Perbedaan Piaggio dan Vespa yang Belum Banyak Diketahui

Perbedaan Piaggio dan Vespa yang hingga kini masih belum diketahui banyak orang di Indonesia khususnya

Perbedaan Piaggio dan Vespa yang Belum Banyak Diketahui
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 30 November 2021 | 17:31 WIB

TRENOTO – Banyak anggapan bahwa Piaggio dan Vespa adalah brand yang sama padahal keduanya berbeda. Piaggio adalah sebuah merek sepeda motor, demikian juga Vespa. Keduanya berada di bawah group besar bernama Piaggio Group dan menaungi beberapa brand lain seperti Moto Guzzi dan Aprillia.

Perbedaan Piaggio dan Vespa secara umum adalah desain Vespa terlihat masih mempertahankan DNA sejak 1970-an. Bahkan Vespa masih mempertahankan body monokok dan telah menjadi ciri khasnya selama ini.

Konsep tersebut berbeda dengan Piaggio, karena mereka hadir guna memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat urban. Desainnya dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pengendara melakukan manuver dan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Photo : Vespa

Selain itu, Piaggio memiliki pelek berukuran lebih besar ketimbang Vespa. Untuk seri Medley, Piaggio menggunakan pelek berukuran 14 dan 16 inci pada seri Medley. Sementara untuk seri Liberty, pelek yang digunakan berukuran 14 dan 15 inci.

Ukuran pelek Vespa lebih kecil karena hanya memiliki ukuran antara 10, 11 dan 12 inci. Ukuran kecil ini memang menjadi salah satu ciri khas Vespa tapi menyebabkan motor menjadi terasa kurang lincah saat bermanuver.

Guna menunjang perfomanya di perkotaan, Piaggio juga telah menggunakan suspensi lengan ganda seperti yang sudah digunakan pada beragam sepeda motor modern. Hasilnya berhasil membuat sepeda motor menjadi terasa lebih lincah. Sementara untuk Vespa menggunakan suspensi lengan tunggal sehingga terasa lebih kaku bila dibandingkan sepeda motor lain.

Daftar Harga Vespa

Photo : Vespa

Harga dari Vespa di Indonesia sebenarnya gelap, khususnya untuk model klasik. Pasalnya sepeda motor ini sudah menjadi kendaraan hobi yang digemari oleh banyak orang dari beragam kalangan. Tidak heran bila banyak ditemukan Vespa tua dengan harga tinggi.

Namun bila merasa model tersebut terlalu tua, maka membeli model baru adalah sebuah solusi praktis. Terlebih saat ini Vespa Indonesia telah memiliki beragam pilihan yang dijual dengan harga cukup kompetitif.

Berikut adalah daftar harga Vespa di Indonesia

  • LX 125 I-Get : Rp38.7 juta
  • S 125 I-Get : Rp40.2 juta
  • Primavera 150 I-Get ABS : Rp46 juta
  • Primavera S 150 I-Get ABS : Rp48.5 juta
  • Primavera Picnic I-Get ABS : Rp50 juta
  • Primavera 75th Anniversary : Rp64 juta
  • Sprint : Rp49 juta
  • GTS Super 150 I-Get ABS : Rp63 juta
  • GTS Super Sport 150 I-Get ABS : Rp65.5 juta
  • GTS Super Tech 300 : 154.2 juta
  • GTS 75th Anniversary : Rp175 juta
  • SEI GIORNI II Edition : Rp156.2 juta
  • PT Piaggio Indonessia 10th Anniversary Sprint 150 I-Get : Rp60 juta

Terkini

otosport
Aprilia Diisukan Dekati Bastianini Buat Gantikan Jorge Martin

Aprilia Diisukan Dekati Bastianini Buat Gantikan Jorge Martin

Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin

mobil
MG 4 EV

MG 4 EV Resmi Diperkenalkan, Tampilannya Lebih Ramah

Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya

mobil
BYD Makin Gencar di Asia Tenggara, Produsen Jepang Wajib Waspada

BYD Makin Gencar di Asia Tenggara, Produsen Jepang Wajib Waspada

Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD

mobil
Harga Honda HR-V Hybrid Turun, Jaecoo Santai Andalkan Nama Chery

Jaecoo Masih Pede Saingi Honda Dalam Perang Harga Murah

Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang

mobil
Penjualan BYD Global

Penjualan BYD Group Juni 2025 Lampaui Wholesales Indonesia

Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025

motor
Peneliti Singgung Produsen EV Masih Ogah Tes Keamanan Baterai

Peneliti Singgung Produsen EV Masih Ogah Tes Keamanan Baterai

Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal

news
Aturan Tarif Sopir Logistik Disiapkan Demi Berantas Truk ODOL

Aturan Tarif Sopir Logistik Disiapkan Demi Berantas Truk ODOL

Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL

mobil
Bocoran Spesifikasi BYD Sealion 05 EV, Calon Rival Neta X di RI

Bocoran Spesifikasi BYD Sealion 05 EV, Calon Rival Neta X di RI

BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025