2 Mobil Listrik Toyota Meluncur, Saudara Baru bZ4X
25 April 2024, 12:59 WIB
Pabrikan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire luncurkan ban khusus mobil listrik Toyota bZ4X untuk pasar Tiongkok
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Perusahaan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire luncurkan ban khusus mobil listrik Toyota bZ4X untuk pasar China. Pabrikan bekerjasama dengan Toyota untuk mengembangkan portofolio suku cadang kendaraan listrik.
Untuk diketahui ada perbedaan antara ban mobil konvensional dan EV (Electric Vehicle) atau mobil listrik. Dikutip dari Insideevs, Senin (16/1) ban EV didesain dengan memfokuskan tingkat efisiensi.
Saat digunakan ban EV menawarkan rolling resistance yang lebih rendah dibandingkan mobil mesin bensin. Friksi lebih rendah memungkinkan kendaraan listrik untuk menggunakan lebih sedikit tenaga saat dipakai berkendara sehingga jarak tempuh maksimal bisa tercapai.
Heonjoon Kim, Wakil Presiden dan Direktur Kantor Pusat Inovasi Suku Cadang Global Hankook Tire memaparkan bahwa sebelumnya Hankook Tire juga terpilih sebagai penyedia suku cadang Toyota di China untuk model Camry 2018 dan Corolla 2020.
Di 2023 pihaknya akan mulai menjadi penyedia ban untuk mobil listrik bZ4X. Partisipasi Hankook mendukung suku cadang EV diharapkan dapat memaksimalkan potensi penuh teknik mobil tersebut saat dipakai.
Menurut Kim, mobil listrik memang terlihat serupa dengan mesin pembakaran namun ada karakteristik unik pada EV seperti bobot baterai yang ekstra serta torsi tinggi.
“Itu sebabnya mereka membutuhkan ban yang dioptimalkan untuk memenuhi persyaratan ini dan kami bangga telah membangun posisi yang baik di segmen ban EV,” ucap Kim dikutip dari keterangan resmi, Senin.
Diberi nama Hankook Ventus S1 evo 3 ev, ban akan tersedia dalam ukuran 235/60R18 dan 235/50R20. Pabrikan menyematkan ‘ex works’ untuk memaksimalkan efisiensi daya pada kendaraan.
Jika dibandingkan dengan ban konvensional ada peningkatan kinerja abrasi sebesar 45 persen serta pengurangan hambatan gulir hingga 30 persen. Ini didapat dari optimalisasi proses vulkanisasi yang dipakai dalam pengembangan senyawa ban.
Komponen ini juga disesuaikan dengan kebutuhan torsi penggerak tinggi saat menurunkan hambatan gulir. Ada karkas lapisan ganda dari serat berkinerja tinggi serta teknologi pengepakan bead-packing, menawarkan stabilitas tinggi dengan bobot rendah.
Terakhir ban juga dioptimalkan agar tidak bising. Dibandingkan dengan roda mobil konvensional, kebisingannya berkurang hingga tiga desibel.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
25 April 2024, 12:59 WIB
20 Maret 2024, 16:00 WIB
20 Maret 2024, 15:00 WIB
05 Maret 2024, 08:00 WIB
29 Januari 2024, 19:50 WIB
Terkini
28 April 2024, 21:01 WIB
Francesco Bagnaia merajai MotoGP Spanyol 2024, dia mencatatkan kemenangan tiga kali berturut-turut di Jerez
28 April 2024, 20:21 WIB
Sejak pertama meluncur di Februari 2024 BYD masih enggan ungkap jumlah SPK, peminat merata untuk ketiga model
28 April 2024, 20:13 WIB
Berikut 7 Fitur Honda Stylo 160 yang bisa memanjakan pemilik, seperti contoh lampu full LED serta USB Port
28 April 2024, 18:00 WIB
Daihatsu Kumpul Sahabat digelar Bekasi dan diikuti oleh sedikitnya 21 komunitas dari berbagai model kendaraan
28 April 2024, 10:08 WIB
Mengakomodir kebutuhan ekosistem mobil listrik, SPKLU diler BYD Haka Cibubur bisa digunakan semua merek EV
28 April 2024, 07:00 WIB
Tiket MotoGP Mandalika 2024 didiskon 50 persen sehingga masyarakat bisa membelinya mulai dari Rp 350.000
27 April 2024, 18:00 WIB
Sejumlah konsumen tak kunjung terima unit sejak pemesanan, ini kata BYD soal inden yang diklaim mengular
27 April 2024, 17:00 WIB
Menjadi bagian dari total target 50 outlet tahun ini, BYD resmikan diler 3S di kawasan Cibubur hari ini