Daihatsu Bertekad Pertahankan Posisi Merek Terlaris Nomor Dua
15 Oktober 2025, 10:00 WIB
Berbagai inovasi dikembangkan membuat pabrik Daihatsu di Kyoto, Jepang, semakin efisien dan ramah lingkungan
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Pabrik Daihatsu di Jepang secara total berjumlah lima unit dan berada di empat lokasi berbeda. KatadataOTO berkesempatan untuk menyambangi salah satunya di Kyoto Oyamazaki Plant pada 27 Oktober 2025.
Berdiri di atas lahan seluas 16 hektar, kapasitas produksi kendaraan mencapai 230 ribu pertahun.
Adapun pabrik tersebut menyumbang sekitar 24 persen dari total kapasitas produksi Daihatsu di Jepang.
“Ada dua model utama yang diproduksi pabrik Kyoto untuk brand Daihatsu dan Toyota Group. Model kolaborasi Daihatsu Thor (Toyota Roomy dan Subaru Justy) juga Toyota Probox, kendaraan komersial untuk pasar Toyota Motor Corporation (TMC),” kata Fukusihima, Manajer Pabrik Daihatsu Kyoto Oyamazaki Plant kepada awak media.
Beroperasi sejak 1973, pabrik satu ini telah memproduksi mobil lebih dari 6.8 juta unit selama 50 tahun. Pada 2022 fasilitasnya mendapat peremajaan sehingga lebih ramah lingkungan.
Selain untuk meningkatkan daya saing, peningkatan juga berguna untuk menambah produktivitas. Kemudian juga semakin nyaman bagi karyawan.
Mundur ke belakang pabrik tersebut pernah memproduksi Daihatsu Midget. Di Indonesia model itu lebih dikenal dengan sebutan Bemo dan melegenda.
Menerapkan konsep SSC (Simple, Slim dan Compact) Kyoto Oyamazaki Plant memiliki sistem produksi ciamik.
Selain fleksibilitas tinggi, operasional lebih efisien, ringkas dan dapat disesuaikan kebutuhan para pelanggan.
Mengandalkan hardware dan bisa disesuaikan seiring perkembangan zaman, komunikasi antar karyawan juga semakin baik.
Walhasil mampu meminimalisir cacat produksi. Salah satu contoh dengan adanya tablet di setiap pos pemasangan parts.
Lebih jauh pabrik Daihatsu di Kyoto, Jepang juga memiliki manajemen energi lebih baik. Seperti teknologi pengecatan yang memanfaatkan air conditioning reclining by dry booth.
Seluruh pengembangan dikatakan mampu menurunkan emisi karbon CO2 hingga 42 persen.
Optimalisasi pabrik tidak hanya untuk menghasilkan produk terbaik untuk konsumen. Namun mampu memberikan kenyamanan bagi para karyawan.
Lebih jauh Daihatsu Kyoto Oyamazaki Plant membuka fasilitas tur untuk publik setiap musim panas, tanpa dipungut biaya.
Langkah tersebut bermaksud memberikan program edukatif kepada masyarakat. Sekaligus memamerkan standar tinggi kualitas produk Daihatsu.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 Oktober 2025, 10:00 WIB
14 Oktober 2025, 18:00 WIB
10 Oktober 2025, 15:00 WIB
09 Oktober 2025, 18:00 WIB
29 September 2025, 11:00 WIB
Terkini
27 Oktober 2025, 20:55 WIB
Pasar otomotif Indonesia bisa dianggap tidak seksi lagi oleh investor karena penjualan merosot terus
27 Oktober 2025, 19:04 WIB
Kawasaki KLE500 hadir kembali untuk menggoda para pencinta sepeda motor yang gemar kegiatan adventure
27 Oktober 2025, 15:15 WIB
Beberapa waktu sebelum diluncurkan dalam ajang Japan Mobility Show, kei car BYD tampil tanpa kamuflase
27 Oktober 2025, 14:51 WIB
Fast dan Swadata Harapan Nusantara berusaha memperkenalkan karakter baterai lithium pada forklift listrik
27 Oktober 2025, 13:00 WIB
Changan tak tertarik untuk menerapkan strategi perang harga ketika memasarkan Lumin EV dan Deepal S07
27 Oktober 2025, 12:00 WIB
Honda akan gunakan strategi lain seperti program potongan harga meskipun ketidakpastian insentif motor listrik
27 Oktober 2025, 11:00 WIB
Alex Marquez mengukuhkan diri sebagai runner up di papan klasemen sementara MotoGP 2025 setelah seri Malaysia
27 Oktober 2025, 10:00 WIB
Konsumen tidak perlu khawatir, Chery sebut produknya di Indonesia aman konsumsi bahan bakar campuran etanol