Intip Keseruan National DEC Contest 2022
19 Desember 2022, 14:00 WIB
Auto2000 gelar kontes wiraniaga untuk menguji pemahaman wiraniaga terhadap pelanggan khususnya saat mobil diantar ke pembeli.
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Auto2000 gelar kontes wiraniaga National DEC Contest 2022 Agustus 2022 hingga 17 Desember 2022. Kontes ini digelar guna melihat dan menguji kesiapan wiraniaga dalam proses mengantarkan mobil kepada pelanggannya.
Pada DEC (Delivery Explanation to Customer) enam wiraniaga terpilih yang disaring dari cabang Auto2000 seluruh Indonesia memperagakan proses pengantaran mobil ke pembeli. Seleksi pertama dilakukan untuk seluruh wiraniaga dari 126 cabang Auto2000.
Menariknya kontest ini bukan sekedar untuk menguji pemahaman wiraniaga terhadap produk atau pelayanan sesuai SOP kepada konsumen. Namun juga bertujuan untuk memberi kesan baik pada pelanggan sampai ke tahap pelanggan mau mereferensikan produk kepada orang lain.
Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 memaparkan bahwa tantangan bisnis saat ini akan semakin ketat sehingga perlu dipastikan wiraniaga memiliki skill dan kompetensi memadai. Ini diharapkan bisa memberi nilai dan diferensiasi layanan dibandingkan dengan kompetitor.
Perilaku konsumen juga saat ini semakin berkembang. Misalnya saat ini banyak calon pembeli yang sudah terlebih dahulu menonton YouTube atau melihat paparan setiap cabang terkait mobil yang diinginkan.
Tentunya ini membuat ekspektasi konsumen terhadap mobil semakin tinggi. Wiraniaga perlu memiliki pengetahuan advance terhadap kendaraan yang akan diantarkannya kepada konsumen.
“Yang tidak kalah penting dalam penjelasan fitur adalah manner. Apakah kita menjelaskan dengan baik, itulah spirit ‘omo tenashi’ yang kita sampaikan,” ucap Martogi di Jakarta, Sabtu (17/12).
Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000 mengatakan bahwa dalam kompetisi tersebut tidak hanya menguji product knowledge tapi juga strategi mengenali konsumen melalui studi kasus yang diberikan.
“H-1 delivery ada studi kasus yang sebenarnya kami ambil dari complain customer jadi riil. Inisiatifnya yang dicari dan bagaimana dia memperhatikan customernya,” ucap Tantri.
Tantri menekankan salesman atau wiraniaga diharapkan tidak memiliki cara pikir hanya mementingkan target, namun juga memikirkan delivery dari sudut pandang customer.
“SOP pasti ada tapi profile customer pasti berbeda-beda tidak distandarkan. Wiraniaga harus punya sentuhan humanis dan mindset untuk take care customer,” lanjutnya.
Pada gelaran tersebut terpilih tiga pemenang National DEC Contest 2022 yaitu Lisma Agustianti dari Auto2000 Bandung, Bambang Karyadi dari Auto2000 Jakarta Utara dan Moch. Velian Muhajir dari Auto2000 Surabaya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
19 Desember 2022, 14:00 WIB
19 Desember 2022, 10:00 WIB
Terkini
14 Agustus 2025, 18:00 WIB
Berikut KatadataOTO merangkum skema cicilan BYD Atto 1 buat tipe Dynamic dan Premium, mulai Rp 2 jutaan
14 Agustus 2025, 17:00 WIB
BYD Atto 2 sudah terdaftar di Indonesia, berpeluang dijual untuk mengisi celah antara Atto 1 dan Atto 3
14 Agustus 2025, 16:00 WIB
Polisi siapkan rekayasa lalu lintas untuk menyambut sidang tahunan MPR yang berlangsung pada 15 Agustus 2025
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
Harga Daihatsu Rocky Hybrid resmi naik Rp 5 jutaan menjadi Rp 299,85 juta dengan waktu inden yang cukup panjang
14 Agustus 2025, 14:00 WIB
ASEAN NCAP memberi tanggapan terkait beredarnya video yang memperlihatkan bahwa mobil listrik penuh radiasi
14 Agustus 2025, 13:00 WIB
Wuling Almaz Darion mulai terdaftar di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni EV serta PHEV
14 Agustus 2025, 12:00 WIB
Mobil nasional bantu penjualan kendaraan roda empat di Malaysia, Indonesia berpeluang lakukan hal serupa
14 Agustus 2025, 11:00 WIB
Jika perang harga mobil listrik dilakukan dalam waktu yang lama berpotensi bakal merugikan para konsumen