Pabrik CATL di Indonesia Mulai Beroperasi Maret 2026
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Honda CR-V Hybrid dilengkapi beberapa fitur baru yang membantu pengemudi merasakan kenyamanan di jalan
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Honda CR-V Hybrid atau CR-V e:HEV merupakan kendaraan hybrid pertama Honda yang diluncurkan di Tanah Air. Dibanderol Rp800 jutaan ada beberapa fitur diklaim dapat menambah sensasi dan keamanan berkendara.
Mobil ini juga dilengkapi sejumlah fitur demi menambah keamanan berkendara dan juga memberikan sensasi berkendara mobil listrik atau BEV (Battery Electric Vehicle).
Misal huruf B pada transmisi di Honda CR-V Hybrid atau disebut B Range. Memakai simbol B, pilihan transmisi itu bermaksud untuk membantu pengemudi lebih mudah mengendalikan kendaraan di jalan menurun.
Hirofumi Hanafusa, Engineering Design Development Leader from Automobile Development Center, Automobile Operations Honda memaparkan tujuan utama B Range adalah memberikan rasa aman buat pengemudi dan terdiri dari dua skema.
“Ketika kita melalui jalan turunan kita pindahkan transmisi ke B Range, terasa nyaman karena mobil sudah deselerasi. Jadi lepas gas tanpa injak rem mobil sudah melambat,” ucap Hirofumi di Pahdi Specialty Coffee, Bali, Selasa (17/10).
Fungsi kedua adalah regenerative brake. Layaknya mobil listrik, tenaga dihasilkan dari pengereman mobil disalurkan kembali ke baterai dan membuat frekuensi pengisian jadi lebih cepat.
Mobil juga dilengkapi paddle shift pada sisi kiri dan kanan kemudi. Identik dengan EV (Electric Vehicle), tuas itu bisa dipakai pengemudi untuk mengatur tingkat kekuatan rem atau regenerative brake tanpa menginjak pedal rem.
“Jadi ada empat stage untuk mengatur kekuatan rem. Tetapi kalau (transmisi) dalam posisi D, setelah ngerem pengaturan itu akan ke-reset,” jelas Hirofumi.
Sehingga jika ingin memaksimalkan penggunaan paddle shift pengemudi disarankan untuk tetap memakai transmisi B.
Selain untuk jalan turunan tambahan B Range juga berguna buat berkendara di kondisi jalan perkotaan yang padat atau stop and go, karena kendaraan dibuat lebih mudah deselerasi.
“Ibaratnya seperti mengendarakan mobil manual. Kita bisa mengatur daya rem yang kita inginkan,” kata dia.
Sekadar informasi Honda CR-V e:HEV resmi meluncur di gelaran GIIAS 2023. Varian hybrid lebih banyak dipesan dari antara kedua trim tersedia.
Pengiriman dilakukan bulan ini dengan alokasi sekitar 500 unit per bulan, sehinggap diharapkan konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 16:00 WIB
16 Mei 2025, 15:00 WIB
16 Mei 2025, 08:00 WIB
15 Mei 2025, 21:00 WIB
15 Mei 2025, 19:00 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Pabrik CATL di Indonesia diharapkan bisa beroperasi mulai Maret 2026 dengan konsumendari berbagai negara
16 Mei 2025, 15:00 WIB
Penjualan BYD lampaui Toyota di Singapura dengan selisih hingga ribuan unit pada periode Januari hingga April 2025
16 Mei 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar dan masyarakat diminta untuk mengatur ulang jadwal perjalanannya
16 Mei 2025, 13:00 WIB
Trackday jadi sarana aman memacu adrenalin di sirkuit balap, instruktur Ducati berikan sejumlah tips