Kata Gaikindo soal Mobil Nasional RI: Tergantung Pemerintah
14 Agustus 2025, 12:00 WIB
Dari data Gaikindo, penjualan Daihatsu Januari sampai April secara retail sales ada di atas 60 ribu unit
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – ADM (Astra Daihatsu Motor) sukses mencatatkan hasil cukup baik pada awal 2024. Sebab penjualan mereka mampu menembus angka 60 ribu unit secara retail sales.
Menurut data dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) penjualan Daihatsu sepanjang Januari sampai April 2024 mencapai 61.566 kendaraan roda empat.
Tentu jumlah tersebut cukup besar bagi jenama asal Jepang. Apalagi mampu berkontribusi terhadap Market Share otomotif nasional dengan angka 21,3 persen.
Di sisi lain penjualan Daihatsu secara Wholesales atau pengiriman mobil dari pabrik ke diler mencapai 55.484 unit dalam periode yang sama.
Membuat mereka mampu berkontribusi pada pasar otomotif Tanah Air sebesar 21 persen. Angka itu merupakan hasil yang cukup manis guna mengawali kuartal II 2024.
Dari jumlah di atas, secara volume dan kontribusi model penjualan Daihatsu masih tetap didominasi oleh sejumlah produk unggulan jenama asal Jepang.
Seperti contoh Daihatsu Sigra berada di urutan pertama dengan 20.299 unit. Model satu ini diklaim berkontribusi sebesar 33 persen.
Lalu di posisi kedua ada Daihatsu Gran Max pikap menopang penjualan mereka. sebab mampu berkontribusi 14.214 unit atau sekitar 23,1 persen.
Terakhir disokong oleh Daihatsu Terios, mobil satu ini berhasil mendapatkan raihan 7.881 kendaraan. Berkontribusi dalam penjualan mereka sampai 12,8 persen.
Melihat fakta di atas, Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation mengaku bersyukur.
“Daihatsu dapat mengawali Kuartal II tahun 2024 dengan penjualan yang baik sejalan dengan menghadirkan beragam penawaran maupun layanan terbaik kepada konsumen,” ujar Tri dalam keterangan resminya.
Tri Mulyono berharap pasar otomotif nasional bisa cepat membaik. Sehingga mereka dapat mendulang hasil seperti di awal tahun.
“Semoga pasar otomotif di 2024 dapat tetap bertumbuh,” Tri menegaskan.
Apalagi produsen otomotif satu ini telah menyiapkan beragam kemudahan dalam kepemilikan mobil baru Daihatsu. Sebut saja seperti program tukar tambah kendaraan bekas.
Kemudian masih ada beragam layanan purnajual untuk kemudahan perawatan. Sehingga konsumen bisa merasa nyaman dan aman ketika memakai produk mereka.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
14 Agustus 2025, 12:00 WIB
13 Agustus 2025, 11:00 WIB
13 Agustus 2025, 08:00 WIB
12 Agustus 2025, 19:00 WIB
12 Agustus 2025, 18:00 WIB
Terkini
14 Agustus 2025, 14:00 WIB
ASEAN NCAP memberi tanggapan terkait beredarnya video yang memperlihatkan bahwa mobil listrik penuh radiasi
14 Agustus 2025, 13:00 WIB
Wuling Almaz Darion mulai terdaftar di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni EV serta PHEV
14 Agustus 2025, 12:00 WIB
Mobil nasional bantu penjualan kendaraan roda empat di Malaysia, Indonesia berpeluang lakukan hal serupa
14 Agustus 2025, 11:00 WIB
Jika perang harga mobil listrik dilakukan dalam waktu yang lama berpotensi bakal merugikan para konsumen
14 Agustus 2025, 10:00 WIB
BYD dan Denza menguasai 53 persen pasar mobil listrik di awal 2025 dengan penjualan mencapai 22.600 unit
14 Agustus 2025, 09:00 WIB
Meski diakui cukup dominan, BYD belum mau umumkan data pemesanan Atto 1 yang baru diluncurkan di GIIAS 2025
14 Agustus 2025, 08:00 WIB
Suzuki eVitara direncanakan meluncur tahun depan, bakal masuk Indonesia dengan status CBU terlebih dulu
14 Agustus 2025, 07:00 WIB
Honda EM1 e: didiskon Rp 17 jutaan untuk pembelian peridoe 6 hingga 31 Agustus 2025 untuk sambut hari kemerdekaan