Hyundai Tertarik Bawa EV Murah ke RI, Inster Jadi Kandidat
04 Agustus 2025, 21:00 WIB
Pameran GIIAS 2025 diklaim alami penurunan transaksi, GJAW 2025 jadi harapan terakhir buat dongkrak penjualan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Pameran otomotif GIIAS 2025 berhasil menarik perhatian banyak pengunjung selama 11 hari penyelenggaraan.
Berdasarkan laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka pengunjungnya tembus 485.569 orang, naik dari capaian 2024 yakni 475.084.
Hanya saja angka transaksinya masih gelap. Pihak Gaikindo bahkan tidak menampik ada peluang penurunan, mengingat masih banyak tantangan ekonomi dihadapi masyarakat.
“Tujuan utama pameran ini adalah mengkomunikasikan, menginformasikan mengenai teknologi-teknologi terbaru, model terbaru kepada masyarakat pecinta automobile,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo saat ditemui di Tangerang belum lama ini.
Menurut dia transaksi di GIIAS 2025 bukan menjadi hal utama yang dikejar oleh penyelenggara.
Masih ada satu pameran lagi digelar menjelang akhir tahun dan bakal lebih berfokus pada promo dan program penjualan guna mendongkrak daya beli masyarakat di sektor otomotif.
“Kita tahu nanti di akhir tahun akan ada yang namanya Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW 2025). Itu khusus dibuat untuk melakukan promosi akhir tahun,” tegas Nangoi.
Sekadar informasi, GJAW 2025 akan digelar November mendatang. Tahun lalu, pameran ini melibatkan 80 peserta yang mencakup 28 merek kendaraan penumpang, 12 merek roda dua dan 40 industri pendukung.
Sama seperti GIIAS, ajang otomotif tersebut diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang. Sebelumnya, GJAW lebih sering menggunakan JCC Senayan sebagai lokasi pameran.
Di samping program penjualan, para pengunjung juga dapat menikmati aktivitas menarik seperti Underground Meet Up, Pro Rock, Campervan Activity, C Drift, Offroad Competition sampai SIM Racing Competition.
Sedangkan di akhir pekan pengunjung bersama keluarga bisa mengikuti kegiatan bersama anak seperti Push Bike Competition, Kids Zone (Drift and Offroad Competition for Kids) dan Paper Art Craft.
Tahun lalu, GJAW 2024 menggandeng Mandiri Utama Finance (MUF) sebagai sponsor, menawarkan promo untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian mobil baru.
Bersamaan dengan itu, umumnya diler mulai menerapkan program akhir tahun seperti diskon atau potongan harga pada model tertentu.
Sehingga GJAW 2025 diyakini jadi salah satu harapan terakhir Gaikindo untuk mendorong penjualan dan harapannya mendekati target, yakni di angka 700 ribu unit sampai 900 ribu unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
04 Agustus 2025, 21:00 WIB
04 Agustus 2025, 20:00 WIB
04 Agustus 2025, 19:00 WIB
04 Agustus 2025, 17:00 WIB
04 Agustus 2025, 13:27 WIB
Terkini
05 Agustus 2025, 06:00 WIB
Hari ini (05/07) kepolisian kembali menghadirkan SIM keliling Bandung melayani pengendara mobil dan motor
05 Agustus 2025, 06:00 WIB
Berikut informasi lengkap terkait SIM keliling Jakarta hari ini, termasuk lokasi, persyaratan dan biayanya
05 Agustus 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 5 Agustus 2025 kembali digelar untuk atasi kemacetan lalu lintas di sekitar Ibu Kota
04 Agustus 2025, 22:00 WIB
Chery jadi pabrikan mobil Cina pertama yang berhasil mengekspor 5 juta kendaraan di seluruh dunia termasuk Indonesia
04 Agustus 2025, 21:00 WIB
Hyundai Inster diyakini jadi kandidat kuat produk baru PT HMID di RI, modal bersaing lawan EV murah Tiongkok
04 Agustus 2025, 20:00 WIB
Suzuki Fronx serta Mitsubishi Destinator menyabet penghargaan di gelaran GIIAS 2025 yang berlangsung ICE BSD
04 Agustus 2025, 19:00 WIB
Jumlah pengunjung GIIAS 2025 dikatakan banyak didominasi generasi Z hingga muncul istilah Rojali dan Rohana
04 Agustus 2025, 18:01 WIB
Memiliki bodi besar tidak menyulitkan mobil keluarga pecahkan rekor