Cina Siapkan Aturan Terkait Door Handle Model Flush
18 Desember 2025, 20:00 WIB
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika para pemilik mobil listrik ingin menderek kendaraannya
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Penggunaan mobil listrik sudah semakin masif. Namun ternyata banyak masyarakat yang tidak paham penanganan ketika kendaraan mereka mengalami kendala.
Seperti baru-baru ini viral di sosial media. Dalam sebuah video diunggah akun Tiktok @povibuanakdua, terlihat Hyundai Ioniq 6 berkelir hitam tengah diangkut menuju ke bengkel.
Namun yang bikin tambah unik, mobil listrik tersebut diderek menggunakan dua truk. Sehingga Hyundai Ioniq 6 itu berada di tengah-tengah serta dalam kondisi tergantung.
“Dari awal jalan bingung banget ko mundur, ternyata eh ternyata,” tulis akun Tiktok satu ini.
Sontak postingan tersebut langsung menuai berbagai reaksi dari netizen. Seperti menanyakan kenapa harus diderek di depan juga belakang.
Nah menurut berbagai sumber, mengangkut EV (Electric Vehicle) tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Apalagi untuk Hyundai Ioniq 6, memiliki sistem penggerak AWD (All Wheel Drive). Jadi seluruh roda tidak boleh berada di aspal ketika diderek.
“Dilihat dari sisi transmisi shift by wire yang ada di mobil listrik Hyundai, itu memang tidak bisa untuk dijalankan secara paksa,” ungkap Reva Kurniawan, Product and Corporate Strategy Departemen PT HMID (Hyundai Motors Indonesia) di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.
Reva menjelaskan bahwa shift by wire berfungsi buat mengamankan transmisi. Sehingga mampu meminimalisir potensi kerusakan.
Otomatis mengangkut kendaraan roda empat setrum memerlukan perlakuan khusus. Tidak bisa disamakan dengan mobil konvensional.
Sementara melansir laman resmi Kia, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan ketika Anda harus menderek mobil listrik dalam keadaan darurat.
Mulai dari mematikan kendaraan guna mencegah airbag mengembang. Sebab komponen tersebut dapat aktif jika dalam keadaan miring dan mesin menyala.
“Hindari menderek dengan roda penggerak di tanah, untuk mencegah kerusakan komponen motor listrik atau bahaya kebakaran,” tulis mereka.
Lalu disarankan mengangkut mobil listrik dengan derek tipe flatbed atau bak datar. Sehingga seluruh ban berada di kendaraan towing.
“Jika truk flatbed tidak tersedia, Anda dapat mengangkat roda depan atau belakang dan meletakkannya di dolly agar ban tidak bersentuhan dengan jalan,” tutup mereka.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
18 Desember 2025, 20:00 WIB
18 Desember 2025, 18:00 WIB
17 Desember 2025, 21:00 WIB
17 Desember 2025, 16:00 WIB
17 Desember 2025, 10:00 WIB
Terkini
19 Desember 2025, 08:00 WIB
Ketatnya persaingan membuat MG menyiapkan strategi khusus agar bisa bertahan dalam industri otomotif Indonesia
19 Desember 2025, 07:00 WIB
Tarif tol Jakarta Yogyakarta tidak bisa dikatakan murah karena mencapai lebih dari Rp 590 ribu sekali jalan
19 Desember 2025, 06:00 WIB
Lima tempat SIM keliling Jakarta masih tersedia hari ini, jangan sampai terlewat karena tak ada dispensasi
19 Desember 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta tetap diterapkan jelang libur Natal dan tahun baru 2026 yang berlangsung pekan depan
19 Desember 2025, 06:00 WIB
Sebelum akhir pekan, kepolisian tetap menghadirkan SIM keliling Bandung untuk melayani para pengendara
18 Desember 2025, 21:00 WIB
Jetour punya rencana membangun pabrik mandiri di Indonesia, saat ini masih menggunakan fasilitas milik Handal
18 Desember 2025, 20:00 WIB
Regulasi desain door handle atau gagang pintu EV akan diperketat di Cina, persulit evakuasi saat kecelakaan
18 Desember 2025, 19:00 WIB
Penyelenggaraan F4 di Sirkuit Mandalika menjadi kesempatan para pembalap serta tim Indonesia buat berkembang