Mobil Listrik Jetour X20e Terdaftar, NJKB Mulai Rp 165 Juta
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Honda CR-V Hybrid dilengkapi beberapa fitur baru yang membantu pengemudi merasakan kenyamanan di jalan
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Honda CR-V Hybrid atau CR-V e:HEV merupakan kendaraan hybrid pertama Honda yang diluncurkan di Tanah Air. Dibanderol Rp800 jutaan ada beberapa fitur diklaim dapat menambah sensasi dan keamanan berkendara.
Mobil ini juga dilengkapi sejumlah fitur demi menambah keamanan berkendara dan juga memberikan sensasi berkendara mobil listrik atau BEV (Battery Electric Vehicle).
Misal huruf B pada transmisi di Honda CR-V Hybrid atau disebut B Range. Memakai simbol B, pilihan transmisi itu bermaksud untuk membantu pengemudi lebih mudah mengendalikan kendaraan di jalan menurun.
Hirofumi Hanafusa, Engineering Design Development Leader from Automobile Development Center, Automobile Operations Honda memaparkan tujuan utama B Range adalah memberikan rasa aman buat pengemudi dan terdiri dari dua skema.
“Ketika kita melalui jalan turunan kita pindahkan transmisi ke B Range, terasa nyaman karena mobil sudah deselerasi. Jadi lepas gas tanpa injak rem mobil sudah melambat,” ucap Hirofumi di Pahdi Specialty Coffee, Bali, Selasa (17/10).
Fungsi kedua adalah regenerative brake. Layaknya mobil listrik, tenaga dihasilkan dari pengereman mobil disalurkan kembali ke baterai dan membuat frekuensi pengisian jadi lebih cepat.
Mobil juga dilengkapi paddle shift pada sisi kiri dan kanan kemudi. Identik dengan EV (Electric Vehicle), tuas itu bisa dipakai pengemudi untuk mengatur tingkat kekuatan rem atau regenerative brake tanpa menginjak pedal rem.
“Jadi ada empat stage untuk mengatur kekuatan rem. Tetapi kalau (transmisi) dalam posisi D, setelah ngerem pengaturan itu akan ke-reset,” jelas Hirofumi.
Sehingga jika ingin memaksimalkan penggunaan paddle shift pengemudi disarankan untuk tetap memakai transmisi B.
Selain untuk jalan turunan tambahan B Range juga berguna buat berkendara di kondisi jalan perkotaan yang padat atau stop and go, karena kendaraan dibuat lebih mudah deselerasi.
“Ibaratnya seperti mengendarakan mobil manual. Kita bisa mengatur daya rem yang kita inginkan,” kata dia.
Sekadar informasi Honda CR-V e:HEV resmi meluncur di gelaran GIIAS 2023. Varian hybrid lebih banyak dipesan dari antara kedua trim tersedia.
Pengiriman dilakukan bulan ini dengan alokasi sekitar 500 unit per bulan, sehinggap diharapkan konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
02 Oktober 2025, 09:00 WIB
01 Oktober 2025, 17:00 WIB
01 Oktober 2025, 16:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi