renault Clio dan Ford Fiesta.
Nampaknya dapur pacu serupa juga akan disematkan pada sports car entry level terbaru dari Toyota dan versi baru Daihatsu Copen.
Secara keseluruhan ada tiga roadster berpeluang hadir dalam waktu dua tahun ke depan yaitu Suzuki Cappuccino, Daihatsu Copen dan Toyota S-FR.
Daihatsu Copen Vision merupakan mobil konsep yang sempat dipamerkan di Japan Mobility Show 2023 diambil dari desain generasi pertamanya.
Sementara Toyota S-FR sebelumnya sempat disinyalir meluncur pada Tokyo Auto Salon 2015 dan sempat dipamerkan sebagai S-FR Racing Concept di 2016. Namun tidak ada kabar lagi setelah itu.
Apabila masuk lini produksi, ketiga model tersebut kemungkinan memiliki ukuran tidak jauh berbeda dan ada di bawah dimensi Toyota GR86. Desain tetap mempertahankan karakter awal namun dibubuhkan nuansa modern.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
18 Januari 2024, 12:43 WIB
07 November 2023, 22:05 WIB
09 Oktober 2023, 10:13 WIB
Terkini
05 Juni 2025, 22:30 WIB
Marc Marquez berpotensi menjadi hambatan dalam usaha kebangkitan Francesco Bagnaia di MotoGP Aragon 2025
05 Juni 2025, 22:00 WIB
Pemerintah Cina meminta agar para produsen mobil tidak melakukan perang harga dan bersaing secara sehat
05 Juni 2025, 21:02 WIB
Perusahaan Cina dan Eropa diklaim banyak yang tertarik untuk membangun SPKLU di Indonesia namun terhambat regulasi
05 Juni 2025, 20:08 WIB
Permintaan motor bebek Yamaha di Sulawesi Selatan terbilang masih tinggi karena dikenal tangguh di pegunungan
05 Juni 2025, 19:35 WIB
Berikut KatadataOTO rangkum komparasi spesifikasi dua mobil listrik Denza D9 serta Xpeng X9 di Indonesia
05 Juni 2025, 17:00 WIB
Kejar target Net Zero Emision di 2060, DPR ingin pemerintah tinjau lagi aturan pembatasan usia kendaraan
05 Juni 2025, 16:01 WIB
Toyota Fortuner Hybrid mulai ditawarkan di India bersamaan Legender dengan harga mulai Rp 800 jutaan
05 Juni 2025, 15:11 WIB
Menurut pihak BYD, infrastruktur bukan satu-satunya alasan adopsi mobil listrik di daerah terbilang lambat