Kata Daihatsu soal Rencana Kenaikan PPN 12 Persen Tahun Depan
19 November 2024, 11:30 WIB
Penjualan Daihatsu November 2021 mencapai jumlah tertinggi sepanjang tahun dan dominasi masih dari model Sigra
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Industri otomotif di Tanah Air terus mengalami pemulihan. Sejalan dengan hal ini, penjualan mobil secara nasional hingga akhir tahun juga mengalami peningkatan.
Tercatat, hingga November 2021, total market nasional untuk penjualan retail (dari dealer ke konsumen) mencapai 761 ribu unit secara nasional. Sedangkan wholesales (pabrik ke dealer) berhasil menyentuh angka 790 ribu unit.
Pencapaian positif ini tak terlepas dari dukungan pemerintah melalui relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen yang berlangsung hingga Desember 2021.
Senada dengan peningkatan penjualan secara nasional, salah satu pabrikan otomotif yang mengalami peningkatan penjualan ialah brand dengan logo D. Penjualan Daihatsu November 2021 berhasil mencatatkan market share sebesar 17,5 persen untuk penjualan retail dan 18,9 persen khusus wholesales.
Secara total, penjualan unit hingga November 2021 yakni 132.950 unit untuk retail atau naik 46,4 persen. Sedangkan volume wholesales yakni 149.113 unit atau naik 77 persen dibandingkan periode yang sama 2020 lalu.
“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu terus mengalami peningkatan dan sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) melalui siara resminya.
Khusus penjualan bulanan, Daihatsu juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada November 2021 penjualan yang berhasil diraih yakni 14.861 unit. Angka ini merupakan penjualan bulanan tertinggi sepanjang 2021.
Terkait model andalan, terdapat tiga teratas yakni Sigra dengan angka 3.827 unit atau berkontribusi 25,8 persen, disusul Gran Max pick up 3.590 unit atau setara dengan 24,2 persen, dan Ayla 1.917 unit atau berkontribusi 12,9 persen.
Selain itu, Daihatsu juga telah meluncurkan all new Xenia pada (11/10/2021). Mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, penjualan mobil di segmen Low MPV ini berada di angka 1.555 unit, atau naik 199 persen dibandingkan rata-rata penjualan bulan sebelumnya. Meski demikian, penjualan tersebut masih gabungan dengan model sebelumnya.
“Semoga capaian positif ini bisa terus berlangsung, dan capaian pasar otomotif nasional dapat terus meningkat, serta lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
19 November 2024, 11:30 WIB
16 November 2024, 13:00 WIB
14 November 2024, 16:15 WIB
11 November 2024, 09:00 WIB
09 November 2024, 19:00 WIB
Terkini
22 November 2024, 23:00 WIB
Mazda tawarkan promo menarik di GJAW 2024 termasuk bunga 0 persen untuk seluruh model yang mereka miliki
22 November 2024, 22:00 WIB
Isi lini MPV listrik premium di RI, Maxus merilis dua model baru dengan harga mulai dari Rp 788 jutaan
22 November 2024, 21:00 WIB
Toyota berkolaborasi dengan Pertamaina dan Trac buat melakukan uji coba bahan bakar jenis bioetanol E10
22 November 2024, 20:00 WIB
Mitsubishi XForce Ultimate DS resmi meluncur dalam pameran GJAW 2024 dengan dilengkapi fitur kekinian
22 November 2024, 19:00 WIB
Calon rival baru Chery Omoda E5, Kia EV3 diperkenalkan kepada pengunjung lewat pameran otomotif GJAW 2024
22 November 2024, 19:00 WIB
Aion V tampil di GJAW 2024 dengan menawarkan beragam keunggulan termasuk banderol yang menarik yaitu Rp 499 juta
22 November 2024, 18:00 WIB
Suzuki Jimny 5 Pintu White Rhino Edition akhirnya meluncur di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW 2024)
22 November 2024, 17:00 WIB
Mobil listrik Aletra L8 hadir di pameran GJAW 2024 mengisi segmen MPV, jadi salah satu pesaing baru BYD M6