Toyota Rilis Versi Baru bZ4X, Siap Dibawa Offroad
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Pabrikan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire luncurkan ban khusus mobil listrik Toyota bZ4X untuk pasar Tiongkok
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Perusahaan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire luncurkan ban khusus mobil listrik Toyota bZ4X untuk pasar China. Pabrikan bekerjasama dengan Toyota untuk mengembangkan portofolio suku cadang kendaraan listrik.
Untuk diketahui ada perbedaan antara ban mobil konvensional dan EV (Electric Vehicle) atau mobil listrik. Dikutip dari Insideevs, Senin (16/1) ban EV didesain dengan memfokuskan tingkat efisiensi.
Saat digunakan ban EV menawarkan rolling resistance yang lebih rendah dibandingkan mobil mesin bensin. Friksi lebih rendah memungkinkan kendaraan listrik untuk menggunakan lebih sedikit tenaga saat dipakai berkendara sehingga jarak tempuh maksimal bisa tercapai.
Heonjoon Kim, Wakil Presiden dan Direktur Kantor Pusat Inovasi Suku Cadang Global Hankook Tire memaparkan bahwa sebelumnya Hankook Tire juga terpilih sebagai penyedia suku cadang Toyota di China untuk model Camry 2018 dan Corolla 2020.
Di 2023 pihaknya akan mulai menjadi penyedia ban untuk mobil listrik bZ4X. Partisipasi Hankook mendukung suku cadang EV diharapkan dapat memaksimalkan potensi penuh teknik mobil tersebut saat dipakai.
Menurut Kim, mobil listrik memang terlihat serupa dengan mesin pembakaran namun ada karakteristik unik pada EV seperti bobot baterai yang ekstra serta torsi tinggi.
“Itu sebabnya mereka membutuhkan ban yang dioptimalkan untuk memenuhi persyaratan ini dan kami bangga telah membangun posisi yang baik di segmen ban EV,” ucap Kim dikutip dari keterangan resmi, Senin.
Diberi nama Hankook Ventus S1 evo 3 ev, ban akan tersedia dalam ukuran 235/60R18 dan 235/50R20. Pabrikan menyematkan ‘ex works’ untuk memaksimalkan efisiensi daya pada kendaraan.
Jika dibandingkan dengan ban konvensional ada peningkatan kinerja abrasi sebesar 45 persen serta pengurangan hambatan gulir hingga 30 persen. Ini didapat dari optimalisasi proses vulkanisasi yang dipakai dalam pengembangan senyawa ban.
Komponen ini juga disesuaikan dengan kebutuhan torsi penggerak tinggi saat menurunkan hambatan gulir. Ada karkas lapisan ganda dari serat berkinerja tinggi serta teknologi pengepakan bead-packing, menawarkan stabilitas tinggi dengan bobot rendah.
Terakhir ban juga dioptimalkan agar tidak bising. Dibandingkan dengan roda mobil konvensional, kebisingannya berkurang hingga tiga desibel.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 18:00 WIB
14 Mei 2025, 14:00 WIB
14 April 2025, 21:00 WIB
22 Februari 2025, 15:00 WIB
12 Januari 2025, 07:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025