Merek Mobil Jepang Dinilai Perlu Kejar Inovasi Mobil Listrik di RI
24 September 2025, 17:00 WIB
Perluas jangkauan pasar, BYD mulai bangun diler di kota besar luar Jakarta meskipun adopsinya masih lambat
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah memperluas jaringan dilernya di seluruh Indonesia guna menjangkau lebih banyak konsumen. Sepanjang tahun ini targetnya adalah 80 outlet dan sudah terealisasi di 44 lokasi.
Meskipun adopsi mobil listrik di daerah luar pulau Jawa masih lambat, pihak BYD ungkap strategi untuk mendekati konsumen potensial adalah dengan mendirikan diler terlebih dulu.
Salah satunya adalah di Lampung yang dinilai punya peluang besar, karena lokasinya cukup dekat dari Jakarta dan akses maupun sarana transportasinya sudah berkembang.
“Soal pengembangan dan perluasan jaringan EV (Electric Vehicle) itu seperti chicken and egg. Kalau menunggu infrastruktur dan tidak ada showroom, market-nya tidak ada,” kata Luther Panjaitan, Head of Government and Public Relations PT BYD Motor Indonesia di Jakarta belum lama ini.
Menurut dia, keberadaan showroom atau diler merupakan salah satu daya tarik konsumen untuk membeli mobil listrik.
Adanya diler dan bengkel resmi membuat konsumen semakin yakin dalam menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai. Harapannya ini dapat mempercepat implementasi EV khususnya di daerah luar Jakarta.
“BYD jadi pionir pengembangan ekosistem EV tidak hanya di Jabodetabek, khususnya di kota besar dulu yang adopsi EV-nya masih bisa diterima. Paling tidak, bisa lihat dulu kita punya keseriusan dari sisi pengembangan,” tegas Luther.
Rangkaian diler juga didirikan dengan memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan konsumen. Misalnya cabang BYD Harmony sudah berstatus 3S (Sales, Service dan Sparepart).
Sehingga konsumen tidak perlu khawatir apabila kendaraannya mengalami kendala, karena bisa ditangani oleh teknisi di tempat.
Kemudian tidak lupa mempertimbangkan kenyamanan pelanggan saat menunggu kendaraannya diservis.
“Standar semua showroom BYD sama, kesannya (sama) lebih di layouting. Ada yang (dibangun) dari nol, juga yang heavy renovation,” kata Luther.
Sebagai informasi, BYD menjual lima model andalan di dalam negeri yakni Dolphin, Atto 3, Seal, M6 dan Sealion 7.
Sealion 7 sendiri debut di perhelatan IIMS 2025, menjadi opsi SUV (Sport Utility Vehicle) dari Seal. Konsumen pun disuguhkan semakin banyak pilihan kendaraan ramah lingkungan dari BYD.
Jika tertarik meminang MPV mewah, sub merek BYD, Denza juga sudah masuk tanah air dan punya diler sendiri. Baru ada satu model ditawarkan yaitu D9
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
24 September 2025, 17:00 WIB
24 September 2025, 13:00 WIB
23 September 2025, 16:10 WIB
23 September 2025, 11:00 WIB
22 September 2025, 19:49 WIB
Terkini
25 September 2025, 16:44 WIB
Motor Ducati Diavel V4 RS menjadi motor produksi tercepat yang pernah dibuat oleh pabrikan Borgo Panigale
25 September 2025, 15:14 WIB
Angka penjualan Daihatsu secara retail tembus 11 ribu unit di Agustus 2025, terdapat kenaikan di dua model
25 September 2025, 14:00 WIB
TVS memberikan promo menarik selama pameran otomotif IMOS 2025 untuk menggoda para pengunjung pameran
25 September 2025, 13:00 WIB
Dengan hadirnya beragam motor-motor baru, Wamenperin ingin IMOS 2025 menjadi acuan negara-negara lain
25 September 2025, 12:00 WIB
Toyota investasi Rp 100 triliun ke Indonesia dan menjadikannya sebagai pusat produksi untuk beberapa model
25 September 2025, 11:00 WIB
Alva menyiapkan subsidi mandiri buat konsumen yang membeli motor listrik mereka selama pameran IMOS 2025
25 September 2025, 10:00 WIB
Hyundai Venue mencatatkan penjualan yang kurang baik di Indonesia dan harga kurang kompetitif dari rivalnya
25 September 2025, 09:00 WIB
Lepas menjadi salah satu partner resmi Miss Universe Indonesia 2025, perkenalkan Lepas L8 ke masyarakat