Penjualan Daihatsu Oktober 2025, Gran Max Kontributor Utama
15 November 2025, 13:00 WIB
Mobil sport yang dijual di pasar Jepang, Daihatsu Copen versi konsep debut di pameran Japan Mobility Show
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Daihatsu berencana membawa 5 mobil konsep untuk meramaikan gelaran Japan Mobility Show atau dulu dikenal dengan nama Tokyo Motor Show. Ternyata satu di antaranya memakai basis mobil sport Daihatsu yang debut bertahun-tahun lalu.
Mobil tersebut adalah Daihatsu Copen. Untuk diketahui kendaraan itu pertama kali debut di Tokyo Motor Show 1999 sebagai konsep, sebelum kemudian dipasarkan pada 2002 sebagai Daihatsu Copen L880.
Saat itu Copen L880 memakai mesin berkapasitas kecil khas kei car yakni 660 cc. Namun kemudian berganti jadi mesin non-turbo 1.3L untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Peredaran L880 di pasar sempat ditarik oleh Daihatsu pada 13 Januari 2011 karena penjualan menurun. Namun selang satu tahun dirilis L880 10th Anniversary Edition sekaligus jadi akhir era L880.
Lalu pada 2014 Daihatsu meluncurkan generasi kedua Copen yang diberi nama LA400. Ciri khas Copen LA400 adalah pemakaian struktur sasis monokok.
Panel bodi terdiri dari 13 komponen terpisah dan dapat mempermudah pemilik yang ingin melakukan modifikasi warna dan desain Copen.
Terakhir di 2020 Copen mendapat sentuhan GR (Gazoo Racing). Copen GR Sport dikembangkan untuk jadi sports car entry level lini GR Toyota di Jepang.
Daihatsu Copen yang akan dipamerkan di Japan Mobility Show 2023 tentu memiliki sejumlah ubahan membuat terlihat lebih futuristik, pakai warna senada keempat mobil konsep Daihatsu lainnya.
Diberi nama Vision Copen, ini jadi sebuah gambaran kendaraan ramah lingkungan Daihatsu di masa mendatang. Namun Copen konsep ini tidak pakai tenaga listrik atau meluncur sebagai EV.
Mobil ini mengkombinasikan identitas asli Copen dan ciri khas mobil ‘compact sports convertible’. Dari segi desain terlihat seperti versi modern dari Copen generasi pertama.
Sebagai gambaran Vision Copen hanya sedikit lebih kecil dari Mazda MX-5 ND dengan panjang 3.835 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.265 mm serta wheelbase 2.451 mm.
Dibandingkan Copen generasi kedua yang ada di pasar Jepang ada penambahan panjang sekitar 440 mm.
Di sisi interior kabin mengusung desain Driver-Focused nan praktis. Ada digital headunit, tombol kontrol ‘touch-sensitive’ di konsol tengah dan jok bergaya sporti.
Beralih ke jantung pacu Vision Copen pakai mesin berkapasitas 1.300 cc. Belum ada detil lebih lanjut namun Daihatsu menyebut mobil tersebut bisa meminum bensin carbon-fuel yang lebih ramah lingkungan.
Kapasitas mesin dua kali lipat lebih besar dari versi produksi saat ini sehingga dapat dipastikan Vision Copen akan lebih bertenaga dari kei car pada umumnya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 November 2025, 13:00 WIB
13 November 2025, 15:00 WIB
02 November 2025, 20:00 WIB
01 November 2025, 17:00 WIB
31 Oktober 2025, 07:00 WIB
Terkini
20 November 2025, 15:00 WIB
Changan siap berkiprah di Indonesia dalam jangka waktu panjang, berniat buka ribuan lapangan pekerjaan
20 November 2025, 14:00 WIB
Pemerintah Indonesia bakal berfokus pada mobil-mobil dari pabrikan Jepang untuk mandatori Etanol 10 persen
20 November 2025, 13:00 WIB
Sudah dirakit lokal, Polytron masih mengalami kendala dalam memenuhi permintaan yang kian naik di Indonesia
20 November 2025, 12:00 WIB
Alva tidak menyarankan para pengguna motor listrik untuk melakukan remap controller pada produk mereka
20 November 2025, 11:00 WIB
Kolaborasi ciamik tidak hanya menggairahkan pasar, namun kerjasama Motul dan OLXMobbi untungkan konsumen
20 November 2025, 10:05 WIB
Suzuki Grand Vitara Kuro dikabarkan bakal meluncur di GJAW 2025 dengan beberapa perubahan khususnya eksterior
20 November 2025, 09:00 WIB
PT AHM resmi menghadirkan versi pembaruan Honda CRF1100L Africa Twin, diniagakan seharga Rp 600 jutaan
20 November 2025, 08:00 WIB
Pasar mobil listrik di Sumatera Utara diklaim mulai menunjukkan angka positif dengan setelah SPKLU dibangun