Daihatsu Belum Rasakan Dampak Kenaikan Suku Bunga BI
29 April 2024, 13:00 WIB
Penjualan Daihatsu November 2021 mencapai jumlah tertinggi sepanjang tahun dan dominasi masih dari model Sigra
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Industri otomotif di Tanah Air terus mengalami pemulihan. Sejalan dengan hal ini, penjualan mobil secara nasional hingga akhir tahun juga mengalami peningkatan.
Tercatat, hingga November 2021, total market nasional untuk penjualan retail (dari dealer ke konsumen) mencapai 761 ribu unit secara nasional. Sedangkan wholesales (pabrik ke dealer) berhasil menyentuh angka 790 ribu unit.
Pencapaian positif ini tak terlepas dari dukungan pemerintah melalui relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen yang berlangsung hingga Desember 2021.
Senada dengan peningkatan penjualan secara nasional, salah satu pabrikan otomotif yang mengalami peningkatan penjualan ialah brand dengan logo D. Penjualan Daihatsu November 2021 berhasil mencatatkan market share sebesar 17,5 persen untuk penjualan retail dan 18,9 persen khusus wholesales.
Secara total, penjualan unit hingga November 2021 yakni 132.950 unit untuk retail atau naik 46,4 persen. Sedangkan volume wholesales yakni 149.113 unit atau naik 77 persen dibandingkan periode yang sama 2020 lalu.
“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu terus mengalami peningkatan dan sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) melalui siara resminya.
Khusus penjualan bulanan, Daihatsu juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada November 2021 penjualan yang berhasil diraih yakni 14.861 unit. Angka ini merupakan penjualan bulanan tertinggi sepanjang 2021.
Terkait model andalan, terdapat tiga teratas yakni Sigra dengan angka 3.827 unit atau berkontribusi 25,8 persen, disusul Gran Max pick up 3.590 unit atau setara dengan 24,2 persen, dan Ayla 1.917 unit atau berkontribusi 12,9 persen.
Selain itu, Daihatsu juga telah meluncurkan all new Xenia pada (11/10/2021). Mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, penjualan mobil di segmen Low MPV ini berada di angka 1.555 unit, atau naik 199 persen dibandingkan rata-rata penjualan bulan sebelumnya. Meski demikian, penjualan tersebut masih gabungan dengan model sebelumnya.
“Semoga capaian positif ini bisa terus berlangsung, dan capaian pasar otomotif nasional dapat terus meningkat, serta lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
29 April 2024, 13:00 WIB
29 April 2024, 11:00 WIB
28 April 2024, 18:00 WIB
18 April 2024, 20:00 WIB
12 April 2024, 14:00 WIB
Terkini
01 Mei 2024, 15:00 WIB
FIF dapat pinjaman sebesar 60 juta dolar untuk memperluas bisnis berkelanjutan agar kuat di masa depan
01 Mei 2024, 13:20 WIB
Sejumlah armada mulai diganti Toyota Transmover terbaru, belum jelas bagaimana nasib Mobilio di Bluebird
01 Mei 2024, 12:00 WIB
DFSK dan Seres pamerkan dua mobil listrik andalannya di ajang PEVS 2024 dan 1 unit modifikasi Campervan
01 Mei 2024, 11:00 WIB
Toyota Eco Youth ke 13 digelar dengan fokus dekarbonisasi yang belakangan ini menjadi perhatian banyak pihak
01 Mei 2024, 10:00 WIB
Meski diklaim punya banyak keunggulan, potensi mobil hidrogen di Indonesia masih kecil karena beberapa alasan
01 Mei 2024, 09:00 WIB
Pada Rabu (1/5) atau hari buruh nasional, harga BBM Pertamina non subsidi tetap bertahan tidak alami kenaikan
01 Mei 2024, 08:19 WIB
Warna baru Volta Mandala, yakni Brilliant Yellow serta Brilliant White dijual terbatas dalam ajang PEVS 2024
01 Mei 2024, 07:00 WIB
Banyaknya permintaan modifikasi Wuling Air ev di Tanah Air dijawab Tomi Airbrush melalui dua konsep menarik