Nama BYD M9 Terdaftar di Indonesia, Varian Ekonomis Denza D9
13 Agustus 2025, 15:00 WIB
Perluas jangkauan pasar, BYD mulai bangun diler di kota besar luar Jakarta meskipun adopsinya masih lambat
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah memperluas jaringan dilernya di seluruh Indonesia guna menjangkau lebih banyak konsumen. Sepanjang tahun ini targetnya adalah 80 outlet dan sudah terealisasi di 44 lokasi.
Meskipun adopsi mobil listrik di daerah luar pulau Jawa masih lambat, pihak BYD ungkap strategi untuk mendekati konsumen potensial adalah dengan mendirikan diler terlebih dulu.
Salah satunya adalah di Lampung yang dinilai punya peluang besar, karena lokasinya cukup dekat dari Jakarta dan akses maupun sarana transportasinya sudah berkembang.
“Soal pengembangan dan perluasan jaringan EV (Electric Vehicle) itu seperti chicken and egg. Kalau menunggu infrastruktur dan tidak ada showroom, market-nya tidak ada,” kata Luther Panjaitan, Head of Government and Public Relations PT BYD Motor Indonesia di Jakarta belum lama ini.
Menurut dia, keberadaan showroom atau diler merupakan salah satu daya tarik konsumen untuk membeli mobil listrik.
Adanya diler dan bengkel resmi membuat konsumen semakin yakin dalam menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai. Harapannya ini dapat mempercepat implementasi EV khususnya di daerah luar Jakarta.
“BYD jadi pionir pengembangan ekosistem EV tidak hanya di Jabodetabek, khususnya di kota besar dulu yang adopsi EV-nya masih bisa diterima. Paling tidak, bisa lihat dulu kita punya keseriusan dari sisi pengembangan,” tegas Luther.
Rangkaian diler juga didirikan dengan memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan konsumen. Misalnya cabang BYD Harmony sudah berstatus 3S (Sales, Service dan Sparepart).
Sehingga konsumen tidak perlu khawatir apabila kendaraannya mengalami kendala, karena bisa ditangani oleh teknisi di tempat.
Kemudian tidak lupa mempertimbangkan kenyamanan pelanggan saat menunggu kendaraannya diservis.
“Standar semua showroom BYD sama, kesannya (sama) lebih di layouting. Ada yang (dibangun) dari nol, juga yang heavy renovation,” kata Luther.
Sebagai informasi, BYD menjual lima model andalan di dalam negeri yakni Dolphin, Atto 3, Seal, M6 dan Sealion 7.
Sealion 7 sendiri debut di perhelatan IIMS 2025, menjadi opsi SUV (Sport Utility Vehicle) dari Seal. Konsumen pun disuguhkan semakin banyak pilihan kendaraan ramah lingkungan dari BYD.
Jika tertarik meminang MPV mewah, sub merek BYD, Denza juga sudah masuk tanah air dan punya diler sendiri. Baru ada satu model ditawarkan yaitu D9
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 Agustus 2025, 15:00 WIB
13 Agustus 2025, 13:00 WIB
12 Agustus 2025, 22:00 WIB
12 Agustus 2025, 16:00 WIB
11 Agustus 2025, 22:30 WIB
Terkini
13 Agustus 2025, 22:00 WIB
Angka pemesanan Hyundai di GIIAS 2025 tembus 3.017 unit, turun sekitar 16,3 persen dari capaian GIIAS 2024
13 Agustus 2025, 21:00 WIB
Pemerintah berniat memberantas keberadaan truk ODOL di Indonesia karena dinilai merugikan banyak pihak
13 Agustus 2025, 20:00 WIB
Perang harga yang berlangsung sengit di Indonesia dapat berimbas pada PHK, Suzuki jelaskan alasannya
13 Agustus 2025, 19:00 WIB
Daihatsu Rocky hybrid dipercaya bisa diterima masyarakat Jawa Barat berkat beragam keunggulan yang ada
13 Agustus 2025, 18:01 WIB
Render Mitsubishi Triton menggunakan tampang Destinator
13 Agustus 2025, 17:00 WIB
Sudewo, Bupati Pati yang menggunakan mobil rantis sempat ditumpuki oleh para pendemo di depan kantornya
13 Agustus 2025, 16:00 WIB
Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan hasil positif di Juli 2025 dengan menguasai 60 persen pasar Light Duty Truck
13 Agustus 2025, 15:00 WIB
BYD M9 merupakan MPV hybrid terbaru dari manufaktur asal Tiongkok ini, tempati segmen di bawah Denza D9