MG 4 EV Resmi Diperkenalkan, Tampilannya Lebih Ramah
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Honda CR-V Hybrid dilengkapi beberapa fitur baru yang membantu pengemudi merasakan kenyamanan di jalan
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Honda CR-V Hybrid atau CR-V e:HEV merupakan kendaraan hybrid pertama Honda yang diluncurkan di Tanah Air. Dibanderol Rp800 jutaan ada beberapa fitur diklaim dapat menambah sensasi dan keamanan berkendara.
Mobil ini juga dilengkapi sejumlah fitur demi menambah keamanan berkendara dan juga memberikan sensasi berkendara mobil listrik atau BEV (Battery Electric Vehicle).
Misal huruf B pada transmisi di Honda CR-V Hybrid atau disebut B Range. Memakai simbol B, pilihan transmisi itu bermaksud untuk membantu pengemudi lebih mudah mengendalikan kendaraan di jalan menurun.
Hirofumi Hanafusa, Engineering Design Development Leader from Automobile Development Center, Automobile Operations Honda memaparkan tujuan utama B Range adalah memberikan rasa aman buat pengemudi dan terdiri dari dua skema.
“Ketika kita melalui jalan turunan kita pindahkan transmisi ke B Range, terasa nyaman karena mobil sudah deselerasi. Jadi lepas gas tanpa injak rem mobil sudah melambat,” ucap Hirofumi di Pahdi Specialty Coffee, Bali, Selasa (17/10).
Fungsi kedua adalah regenerative brake. Layaknya mobil listrik, tenaga dihasilkan dari pengereman mobil disalurkan kembali ke baterai dan membuat frekuensi pengisian jadi lebih cepat.
Mobil juga dilengkapi paddle shift pada sisi kiri dan kanan kemudi. Identik dengan EV (Electric Vehicle), tuas itu bisa dipakai pengemudi untuk mengatur tingkat kekuatan rem atau regenerative brake tanpa menginjak pedal rem.
“Jadi ada empat stage untuk mengatur kekuatan rem. Tetapi kalau (transmisi) dalam posisi D, setelah ngerem pengaturan itu akan ke-reset,” jelas Hirofumi.
Sehingga jika ingin memaksimalkan penggunaan paddle shift pengemudi disarankan untuk tetap memakai transmisi B.
Selain untuk jalan turunan tambahan B Range juga berguna buat berkendara di kondisi jalan perkotaan yang padat atau stop and go, karena kendaraan dibuat lebih mudah deselerasi.
“Ibaratnya seperti mengendarakan mobil manual. Kita bisa mengatur daya rem yang kita inginkan,” kata dia.
Sekadar informasi Honda CR-V e:HEV resmi meluncur di gelaran GIIAS 2023. Varian hybrid lebih banyak dipesan dari antara kedua trim tersedia.
Pengiriman dilakukan bulan ini dengan alokasi sekitar 500 unit per bulan, sehinggap diharapkan konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
03 Juli 2025, 21:00 WIB
03 Juli 2025, 20:00 WIB
03 Juli 2025, 09:00 WIB
02 Juli 2025, 22:00 WIB
02 Juli 2025, 14:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025