Saran KNKT Mengenai Sekolah Mengemudi Khusus Sopir Truk
11 September 2025, 09:00 WIB
Mencatatkan hasil positif pada tahun lalu, Hino targetkan penjualan 2023 jauh lebih tinggi di angka 38.500 unit
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Industri otomotif tengah mengalami pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di 2020. Seiring berjalannya waktu sejumlah pabrikan telah mencatatkan perbaikan penjualan.
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di 2022 menorehkan penjualan keseluruhan hingga 16.411 unit. Angka ini mengalami kenaikan hingga 26 persen dari 2021 di mana Hino menjual 9.242 unit.
Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer PT HMSI memaparkan bahwa pandemi sempat menjadi tantangan tersendiri di industri truk dan bus yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi. Daya beli konsumen juga sempat mengalami penurunan.
“Di 2022 sudah mulai meningkat dan boleh dibilang sudah hampir sama dengan 2019 sebelum pandemi,” ucap Santiko di Jakarta beberapa waktu lalu.
Untuk kategori light duty truck atau Dutro, Hino mencapai kenaikan market share 20.3 persen tahun lalu, naik dari angka 18.9 persen. Angka penjualannya sudah hampir kembali normal seperti kondisi pra pandemi.
Sedangkan di kelas truk pada 2020 penjualan sempat mengalami penurunan cukup drastis. Angkanya baru mengalami pemulihan saat memasuki 2021 – 2022.
“Di 2020 banyak pabrik-pabrik yang aktivitasnya menurun bisa kita lihat dari perkembangannya. Yang masih bergerak di tahun itu kebanyakan di kelas-kelas komoditi,” papar Santiko.
Namun terlepas dari gejolak pandemi Hino masih mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen truk selama 23 tahun. Pabrikan menutup 2022 dengan kenaikan penjualan hingga 78 persen dari 2021.
Melihat pergerakan yang membaik Hino targetkan penjualan 2023 hingga puluhan ribu unit. Menurut Santiko pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat naik.
“Target di 2023 38.500 unit dengan perincian 17.100 untuk kategori Dutro, 21.400 kategori ranger,” paparnya.
Ia menegaskan Hino yakin dapat menyelesaikan target dengan baik. Selain itu pelayanan dalam bidang after sales juga diklaim baik, menjadi salah satu faktor membaiknya penjualan Hino.
Layanan after sales di titik-titik tertentu beroperasi selama 7 hari kerja sehingga dapat lebih maksimal melayani konsumen. Ada 15 diler yang beroperasi di wilayah Sumatera hingga Jawa.
“Ini karena pertumbuhan transportasi paling besar ada di kedua pulau tersebut. Jadi kita buka 7 hari dari Medan sampai di Surabaya,” ujarnya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
11 September 2025, 09:00 WIB
01 Agustus 2025, 16:00 WIB
28 Juli 2025, 21:00 WIB
26 Juli 2025, 14:00 WIB
24 Juli 2025, 16:00 WIB
Terkini
12 Oktober 2025, 19:05 WIB
Towing hadir untuk mengangkut kendaraan mogok maupun sekadar berpindah ke tempat lain yang dibutuhkan
12 Oktober 2025, 17:00 WIB
Chery Tiggo 9 CSH disebut mendapatkan respons positif dari konsumen, SPK-nya mencapai angka 400 unit
12 Oktober 2025, 15:00 WIB
Artis Arief Muhammad kerap membagikan koleksi kendaraannya melalui Instagram, salah satunya BAIC BJ40 Plus
12 Oktober 2025, 13:00 WIB
Francesco Bagnaia mengaku terkejut bisa menjalin hubungan yang baik sebagai rekan satu tim dengan Marquez
12 Oktober 2025, 11:00 WIB
Suzuki Ignis bekas di Oktober 2025 terbilang cukup beragam bahkan ada yang ditawarkan dengan TDP Rp 5 juta
12 Oktober 2025, 09:00 WIB
Nama Geely masih tersemat di mobil listrik Aletra L8 EV, seperti pada bagian lampu depan maupun belakang
12 Oktober 2025, 07:00 WIB
Daihatsu Sigra bekas di Oktober 2025 terbilang cukup menarik karena ada banyak pilihan dengan TDP mulai Rp 5 jutaan
11 Oktober 2025, 17:00 WIB
Segera diluncurkan tahun depan, Toyota Veloz Hybrid berpeluang untuk pakai baterai CATL rakitan lokal