Hino Optimis Pasar Kendaraan Komersial Bisa Tumbuh di 2025
10 Maret 2025, 13:00 WIB
Mencatatkan hasil positif pada tahun lalu, Hino targetkan penjualan 2023 jauh lebih tinggi di angka 38.500 unit
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Industri otomotif tengah mengalami pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di 2020. Seiring berjalannya waktu sejumlah pabrikan telah mencatatkan perbaikan penjualan.
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di 2022 menorehkan penjualan keseluruhan hingga 16.411 unit. Angka ini mengalami kenaikan hingga 26 persen dari 2021 di mana Hino menjual 9.242 unit.
Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer PT HMSI memaparkan bahwa pandemi sempat menjadi tantangan tersendiri di industri truk dan bus yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi. Daya beli konsumen juga sempat mengalami penurunan.
“Di 2022 sudah mulai meningkat dan boleh dibilang sudah hampir sama dengan 2019 sebelum pandemi,” ucap Santiko di Jakarta beberapa waktu lalu.
Untuk kategori light duty truck atau Dutro, Hino mencapai kenaikan market share 20.3 persen tahun lalu, naik dari angka 18.9 persen. Angka penjualannya sudah hampir kembali normal seperti kondisi pra pandemi.
Sedangkan di kelas truk pada 2020 penjualan sempat mengalami penurunan cukup drastis. Angkanya baru mengalami pemulihan saat memasuki 2021 – 2022.
“Di 2020 banyak pabrik-pabrik yang aktivitasnya menurun bisa kita lihat dari perkembangannya. Yang masih bergerak di tahun itu kebanyakan di kelas-kelas komoditi,” papar Santiko.
Namun terlepas dari gejolak pandemi Hino masih mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen truk selama 23 tahun. Pabrikan menutup 2022 dengan kenaikan penjualan hingga 78 persen dari 2021.
Melihat pergerakan yang membaik Hino targetkan penjualan 2023 hingga puluhan ribu unit. Menurut Santiko pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat naik.
“Target di 2023 38.500 unit dengan perincian 17.100 untuk kategori Dutro, 21.400 kategori ranger,” paparnya.
Ia menegaskan Hino yakin dapat menyelesaikan target dengan baik. Selain itu pelayanan dalam bidang after sales juga diklaim baik, menjadi salah satu faktor membaiknya penjualan Hino.
Layanan after sales di titik-titik tertentu beroperasi selama 7 hari kerja sehingga dapat lebih maksimal melayani konsumen. Ada 15 diler yang beroperasi di wilayah Sumatera hingga Jawa.
“Ini karena pertumbuhan transportasi paling besar ada di kedua pulau tersebut. Jadi kita buka 7 hari dari Medan sampai di Surabaya,” ujarnya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
10 Maret 2025, 13:00 WIB
10 Maret 2025, 11:00 WIB
07 Maret 2025, 22:03 WIB
20 September 2024, 19:00 WIB
25 Juli 2024, 11:00 WIB
Terkini
19 Mei 2025, 21:01 WIB
Terjadi kecelakaan antara tujuh pemotor dan kereta api Malioboro di Magetan, mengakibatkan empat orang tewas
19 Mei 2025, 20:00 WIB
Kementerian Perindustrian sebut produsen EV banyak yang ingin masuk ke Indonesia akibat tingginya tarif impor AS
19 Mei 2025, 19:00 WIB
Marc Marquez bakal kembali berburu poin di MotoGP Inggris 2025 untuk mengokohkan posisi di puncak klasemen
19 Mei 2025, 18:00 WIB
Gofar Hilman ubah Suzuki S-Presso jadi menyerupai Jimny dengan penambahan beragam body kit kustom menarik
19 Mei 2025, 17:00 WIB
Honda resmi menjual mobil listrik e:N1 secara terbatas di Malaysia, harganya mulai dari Rp 573 jutaan
19 Mei 2025, 16:01 WIB
Pengguna smartphone alami kerusakan kamera HP setelah merekam sensor Lidar Volvo EX90, ini penyebabnya
19 Mei 2025, 15:32 WIB
500 ribu ojol siap menggeruduk Jakarta besok untuk melakukan demo di sejumlah lokasi yang telah ditentukan
19 Mei 2025, 14:00 WIB
Harga mobil Daihatsu di sejumlah daerah berpeluang naik apabila diskon opsen ditiadakan oleh Pemda setempat