Hyundai Sorot Positifnya Penjualan Mobil Mahal di Indonesia
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
Kemudahan serta keringanan pembelian secara kredit menjadi kunci utama penjualan kendaraan dari Daihatsu
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT ADM (Astra Daihatsu Motor) menawarkan sejumlah lini produk dengan banderol di kisaran Rp 100 jutaan sampai Rp 300 jutaan. Hingga saat ini konsumennya masih didominasi first car buyer atau pembeli mobil pertama.
Kemudahan cara membeli dinilai menjadi salah satu cara mendorong penjualan khususnya bagi mereka yang baru pertama kali membeli kendaraan.
Sepanjang 2024, pihak Daihatsu menilai bahwa proses transaksi secara kredit sempat jadi tantangan di semester kedua tahun lalu.
“Begitu mau beli mobil, kita punya tantangan masalah leasing company, kredit. Terutama bagi mereka yang membeli mobil pertama prosesnya kan lebih luar biasa lagi ya, sekarang diminta DP (Down Payment) besar,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communications PT ADM di Jakarta Selatan, Kamis (16/1).
Untuk itu Daihatsu bakal berfokus memberikan program guna mendukung kemudahan pembelian bagi para konsumen. Apalagi pembeli yang melakukan transaksi secara mencicil.
Ini mencakup penyesuaian uang muka, interest rate sampai tenor lebih panjang, sehingga bisa diadaptasikan dengan kemampuan calon pembeli mobil Daihatsu.
Agung menegaskan strategi menyediakan kemudahan pembelian bakal tetap diterapkan di 2025. Mengingat ada banyak tantangan menanti tahun ini, salah satunya PPN 12 persen.
“Kemungkinan besar karena kita kredit bisa diserap, harusnya tidak ada masalah,” tegas Agung.
Sekarang harga LCGC yang menjadi kontributor utama Daihatsu mengalami kenaikan harga. Namun ADM percaya produk mereka masih diminati berkat program khusus yang ditawarkan.
“LCGC ini segmen sehat. Sigra dengan (Toyota) Calya itu menjadi pilihan di LCGC MPV (Multi Purpose Vehicle) yang naik signifikan,” tegas dia.
Untuk diketahui, angka wholesales (penyaluran dari pabrik ke diler) mobil di 2024 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Tepatnya 865.723 unit dari perolehan 2023 sebanyak 1.005.802 unit.
Tahun ini Gaikindo menetapkan target 850 ribu. Namun imbas kebijakan PPN 12 persen serta opsen di sejumlah daerah, angkanya dinilai bisa turun sampai 750 ribu di akhir 2025.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
13 Agustus 2025, 09:00 WIB
12 Agustus 2025, 21:00 WIB
12 Agustus 2025, 18:00 WIB
Terkini
16 Agustus 2025, 15:00 WIB
Perang harga dinilai sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya PHK, Hyundai menghindari hal tersebut
16 Agustus 2025, 13:00 WIB
Toyota Kijang Innova diesel bekas lansiran 2024 menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena ada cicilan ringan
16 Agustus 2025, 11:00 WIB
Insentif motor listrik ditargetkan terbit tahun ini menunggu Rakortas, Honda masih tunggu kepastiannya
16 Agustus 2025, 09:00 WIB
Macet horor tengah melanda ruas Jalan TB Simatupang dalam beberapa waktu belakangan karena ada sejumlah galian
16 Agustus 2025, 07:00 WIB
Dinas Perhubungan beri tarif khusus transportasi umum di Ibu Kota menjadi hanya Rp 80 pada 17 hingga 18 Agustus
15 Agustus 2025, 21:00 WIB
Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat Pesta Rakyat menyambut HUT RI ke-80 di Monas
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
Bertolak belakang dengan penjualan mobil murah, Hyundai sebut kendaraan premium lebih stabil karena hal ini
15 Agustus 2025, 19:00 WIB
Pemerintah Bengkulu gelar pemutihan pajak yang berlaku hingga akhir tahun untuk memudahkan masyarakat