Bocoran Spesifikasi Aion UT yang Segera Diluncurkan
26 Juni 2025, 12:00 WIB
Perluas jangkauan pasar, BYD mulai bangun diler di kota besar luar Jakarta meskipun adopsinya masih lambat
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah memperluas jaringan dilernya di seluruh Indonesia guna menjangkau lebih banyak konsumen. Sepanjang tahun ini targetnya adalah 80 outlet dan sudah terealisasi di 44 lokasi.
Meskipun adopsi mobil listrik di daerah luar pulau Jawa masih lambat, pihak BYD ungkap strategi untuk mendekati konsumen potensial adalah dengan mendirikan diler terlebih dulu.
Salah satunya adalah di Lampung yang dinilai punya peluang besar, karena lokasinya cukup dekat dari Jakarta dan akses maupun sarana transportasinya sudah berkembang.
“Soal pengembangan dan perluasan jaringan EV (Electric Vehicle) itu seperti chicken and egg. Kalau menunggu infrastruktur dan tidak ada showroom, market-nya tidak ada,” kata Luther Panjaitan, Head of Government and Public Relations PT BYD Motor Indonesia di Jakarta belum lama ini.
Menurut dia, keberadaan showroom atau diler merupakan salah satu daya tarik konsumen untuk membeli mobil listrik.
Adanya diler dan bengkel resmi membuat konsumen semakin yakin dalam menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai. Harapannya ini dapat mempercepat implementasi EV khususnya di daerah luar Jakarta.
“BYD jadi pionir pengembangan ekosistem EV tidak hanya di Jabodetabek, khususnya di kota besar dulu yang adopsi EV-nya masih bisa diterima. Paling tidak, bisa lihat dulu kita punya keseriusan dari sisi pengembangan,” tegas Luther.
Rangkaian diler juga didirikan dengan memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan konsumen. Misalnya cabang BYD Harmony sudah berstatus 3S (Sales, Service dan Sparepart).
Sehingga konsumen tidak perlu khawatir apabila kendaraannya mengalami kendala, karena bisa ditangani oleh teknisi di tempat.
Kemudian tidak lupa mempertimbangkan kenyamanan pelanggan saat menunggu kendaraannya diservis.
“Standar semua showroom BYD sama, kesannya (sama) lebih di layouting. Ada yang (dibangun) dari nol, juga yang heavy renovation,” kata Luther.
Sebagai informasi, BYD menjual lima model andalan di dalam negeri yakni Dolphin, Atto 3, Seal, M6 dan Sealion 7.
Sealion 7 sendiri debut di perhelatan IIMS 2025, menjadi opsi SUV (Sport Utility Vehicle) dari Seal. Konsumen pun disuguhkan semakin banyak pilihan kendaraan ramah lingkungan dari BYD.
Jika tertarik meminang MPV mewah, sub merek BYD, Denza juga sudah masuk tanah air dan punya diler sendiri. Baru ada satu model ditawarkan yaitu D9
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 Juni 2025, 12:00 WIB
26 Juni 2025, 11:42 WIB
25 Juni 2025, 20:00 WIB
25 Juni 2025, 14:00 WIB
25 Juni 2025, 12:30 WIB
Terkini
26 Juni 2025, 14:00 WIB
Biaya operasional EHang 216-S diklaim lebih terjangkau ketimbang helikopter meski waktu tempuhnya sama
26 Juni 2025, 13:00 WIB
Daftarkan model kei car generasi ketujuh yakni Daihatsu Move, berpeluang untuk hadir di ajang GIIAS 2025
26 Juni 2025, 12:00 WIB
Spesifikasi Aion UT mulai dibocorkan oleh para tenaga penjual yang sudah menawarkan unit meski belum diluncurkan
26 Juni 2025, 11:42 WIB
GWM Ora 03 akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia, mobil listrik ini dijual dengan harga Rp 379 jutaan
26 Juni 2025, 11:00 WIB
Untuk tetap memiliki performa optimal, kaca film harus mendapatkan perawatan sederhana dan awet masa pakainya
26 Juni 2025, 10:00 WIB
Menanggapi kasus Chery Tiggo 8 CSH mogok di sela acara test drive media, PT CSI memberikan penjelasan
26 Juni 2025, 09:00 WIB
Pemerintah provinsi Bali gandeng Korea Selatan mengembangan industri kendaraan listrik untuk pariwisata
26 Juni 2025, 08:00 WIB
Bila Anda ingin membeli Hyundai Palisade Hybrid harus bersabar, karena mobil ini mendapat respon cukup baik