Subaru Setop Produksi di Thailand, Penjualan Terus Merosot
03 Juni 2024, 18:51 WIB
Mendapatkan prioritas dari Jepang, Subaru istimewakan konsumen Tanah Air dan jamin ketersediaan suplai
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Subaru Indonesia telah kembali ke pasar Indonesia pada 2022. Hingga saat ini ada sejumlah lini kendaraan ditawarkan bagi calon konsumen dan loyalis, termasuk di antaranya mobil sport BRZ dan andalan reli WRX.
Meski belakangan krisis cip semikonduktor tengah menjadi perhatian di kalangan produsen otomotif, namun ternyata Subaru tidak banyak terpengaruh. Suplai unit alokasi Tanah Air dipastikan cukup, berkat prioritas dari pabrikan negara asalnya di Jepang.
Arie Christopher, Chief Operating Officer Subaru Indonesia memaparkan bahwa sejak kembali berjualan, pabrikan tidak pernah mendapatkan masalah terkait suplai kendaraan. Subaru istimewakan konsumen Indonesia yang banyak di antaranya merupakan loyalis.
“Bukan tidak ada dampak (krisis cip semikonduktor) tapi kita diberikan support sangat luar biasa dari Jepang. Karena mereka berpikir kita baru mulai lagi, jadi diistimewakan,” ujar Arie di Jakarta beberapa waktu lalu.
Hal ini terbukti dari pengiriman di 2022 diklaim tanpa kendala. Unit yang dijanjikan ke konsumen sampai tepat waktu, beberapa di antaranya bahkan lebih cepat.
Arie melanjutkan sebelumnya prinsipal pernah berkunjung ke Indonesia dan melakukan observasi di sejumlah daerah, seperti Jakarta dan Batam serta bertemu dengan sejumlah komunitas pengguna Subaru.
“Mereka bilang loyalitas konsumen Subaru di Indonesia sangat luar biasa tinggi, rasanya bisa disejajarkan dengan market yang sudah maju,” ucap Arie.
Melihat hal tersebut bisa dibilang Indonesia merupakan market potensial untuk Subaru di masa depan. Tidak hanya loyalis, konsumen pemakai Subaru untuk pertama kali juga menggandrungi model-model ditawarkan khususnya Forester.
Dari keseluruhan konsumen Subaru, 60 persen di antaranya merupakan new customer atau pembeli yang belum pernah menggunakan mobil Subaru sebelumnya. Sementara itu 40 persen di lainnya merupakan loyalis, dan pernah memiliki Subaru.
“Kebanyakan yang pasti mereka (pembeli Subaru) mengerti mobil. Saya tidak bilang petrolhead, tapi car enthusiast,” ucap Arie.
Bicara soal konsumen, Arie mengungkapkan hingga saat ini mayoritas pengguna Subaru berdomisili di kawasan Jakarta. Lokasi kedua terbanyak ternyata bukan di Jawa, namun Batam.
“Unik (konsumen Batam). Orang lebih menghargai Subaru karena mereka melihat ini mobil gaya JDM, CBU dari Jepang,” kata dia.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
03 Juni 2024, 18:51 WIB
29 Mei 2024, 12:00 WIB
15 Mei 2023, 07:00 WIB
06 April 2023, 08:00 WIB
04 April 2023, 18:03 WIB
Terkini
22 November 2024, 18:00 WIB
Suzuki Jimny 5 Pintu White Rhino Edition akhirnya meluncur di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW 2024)
22 November 2024, 17:00 WIB
Mobil listrik Aletra L8 hadir di pameran GJAW 2024 mengisi segmen MPV, jadi salah satu pesaing baru BYD M6
22 November 2024, 16:16 WIB
BAIC BJ40 Plus dengan aksesoris lengkap hadir meramaikan ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW 2024)
22 November 2024, 15:37 WIB
Hadir perdana di pameran GJAW 2024, ini tampilan dua mobil listrik Zeekr yang bakal dipasarkan di RI
22 November 2024, 13:00 WIB
PPN 12 persen akan berlaku 2025, Honda Bali optimis bisa pertahankan penjualan berdasarkan 2 hal berikut
22 November 2024, 11:52 WIB
GJAW 2024 berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan mulai 22 November-1 Desember 2024, diramaikan 80 peserta
22 November 2024, 11:00 WIB
HMID mengaku akan meluncurkan mobil listrik baru di Desember 2024, kemungkinan adalah Hyundai Kona N Line
22 November 2024, 10:00 WIB
Ganjil genap Puncak 22 November 2024 kembali diterapkan untuk mengatasi kepadatan di kawasan tersebut