Hino Targetkan Penjualan 2023 sebanyak 38.500 Unit

Mencatatkan hasil positif pada tahun lalu, Hino targetkan penjualan 2023 jauh lebih tinggi di angka 38.500 unit

Hino Targetkan Penjualan 2023 sebanyak 38.500 Unit

TRENOTO – Industri otomotif tengah mengalami pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di 2020. Seiring berjalannya waktu sejumlah pabrikan telah mencatatkan perbaikan penjualan.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di 2022 menorehkan penjualan keseluruhan hingga 16.411 unit. Angka ini mengalami kenaikan hingga 26 persen dari 2021 di mana Hino menjual 9.242 unit.

Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer PT HMSI memaparkan bahwa pandemi sempat menjadi tantangan tersendiri di industri truk dan bus yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi. Daya beli konsumen juga sempat mengalami penurunan.

Photo : Hino

“Di 2022 sudah mulai meningkat dan boleh dibilang sudah hampir sama dengan 2019 sebelum pandemi,” ucap Santiko di Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk kategori light duty truck atau Dutro, Hino mencapai kenaikan market share 20.3 persen tahun lalu, naik dari angka 18.9 persen. Angka penjualannya sudah hampir kembali normal seperti kondisi pra pandemi.

Sedangkan di kelas truk pada 2020 penjualan sempat mengalami penurunan cukup drastis. Angkanya baru mengalami pemulihan saat memasuki 2021 – 2022.

Baca juga: Hino Luncurkan Truk Pengangkut Limbah B3

“Di 2020 banyak pabrik-pabrik yang aktivitasnya menurun bisa kita lihat dari perkembangannya. Yang masih bergerak di tahun itu kebanyakan di kelas-kelas komoditi,” papar Santiko.

Namun terlepas dari gejolak pandemi Hino masih mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen truk selama 23 tahun. Pabrikan menutup 2022 dengan kenaikan penjualan hingga 78 persen dari 2021.

Melihat pergerakan yang membaik Hino targetkan penjualan 2023 hingga puluhan ribu unit. Menurut Santiko pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat naik.

“Target di 2023 38.500 unit dengan perincian 17.100 untuk kategori Dutro, 21.400 kategori ranger,” paparnya.

Ia menegaskan Hino yakin dapat menyelesaikan target dengan baik. Selain itu pelayanan dalam bidang after sales juga diklaim baik, menjadi salah satu faktor membaiknya penjualan Hino.

Photo : TrenOto

Layanan after sales di titik-titik tertentu beroperasi selama 7 hari kerja sehingga dapat lebih maksimal melayani konsumen. Ada 15 diler yang beroperasi di wilayah Sumatera hingga Jawa.

“Ini karena pertumbuhan transportasi paling besar ada di kedua pulau tersebut. Jadi kita buka 7 hari dari Medan sampai di Surabaya,” ujarnya.


Terkini

mobil
Merek Jepang Diajak Ikut Manfaatkan Insentif Impor Mobil Listrik

Merek Jepang Diajak Ikut Manfaatkan Insentif Impor Mobil Listrik

Pemerintah terbuka jika merek Jepang mau ikut program insentif impor mobil listrik seperti yang dinikmati BYD

motor
Subsidi Motor Listrik Diharapkan Benar Diberikan di Agustus 2025

Subsidi Motor Listrik Diharapkan Benar Diberikan di Agustus 2025

Aismoli berharap rencana pemberian subsidi motor listrik pada bulan depan bukan sekadar harapan palsu

news
SIM Keliling Jakarta

Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini 4 Juli Jelang Akhir Pekan

Mendekati akhir pekan, SIM keliling Jakarta masih beroperasi sebagai fasilitas alternatif perpanjangan SIM

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 4 Juli 2025, Ketat Sambut Libur Akhir Pekan

Ganjil genap Jakarta 4 Juli 2025 kembali diterapkan guna menghindari terjadinya kemacetan khususnya di jam sibuk

news
SIM Keliling Bandung Beroperasi Jelang Akhir Pekan, Cek Lokasinya

SIM Keliling Bandung Beroperasi Jelang Akhir Pekan, Cek Lokasinya

Salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang tersedia jelang akhir pekan ada di Dago Plaza, JL. IR. Juanda

otosport
Aprilia Diisukan Dekati Bastianini Buat Gantikan Jorge Martin

Aprilia Diisukan Dekati Bastianini Buat Gantikan Jorge Martin

Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin

mobil
MG 4 EV

MG 4 EV Resmi Diperkenalkan, Tampilannya Lebih Ramah

Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya

mobil
BYD Makin Gencar di Asia Tenggara, Produsen Jepang Wajib Waspada

BYD Makin Gencar di Asia Tenggara, Produsen Jepang Wajib Waspada

Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD