Penjualan Daihatsu April 2025 Turun, Sigra Jadi Tulang Punggung
14 Mei 2025, 09:00 WIB
Setelah debut di perhelatan otomotif JMS 2023, Daihatsu Copen diprediksi akan diproduksi massal ke luar Jepang
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Gelaran JMS (Japan Mobility Show) 2023 diramaikan beragam lini kendaraan baru yang menarik perhatian masyarakat. Tidak ketinggalan Daihatsu membawa versi terbaru dari kei car-nya sebagai sportscar yakni Copen.
Debut sebagai Daihatsu Vision Copen, mobil tersebut merupakan satu dari lima konsep yang dipamerkan dengan warna abu-abu senada sebagai gambaran kasar model mobil Daihatsu di masa mendatang.
Untuk diketahui kei car Copen debut di Tokyo Motor Show 1999 sebagai konsep lalu dipasarkan secara resmi pakai nama Daihatsu Copen L880 di 2002.
Mengingat mobil itu adalah kei car kapasitas mesinnya tidak besar hanya berada di angka 660 cc. Tapi menyesuaikan kebutuhan konsumen akhirnya Daihatsu memberikan mesin non-turbo 1.3L.
Berbeda dari generasi terdahulu, Daihatsu Copen konsep di pameran tersebut terlihat lebih futuristik dan modern pakai headlight LED berbentuk bulat minimalis. Tidak pakai emblem khas tapi berbentuk tulisan Daihatsu berukuran kecil di fascia.
Gril juga dibuat seminimalis mungkin sehingga secara sekilas mobil itu terlihat rapi dan elegan.
Meski spesifikasi lengkap belum dibeberkan namun diprediksi akan sedikit lebih bertenaga dibandingkan versi kei car-nya yang dapat menghasilkan tenaga 63 hp.
Namun bicara ukuran disebut akan lebih besar sehingga semakin menyerupai sports car dan bukan kei car. Ukuran diklaim akan tetap kompak supaya mudah diekspor ke beragam tempat.
“Ide di belakang Copen adalah mobil itu berukuran layaknya sportscar dan bukan mobil kecil. Permintaan dan kemungkinan ekspor akan meningkat,” ucap seorang sumber anonim dari tim pengembangan Copen dikutip dari Motor1, Selasa (7/11).
Daihatsu Copen dengan tenaga lebih besar dan pakai penggerak roda belakang alias RWD (rear wheel drive) disebut dapat lebih menarik untuk diekspor ketimbang Copen kei car.
Pasca debut di Tokyo Motor Show 1999 dan meluncur di 2002, peredaran Copen L880 di pasaran sempat ditarik Daihatsu di 13 Januari 2011 karena ada penurunan penjualan.
Tapi setahun setelah itu Daihatsu merilis L880 10th Anniversary Edition, menandai akhir era L880 untuk digantikan generasi kedua Copen yaitu LA400.
Uniknya LA400 punya panel bodi yang terdiri dari 13 komponen terpisah sehingga mempermudah pemilik saat mau melakukan modifikasi warna atau desain Copen.
Pada 2020 Copen menjadi sports car entry level lini GR (Gazoo Racing) Toyota. Terbaru Daihatsu Copen reinkarnasi sebagai Vision Copen Concept di JMS 2023.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
14 Mei 2025, 09:00 WIB
05 Mei 2025, 17:13 WIB
24 April 2025, 08:00 WIB
23 April 2025, 09:00 WIB
22 April 2025, 07:00 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Pabrik CATL di Indonesia diharapkan bisa beroperasi mulai Maret 2026 dengan konsumendari berbagai negara
16 Mei 2025, 15:00 WIB
Penjualan BYD lampaui Toyota di Singapura dengan selisih hingga ribuan unit pada periode Januari hingga April 2025
16 Mei 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar dan masyarakat diminta untuk mengatur ulang jadwal perjalanannya
16 Mei 2025, 13:00 WIB
Trackday jadi sarana aman memacu adrenalin di sirkuit balap, instruktur Ducati berikan sejumlah tips