Toyota Siap Kawal Pemudik Dengan Membuka Posko dan Bengkel Siaga
25 Maret 2025, 15:42 WIB
Mobil hasil modifikasi bisa tetap ditanggung asuransi apabila terjadi kerusakan, tetapi ada syaratnya
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Menjelang akhir Maret 2025, banyak orang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi buat berkendara khususnya mobil.
Beberapa orang biasanya memberikan ubahan pada mobil. Misalnya di sektor penerangan, mengganti lampu jadi lebih terang atau menambahkan roof rack pada atap mobil buat mengakomodir muatan.
Mengingat kendala di perjalanan bisa terjadi di luar dugaan, penting bagi pemilik untuk mengasuransikan kendaraannya.
Perlu diketahui, pihak asuransi bisa tetap menanggung kerusakan mobil yang sudah dimodifikasi. Tetapi ada syarat harus dipenuhi oleh pelanggan.
“Perubahan, penambahan aksesoris maupun perubahan penggunaan (dari perorangan jadi rental) itu harus diinformasikan,” kata Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm and Event Asuransi Astra saat ditemui di Jakarta, Senin (24/03).
Hal ini dilakukan demi memastikan ubahan pada mobil dilakukan dengan baik serta masih sesuai fungsi dan kebutuhan pemilik.
Jadi apabila kerusakan akibat modifikasi dilakukan tanpa melapor ke pihak asuransi, maka kerugiannya ditanggung sendiri oleh sang pemilik.
Nantinya perwakilan asuransi juga akan melakukan survey pada kendaraan yang bakal diubah. Sehingga kerusakan bisa ter-cover dari asuransi.
“Karena kita ingin lihat ini benar atau tidak pemasangannya. Misalnya kalau dipasang roof rack, beli di mana dan harganya berapa,” kata dia.
Dia menegaskan apabila konsumen berkomunikasi dan melaporkan ke pihak asuransi apabila ada ubahan pada kendaraan, maka kerugian dan kendala dapat ditanggung biayanya.
“Makanya diinformasikan, jangan sampai tidak, sebelum nanti mudik,” kata Iwan.
Berkaca dari mudik lebaran tahun lalu, Iwan mengungkapkan biasanya banyak pelanggan melakukan klaim asuransi baret akibat terserempet sampai tabrakan.
“Biasanya pasca mudik, seminggu setelah itu konsumen mulai ke tempat kami untuk klaim. Memang trennya setelah musim liburan biasanya ada kenaikan (klaim asuransi),” kata dia.
Kemudian ada beberapa layanan dari Astra yang kerap dipakai pemudik saat perjalanan. Misalnya bantuan towing dan penggantian ban bocor di tengah jalan.
“Ganti ban tidak bisa, ya sudah panggil kita. Nanti dibantu ganti,” tegas Iwan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
25 Maret 2025, 15:42 WIB
25 Maret 2025, 15:30 WIB
25 Maret 2025, 09:00 WIB
24 Maret 2025, 23:39 WIB
23 Maret 2025, 21:00 WIB
Terkini
25 Maret 2025, 15:42 WIB
Layanan Siaga Toyota kembali digelar untuk mengawal para pemudik agar kondisi kendaraan tetap optimal
25 Maret 2025, 15:30 WIB
Cartens Audio siapkan paket modifikasi audio mobil listrik Denza D9, praktis dan tidak mengganggu garansi
25 Maret 2025, 14:53 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menghadirkan program penghapusan denda serta tunggakan pajak kendaraan
25 Maret 2025, 13:00 WIB
PLN telah menghadirkan ribuan lokasi SPKLU untuk dimanfaatkan masyarakat selama masa mudik Lebaran 2025
25 Maret 2025, 12:12 WIB
Wuling menyebutkan Wholesales mereka alami peningkatan pada Februari 2025 dan market share naik 1 persen
25 Maret 2025, 11:00 WIB
Body and Paint Training Center BMW pertama di Asia Tenggara resmi dibuka di BMW Ultima, Tangerang Selatan
25 Maret 2025, 10:10 WIB
Mobil listrik Seres E3 segera mengaspal di Indonesia, diklaim bakal menjadi penantang Atto 3 dan Omoda E5
25 Maret 2025, 09:00 WIB
Daihatsu akui ada tantangan dalam melakukan recall Ayla dan Rocky sehingga prosesnya masih berjalan lambat