Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

Ada sejarah panjang di balik kendaraan resmi Paus atau Popemobile, desainnya berbeda dari unit pada umumnya

Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

KatadataOTO – Paus Fransiskus tiba di Indonesia 3 September dalam kunjungan kenegaraan sampai 6 September 2024. Salah satu kegiatan yang dinanti adalah misa akbar pada 5 September 2024 di Stadion Umum GBK (Gelora Bung Karno).

Pada perhelatan tersebut diprediksi ada sekitar 90.000 orang hadir. Ini juga menjadi satu kesempatan bagi umat untuk melihat Paus Fransiskus secara lebih dekat.

Nantinya Paus Fransiskus akan menyapa umat menggunakan kendaraan khusus, dikenal dengan sebutan Popemobile. Mobil itu didesain untuk mengangkut Paus Fransiskus agar lebih aman namun tetap dapat terlihat umat.

Terdapat sejarah panjang di balik Popemobile sebagai kendaraan pemimpin gereja Katolik ini. Karena awalnya bukan mobil, tetapi Sedia Gestatoria, secara harfiah artinya kursi pengangkut.

Tampilan Pindad Maung yang Akan Dipakai Paus Fransiskus
Photo : Instagram/katolik_garis_lucu

Pada tahun 1800-an Paus diangkut oleh sejumlah orang saat melakukan kunjungan langsung ke masyarakat atau umat. Tidak menggunakan kendaraan bermotor seperti saat ini.

Saat itu juga ada alternatif lain yakni kereta kuda. Lalu penggunaan Sedia Gestatoria berhenti di masa kepemimpinan Paus Yohanes Paulus I pada 1978, ia menolak karena alasan modernisasi.

Baru di 1929 kendaraan resmi Paus pertama kali diserahkan kepada Paus Pius XI sebagai tanda rekonsiliasi pemerintah Italia dan Tahta Suci, yakni Graham-Paige Type 837. Saat itu istilah Popemobile belum diciptakan, baru mulai populer pada 1979.

Sejak pertama menggunakan kendaraan bermotor, pelat digunakan sama seperti yang kita lihat di kendaraan Paus di RI saat ini yaitu SCV 1.

Sejumlah kendaraan lain digunakan sebagai Popemobile atau alat transportasi Paus adalah limosin Nurburg 460 rancangan Ferdinand Porsche, diserahkan ke Paus Pius XI pada 1930. 

Dibandingkan versi aslinya, ada sedikit modifikasi seperti penambahan kelapangan Leg Room di kabin utama. Kemudian Throne Seat dan sejumlah tombol bisa digunakan Paus untuk berkomunikasi dengan pengemudi.


Terkini

news
Menperin Sebut Daihatsu Berikan Dampak Positif Bagi Indonesia

Menperin Tetap Dorong Insentif, Meskipun Ditolak Airlangga

Menperin menilai insentif untuk industri otomotif pada 2026 sangat penting, sebab dapat membawa dampak positif

mobil
iCar

iCar Dipastikan Tampil di IIMS 2026, Bawa Mobil Rakitan Lokal

Indonesia International Motor Show atau IIMS 2026 akan dijadikan sebagai tempat debut dari iCar di Tanah Air

mobil
Perodua QV-E Debut, Mobil Listrik Rp 300 Jutaan Buatan Malaysia

Perodua QV-E Debut, Mobil Listrik Rp 300 Jutaan Buatan Malaysia

Mobil listrik nasional Malaysia, Perodua QV-E resmi debut dengan skema sewa baterai seharga Rp 300 jutaan

motor
All new Honda Vario 125

Beli All New Honda Vario 125 Sekarang Dipastikan Tidak Inden

Baru meluncur, pengiriman skutik all new Honda Vario 125 sudah dimulai sehingga konsumen tak perlu inden

mobil
Daihatsu Sebut Kemudahan Kredit Mobil Membaik Jelang Tutup Tahun

Daihatsu Sebut Kredit Mobil Baru Dipermudah Jelang Tutup Tahun

Kondisi ekonomi belum pulih sepenuhnya tetapi membaik, Daihatsu ungkap persyaratan kredit mulai melonggar

mobil
VinFast Berencana Ekspor Model Setir Kanan dari Indonesia

VinFast Berencana Ekspor Model Setir Kanan dari Indonesia

Insentif mobil listrik impor berakhir tahun ini, VinFast fokus rakit lokal di 2026 dan berencana ekspor

mobil
Pabrik Chery

Tak Cuma Beli, Chery Pertimbangkan Skenario Lain Buat Miliki Pabrik

Chery telah mempertimbangkan beberapa skenario untuk bisa memiliki pabrik di Indonesia agar produksi bisa optimal

mobil
Toyota Pastikan Innova Reborn Bensin Sudah Tak Lagi Dijual

Toyota Pastikan Innova Reborn Bensin Sudah Tak Lagi Dijual

Versi diesel Toyota Kijang Innova Reborn mendapatkan pembaruan, varian bensinnya absen dari laman resmi