Festival Mobil Bekas Bakal Digelar Bersamaan dengan GIIAS 2025
22 Juli 2025, 22:00 WIB
BMW mengaku bisa mendominasi pangsa pasar mobil premium di Indonesia sepanjang Januari sampai Desember 2024
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Industri otomotif Indonesia pada 2024 mengalami kelesuan. Bahkan pasar mobil baru terkoreksi cukup dalam.
Menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), wholesales kendaraan roda empat tahun lalu hanya 865.723 unit.
Angka di atas turun 13,9 persen bila dibandingkan dengan capaian di 2023. Sebab sebelumnya mampu mencatatkan 1.005.802 unit.
Meski begitu BMW Group Indonesia mengaku dapat mengantongi hasil apik sepanjang Januari sampai Desember tahun lalu.
“Untuk 2024 kami sangat senang berbagi bahwa telah mendapatkan pangsa pasar 39 persen dalam segmen premium,” kata Peter Sunny Medalla, President Director BMW Group Indonesia di Jakarta, Jumat (17/1).
Sunny menuturkan bahwa, secara angka penjualan jenama asal benua biru itu mencapai 3.792 unit secara retail atau dari diler ke konsumen.
Sementara itu, Mini dikatakan membukukan sekitar 901 unit. Membuat mereka menguasai pasar sebanyak 9,3 persen.
Dia mengklaim kalau hasil tersebut membuat BMW mampu menjaga dominasi mereka pada segmen mobil premium di Tanah Air.
“Jadi BMW dan Mini bersama-sama meraih pangsa pasar sekitar 50 persen di segmen premium,” tutur Sunny.
Sunny pun mengaku senang atas capian di atas. Sebab mampu menunjukan bahwa konsumen di Tanah Air masih percaya dengan produk-produk dari BMW serta Mini.
Sehingga mereka dapat mempertahankan posisi pertama di puncak penjualan mobil mewah sepanjang 2024.
“Menunjukan dedikasi kami terhadap inovasi serta kemampuan kita untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang terus berganti,” lanjut dia.
Sejumlah faktor digadang-gadang membantu mereka mencatatkan hasil cukup positif. Seperti peluncuran beberapa produk baru.
Baik kendaraaan konvensional maupun EV (Electric Vehicle), yang jumlahnya mencapai belasan model.
“Karena kami bukan hanya menjual EV, kita juga membantu para pelanggan untuk masalah mobilitas berkelanjutan,” pungkas Sunny.
Di sisi lain bila melihat data di 2023, capaian BMW Group pada tahun lalu sebenarnya mengalami penurunan.
Berdasarkan catatan KatadataOTO, sepanjang 2023 manufaktur asal Jerman tersebut berhasil menjual 5.063 unit.
Dengan rincian, BMW mencatatkan 4.172 unit. Sementara Mini berada di angka 891 kendaraan.
Artinya penjualan mobil BMW maupun Mini di 2024 terkoreksi 7,3 persen dari 5.063 unit ke 4.693 unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 Juli 2025, 22:00 WIB
22 Juli 2025, 19:00 WIB
15 Juli 2025, 21:00 WIB
09 Juli 2025, 08:00 WIB
08 Juli 2025, 20:00 WIB
Terkini
24 Juli 2025, 16:00 WIB
Hino ikut meramaikan pameran otomotif GIIAS 2025, bawa kendaran niaga terbaru truk Hino 300 136 MLDR
24 Juli 2025, 15:00 WIB
Volkswagen ID Buzz bakal tampil beda di GIIAS 2025 berkat tangan kreatif dua seniman binaan Kementerian Ekraf
24 Juli 2025, 13:00 WIB
BAIC BJ30 Hybrid dijual mulai dari Rp 499 juta di GIIAS 2025 khusus untuk 500 pelanggan pertama di Indonesia
24 Juli 2025, 12:14 WIB
Gajah Tunggal membawa Giti dan GT Radial untuk memanjakan para pemilik mobil yang berkunjung ke GIIAS 2025
24 Juli 2025, 12:12 WIB
Proyek konsep Mobil listrik nasional hadir di GIIAS 2025 dan membutuhkan masukan dari para pengunjung
24 Juli 2025, 12:00 WIB
BYD Indonesia untuk pertama kalinya menghadirkan brand Denza di GIIAS 2025 dengan memamerkan berbagai produk
24 Juli 2025, 11:00 WIB
Ford Mustang meluncur di GIIAS 2025 buat pecinta muscle car di Tanah Air dan dijual dengan harga Rp 1,9 miliar
24 Juli 2025, 11:00 WIB
GWM Tank 300 Diesel resmi dipasarkan di GIIAS 2025 seharga Rp 598 jutaan demi menggoda pencinta offroad