MG 4 EV Resmi Diperkenalkan, Tampilannya Lebih Ramah
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Masalah ICCU (Integrated Charging Control Unit), Hyundai dan Kia tarik 170.000 unit mobil listrik di Korea
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Hyundai dan Kia tarik ribuan unit mobil listrik dipasarkan di Korea Selatan karena ada kendala sistem baterai. Model terpengaruh menggunakan platform e-GMP.
Rincian model yang akan ditarik kembali dari pasaran adalah Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, Genesis GV60, GV 70, G80 serta Kia EV6.
Secara detail total ada 169.932 unit. Disebutkan ada gangguan ICCU (Integrated Charging Control Unit). Sejauh ini recall hanya diberlakukan di negara asalnya.
Untuk diketahui ICCU berfungsi untuk mengatur tenaga mobil listrik dan mengendalikan baterai. Masalah pada ICCU bisa menyebabkan mobil berhenti beroperasi atau tidak dapat diisi daya sampai kapasitas penuh.
Di Korea Selatan bahkan sudah mulai banyak keluhan konsumen soal kendala atau ICCU tidak bekerja, viral di kalangan komunitas mobil.
Melansir dari BusinessKorea, Rabu (20/3) ini menjadi recall termasif Hyundai dan Kia. Apabila pabrik memutuskan untuk menarik mobil yang dipasarkan secara global, angka diprediksi tembus 500.000 unit.
Buat model terdampak kedua merek tersebut mengatakan bakal melakukan software update serta mengganti ICCU apabila ditemukan kode error pada kendaraan.
Di samping itu, NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) Amerika Serikat melakukan investigasi terhadap lini EV Hyundai di pasar AS sebagai respon keluhan pemilik Ioniq 5 yang mobilnya mati secara mendadak.
“Ditemukan bahwa power loss itu disebabkan oleh ICCU,” tulis NHTSA dalam sebuah laporan.
Total ada 30 keluhan serupa diterima oleh NHTSA. Pemilik juga melaporkan adanya bunyi tidak wajar dari kendaraan diikuti notifikasi pada layar instrumen di dasbor.
Sebagai informasi Hyundai sudah pasarkan dua unit mobil listrik di pasar Indonesia yakni Ioniq 5 dan Ioniq 6. Ioniq 5 dirakit lokal dan memperoleh insentif sementara saudaranya masih berstatus CBU (Completely Built Up) alias impor utuh dari Korea Selatan.
Satu model lagi yakni Kona EV generasi terbaru. Belum meluncur secara resmi tapi diperkenalkan di gelaran IIMS 2024, tenaga penjual juga sudah mulai membuka pemesanan.
Sementara Kia punya EV6 dan EV9. Meluncur di GIIAS 2023, Kia fokus menyasar segmen premium dengan banderol di kisaran Rp 1 miliar ke atas.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
03 Juli 2025, 21:00 WIB
03 Juli 2025, 20:00 WIB
03 Juli 2025, 09:00 WIB
02 Juli 2025, 22:00 WIB
02 Juli 2025, 14:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025