Arista Group Tingkatkan Layanan Purnajual Lewat Kompetisi Teknisi
28 Oktober 2025, 19:00 WIB
Mencatatkan hasil positif pada tahun lalu, Hino targetkan penjualan 2023 jauh lebih tinggi di angka 38.500 unit
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Industri otomotif tengah mengalami pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di 2020. Seiring berjalannya waktu sejumlah pabrikan telah mencatatkan perbaikan penjualan.
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di 2022 menorehkan penjualan keseluruhan hingga 16.411 unit. Angka ini mengalami kenaikan hingga 26 persen dari 2021 di mana Hino menjual 9.242 unit.
Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer PT HMSI memaparkan bahwa pandemi sempat menjadi tantangan tersendiri di industri truk dan bus yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi. Daya beli konsumen juga sempat mengalami penurunan.
“Di 2022 sudah mulai meningkat dan boleh dibilang sudah hampir sama dengan 2019 sebelum pandemi,” ucap Santiko di Jakarta beberapa waktu lalu.
Untuk kategori light duty truck atau Dutro, Hino mencapai kenaikan market share 20.3 persen tahun lalu, naik dari angka 18.9 persen. Angka penjualannya sudah hampir kembali normal seperti kondisi pra pandemi.
Sedangkan di kelas truk pada 2020 penjualan sempat mengalami penurunan cukup drastis. Angkanya baru mengalami pemulihan saat memasuki 2021 – 2022.
“Di 2020 banyak pabrik-pabrik yang aktivitasnya menurun bisa kita lihat dari perkembangannya. Yang masih bergerak di tahun itu kebanyakan di kelas-kelas komoditi,” papar Santiko.
Namun terlepas dari gejolak pandemi Hino masih mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen truk selama 23 tahun. Pabrikan menutup 2022 dengan kenaikan penjualan hingga 78 persen dari 2021.
Melihat pergerakan yang membaik Hino targetkan penjualan 2023 hingga puluhan ribu unit. Menurut Santiko pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat naik.
“Target di 2023 38.500 unit dengan perincian 17.100 untuk kategori Dutro, 21.400 kategori ranger,” paparnya.
Ia menegaskan Hino yakin dapat menyelesaikan target dengan baik. Selain itu pelayanan dalam bidang after sales juga diklaim baik, menjadi salah satu faktor membaiknya penjualan Hino.
Layanan after sales di titik-titik tertentu beroperasi selama 7 hari kerja sehingga dapat lebih maksimal melayani konsumen. Ada 15 diler yang beroperasi di wilayah Sumatera hingga Jawa.
“Ini karena pertumbuhan transportasi paling besar ada di kedua pulau tersebut. Jadi kita buka 7 hari dari Medan sampai di Surabaya,” ujarnya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
28 Oktober 2025, 19:00 WIB
11 September 2025, 09:00 WIB
01 Agustus 2025, 16:00 WIB
28 Juli 2025, 21:00 WIB
26 Juli 2025, 14:00 WIB
Terkini
01 Desember 2025, 13:00 WIB
MBCI bakal ajak 117 klub pengguna Mercedes-Benz di Indonesia untuk perayaan 20 tahun perjalanannya di RI
01 Desember 2025, 12:13 WIB
Skutik all new Honda Vario 125 resmi diluncurkan oleh AHM menjelang tutup tahun, harga mulai Rp 24,4 jutaan
01 Desember 2025, 12:00 WIB
Kementerian Perindustrian nilai kondisi industri otomotif tidak bisa dilihat dari pertumbuhan pada satu segmen
01 Desember 2025, 10:25 WIB
Memasuki Desember 2025 stok Shell dan Vivo perlahan pulih, namun harga BBM seluruhnya alami kenaikan
01 Desember 2025, 09:00 WIB
Pemerintah mengaku belum mendapat usulan resmi tekait insentif otomotif untuk 2026 dari kementerian terkait
01 Desember 2025, 08:00 WIB
Bajaj resmi jadi pemilik KTM setelah mengucurkan dana sebesar Rp 15,3 triliun pada pertengahan November 2025
01 Desember 2025, 07:00 WIB
Melansir laman resmi Pertamina, harga BBM jenis Pertamx mengalami kenaikan sampai Rp 12.750 per liter
01 Desember 2025, 06:00 WIB
Di awal Desember 2025, kepolisian menghadirkan SIM keliling Bandung guna memudahkan pengendara di Kota Kembang