Hino Nilai Pasar Kendaraan Komersial Bangkit Mei 2024
26 Maret 2024, 12:00 WIB
Mencatatkan hasil positif pada tahun lalu, Hino targetkan penjualan 2023 jauh lebih tinggi di angka 38.500 unit
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Industri otomotif tengah mengalami pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di 2020. Seiring berjalannya waktu sejumlah pabrikan telah mencatatkan perbaikan penjualan.
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di 2022 menorehkan penjualan keseluruhan hingga 16.411 unit. Angka ini mengalami kenaikan hingga 26 persen dari 2021 di mana Hino menjual 9.242 unit.
Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer PT HMSI memaparkan bahwa pandemi sempat menjadi tantangan tersendiri di industri truk dan bus yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi. Daya beli konsumen juga sempat mengalami penurunan.
“Di 2022 sudah mulai meningkat dan boleh dibilang sudah hampir sama dengan 2019 sebelum pandemi,” ucap Santiko di Jakarta beberapa waktu lalu.
Untuk kategori light duty truck atau Dutro, Hino mencapai kenaikan market share 20.3 persen tahun lalu, naik dari angka 18.9 persen. Angka penjualannya sudah hampir kembali normal seperti kondisi pra pandemi.
Sedangkan di kelas truk pada 2020 penjualan sempat mengalami penurunan cukup drastis. Angkanya baru mengalami pemulihan saat memasuki 2021 – 2022.
“Di 2020 banyak pabrik-pabrik yang aktivitasnya menurun bisa kita lihat dari perkembangannya. Yang masih bergerak di tahun itu kebanyakan di kelas-kelas komoditi,” papar Santiko.
Namun terlepas dari gejolak pandemi Hino masih mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen truk selama 23 tahun. Pabrikan menutup 2022 dengan kenaikan penjualan hingga 78 persen dari 2021.
Melihat pergerakan yang membaik Hino targetkan penjualan 2023 hingga puluhan ribu unit. Menurut Santiko pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat naik.
“Target di 2023 38.500 unit dengan perincian 17.100 untuk kategori Dutro, 21.400 kategori ranger,” paparnya.
Ia menegaskan Hino yakin dapat menyelesaikan target dengan baik. Selain itu pelayanan dalam bidang after sales juga diklaim baik, menjadi salah satu faktor membaiknya penjualan Hino.
Layanan after sales di titik-titik tertentu beroperasi selama 7 hari kerja sehingga dapat lebih maksimal melayani konsumen. Ada 15 diler yang beroperasi di wilayah Sumatera hingga Jawa.
“Ini karena pertumbuhan transportasi paling besar ada di kedua pulau tersebut. Jadi kita buka 7 hari dari Medan sampai di Surabaya,” ujarnya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
26 Maret 2024, 12:00 WIB
15 Maret 2024, 14:35 WIB
12 Maret 2024, 17:52 WIB
12 Maret 2024, 08:30 WIB
11 Maret 2024, 09:30 WIB
Terkini
30 April 2024, 10:13 WIB
Berikut harga tiket PEVS 2024 yang bisa dibeli masyarakat secara langsung di lokasi acara maupun daring
30 April 2024, 08:00 WIB
Pertamina Fastron memperkenalkan produk terbarunya yang bisa memenuhi kebutuhan balap khususnya drifting
30 April 2024, 07:00 WIB
Daihatsu ungkap alasan First Buyer belum lirik mobil listrik sebagai pilihan utama dibandingkan model lain
30 April 2024, 06:30 WIB
Fasilitas tersedia di dua tempat, berikut kami rangkum jadwal dan lokasi SIM keliling Bandung hari ini
30 April 2024, 06:00 WIB
Awas ada ganjil genap Jakarta 30 April 2024 untuk para calon pengunjunga PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran
30 April 2024, 05:30 WIB
SIM Keliling Jakarta milik Polda Metro Jaya beroperasi di penghujung April 2024 guna melayani masyarakat
29 April 2024, 21:21 WIB
Hyundai manjakan konsumen di Jakarta dengan memberikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan calon pembeli
29 April 2024, 21:18 WIB
Federal Oil mengaku bangga dengan hasil manis yang diraih kedua pembalap andalannya di MotoGP Spanyol 2024