Toyota S-FR Konsep Unjuk Gigi Pakai Basis Mazda Miata
18 Januari 2024, 12:43 WIB
Disinyalir meluncur 2027 bersama Daihatsu Copen dan Toyota S-FR, Suzuki Cappuccino terbaru pakai mesin Toyota
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Belakangan beredar kabar bahwa kei car Suzuki Cappuccino akan kembali hadir buat konsumen menggunakan mesin turbo terbaru dari Toyota. Untuk diketahui model ini sebelumnya diproduksi antara periode 1991-1998.
Secara keseluruhan hanya ada 28.000 unit diproduksi, beberapa di antaranya dijual ke pasar Amerika Serikat.
Berdasarkan informasi dari Best Car, ada rencana Suzuki Cappuccino kembali dengan kapasitas mesin lebih besar di 2027 yakni 1.3L turbo tiga silinder, dikembangkan langsung oleh Toyota.
Konfigurasi dapur pacu itu diklaim dapat menghasilkan tenaga 148 hp sementara torsi puncaknya 220 Nm. Tenaga disalurkan lewat transmisi manual enam percepatan atau otomatis delapan percepatan.
Nanti dimensinya akan tetap kompak memiliki panjang 4.000 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.230 sementara wheelbase-nya 2.480 mm berkonfigurasi two-seater. Bobot diklaim ringan yakni 1.100 kg.
Sebelumnya diketahui bahwa roadster mungil itu menggunakan mesin 657 cc turbocharged tiga silinder dilengkapi penggerak roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).
Jika benar mendapatkan ubahan mesin maka Suzuki Cappuccino sudah tidak masuk ke dalam kategori kei car. Mengingat kapasitas kei car dibatasi paling tinggi 660 cc.
Media lokal Jepang juga memprediksi mesin Suzuki Cappuccino berpeluang digunakan juga untuk Toyota Starlet generasi terbaru yang akan hadir dengan spesifikasi difokuskan untuk kebutuhan reli di kelas Rally 4 bersama Renault Clio dan Ford Fiesta.
Nampaknya dapur pacu serupa juga akan disematkan pada sports car entry level terbaru dari Toyota dan versi baru Daihatsu Copen.
Secara keseluruhan ada tiga roadster berpeluang hadir dalam waktu dua tahun ke depan yaitu Suzuki Cappuccino, Daihatsu Copen dan Toyota S-FR.
Daihatsu Copen Vision merupakan mobil konsep yang sempat dipamerkan di Japan Mobility Show 2023 diambil dari desain generasi pertamanya.
Sementara Toyota S-FR sebelumnya sempat disinyalir meluncur pada Tokyo Auto Salon 2015 dan sempat dipamerkan sebagai S-FR Racing Concept di 2016. Namun tidak ada kabar lagi setelah itu.
Apabila masuk lini produksi, ketiga model tersebut kemungkinan memiliki ukuran tidak jauh berbeda dan ada di bawah dimensi Toyota GR86. Desain tetap mempertahankan karakter awal namun dibubuhkan nuansa modern.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 Januari 2024, 12:43 WIB
07 November 2023, 22:05 WIB
09 Oktober 2023, 10:13 WIB
Terkini
22 November 2024, 13:00 WIB
PPN 12 persen akan berlaku 2025, Honda Bali optimis bisa pertahankan penjualan berdasarkan 2 hal berikut
22 November 2024, 11:52 WIB
GJAW 2024 berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan mulai 22 November-1 Desember 2024, diramaikan 80 peserta
22 November 2024, 11:00 WIB
HMID mengaku akan meluncurkan mobil listrik baru di Desember 2024, kemungkinan adalah Hyundai Kona N Line
22 November 2024, 10:00 WIB
Ganjil genap Puncak 22 November 2024 kembali diterapkan untuk mengatasi kepadatan di kawasan tersebut
22 November 2024, 10:00 WIB
Neta akan melakukan studi terlebih dahulu untuk membawa model MPV tiga baris ke pasar Indonesia tahun depan
22 November 2024, 09:00 WIB
Pameran otomotif ini resmi dibuka di ICE BSD, Tangerang Selatan, berikut kami rangkum harga tiket GJAW 2024
22 November 2024, 08:00 WIB
HMID masih melihat bagaimana respon penerimaan masyarakat terhadap new Hyundai Tucson di dalam negeri
22 November 2024, 07:00 WIB
Cara urus paspor kendaraan sebelum Road Trip keluar negeri sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dijalani