Intip Keseruan National DEC Contest 2022
19 Desember 2022, 14:00 WIB
Auto2000 gelar kontes wiraniaga untuk menguji pemahaman wiraniaga terhadap pelanggan khususnya saat mobil diantar ke pembeli.
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Auto2000 gelar kontes wiraniaga National DEC Contest 2022 Agustus 2022 hingga 17 Desember 2022. Kontes ini digelar guna melihat dan menguji kesiapan wiraniaga dalam proses mengantarkan mobil kepada pelanggannya.
Pada DEC (Delivery Explanation to Customer) enam wiraniaga terpilih yang disaring dari cabang Auto2000 seluruh Indonesia memperagakan proses pengantaran mobil ke pembeli. Seleksi pertama dilakukan untuk seluruh wiraniaga dari 126 cabang Auto2000.
Menariknya kontest ini bukan sekedar untuk menguji pemahaman wiraniaga terhadap produk atau pelayanan sesuai SOP kepada konsumen. Namun juga bertujuan untuk memberi kesan baik pada pelanggan sampai ke tahap pelanggan mau mereferensikan produk kepada orang lain.
Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 memaparkan bahwa tantangan bisnis saat ini akan semakin ketat sehingga perlu dipastikan wiraniaga memiliki skill dan kompetensi memadai. Ini diharapkan bisa memberi nilai dan diferensiasi layanan dibandingkan dengan kompetitor.
Perilaku konsumen juga saat ini semakin berkembang. Misalnya saat ini banyak calon pembeli yang sudah terlebih dahulu menonton YouTube atau melihat paparan setiap cabang terkait mobil yang diinginkan.
Tentunya ini membuat ekspektasi konsumen terhadap mobil semakin tinggi. Wiraniaga perlu memiliki pengetahuan advance terhadap kendaraan yang akan diantarkannya kepada konsumen.
“Yang tidak kalah penting dalam penjelasan fitur adalah manner. Apakah kita menjelaskan dengan baik, itulah spirit ‘omo tenashi’ yang kita sampaikan,” ucap Martogi di Jakarta, Sabtu (17/12).
Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000 mengatakan bahwa dalam kompetisi tersebut tidak hanya menguji product knowledge tapi juga strategi mengenali konsumen melalui studi kasus yang diberikan.
“H-1 delivery ada studi kasus yang sebenarnya kami ambil dari complain customer jadi riil. Inisiatifnya yang dicari dan bagaimana dia memperhatikan customernya,” ucap Tantri.
Tantri menekankan salesman atau wiraniaga diharapkan tidak memiliki cara pikir hanya mementingkan target, namun juga memikirkan delivery dari sudut pandang customer.
“SOP pasti ada tapi profile customer pasti berbeda-beda tidak distandarkan. Wiraniaga harus punya sentuhan humanis dan mindset untuk take care customer,” lanjutnya.
Pada gelaran tersebut terpilih tiga pemenang National DEC Contest 2022 yaitu Lisma Agustianti dari Auto2000 Bandung, Bambang Karyadi dari Auto2000 Jakarta Utara dan Moch. Velian Muhajir dari Auto2000 Surabaya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
19 Desember 2022, 14:00 WIB
19 Desember 2022, 10:00 WIB
Terkini
21 November 2024, 22:30 WIB
Kepolisian siapkan 59 kendaraan listrik untuk memenuhi beragam kebutuhan penugasan anggota di lapangan
21 November 2024, 22:00 WIB
Harga Aion V yang meluncur di GJAW 2024 diperkirakan mencapai Rp 500 jutaan dan sudah bisa dipesan dari sekarang
21 November 2024, 21:00 WIB
Perputaran uang judi online mencapai Rp 900 triliun, cukup untuk membeli Hyundai Tucson Hybrid secara tunai
21 November 2024, 20:00 WIB
Kebijakan opsen PKB serta PPN 12 persen yang bakal diterapkan awal 2025 diprediksi memberatkan industri motor
21 November 2024, 19:00 WIB
Indomobil Group baru saja menjalin kerja sama untuk menyediakan berbagai mobil listrik bagi PLN Icon Plus
21 November 2024, 18:00 WIB
Federal Oil menyambut kedatangan pembalap baru di tim Gresini Racing untuk beraksi di musim balap MotoGP 2025
21 November 2024, 17:00 WIB
Begini tampilan mobil konsep Toyota bZ7 yang debut di China, penggerak sampai baterainya disuplai oleh BYD
21 November 2024, 16:00 WIB
Jadi sasaran sejumlah manufaktur otomotif China, Neta mengungkapkan mengapa area Pluit terbilang potensial