Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

Ada sejarah panjang di balik kendaraan resmi Paus atau Popemobile, desainnya berbeda dari unit pada umumnya

Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

KatadataOTO – Paus Fransiskus tiba di Indonesia 3 September dalam kunjungan kenegaraan sampai 6 September 2024. Salah satu kegiatan yang dinanti adalah misa akbar pada 5 September 2024 di Stadion Umum GBK (Gelora Bung Karno).

Pada perhelatan tersebut diprediksi ada sekitar 90.000 orang hadir. Ini juga menjadi satu kesempatan bagi umat untuk melihat Paus Fransiskus secara lebih dekat.

Nantinya Paus Fransiskus akan menyapa umat menggunakan kendaraan khusus, dikenal dengan sebutan Popemobile. Mobil itu didesain untuk mengangkut Paus Fransiskus agar lebih aman namun tetap dapat terlihat umat.

Terdapat sejarah panjang di balik Popemobile sebagai kendaraan pemimpin gereja Katolik ini. Karena awalnya bukan mobil, tetapi Sedia Gestatoria, secara harfiah artinya kursi pengangkut.

Tampilan Pindad Maung yang Akan Dipakai Paus Fransiskus
Photo : Instagram/katolik_garis_lucu

Pada tahun 1800-an Paus diangkut oleh sejumlah orang saat melakukan kunjungan langsung ke masyarakat atau umat. Tidak menggunakan kendaraan bermotor seperti saat ini.

Saat itu juga ada alternatif lain yakni kereta kuda. Lalu penggunaan Sedia Gestatoria berhenti di masa kepemimpinan Paus Yohanes Paulus I pada 1978, ia menolak karena alasan modernisasi.

Baru di 1929 kendaraan resmi Paus pertama kali diserahkan kepada Paus Pius XI sebagai tanda rekonsiliasi pemerintah Italia dan Tahta Suci, yakni Graham-Paige Type 837. Saat itu istilah Popemobile belum diciptakan, baru mulai populer pada 1979.

Sejak pertama menggunakan kendaraan bermotor, pelat digunakan sama seperti yang kita lihat di kendaraan Paus di RI saat ini yaitu SCV 1.

Sejumlah kendaraan lain digunakan sebagai Popemobile atau alat transportasi Paus adalah limosin Nurburg 460 rancangan Ferdinand Porsche, diserahkan ke Paus Pius XI pada 1930. 

Dibandingkan versi aslinya, ada sedikit modifikasi seperti penambahan kelapangan Leg Room di kabin utama. Kemudian Throne Seat dan sejumlah tombol bisa digunakan Paus untuk berkomunikasi dengan pengemudi.


Terkini

mobil
Forwot Car of The Year 2025

Mitsubishi Destinator Jadi Forwot Car of The Year 2025

Ajang penghargaan Forwot Car of The Year 2025 menunjuk Mitsubishi Destinator menangkan kategori utama

news
Busi Palsu Banyak Ditemukan di Jabodetabek, Wajib Waspada

Busi Palsu Banyak Ditemukan di Jabodetabek, Wajib Waspada

Dalam investigasinya, NGK banyak menemukan busi palsu merek NGK beredar luas di kota-kota besar Indonesia

motor
Koleksi Motor Rizki Juniansyah, Atlet Peraih Emas SEA Games 2025

Koleksi Motor Rizki Juniansyah, Atlet Peraih Emas SEA Games 2025

Rizki Juniansyah, atlet angkat beban Tanah Air menambah pundi-pundi emas Indonesia dalam ajang SEA Games 2025

news
Niterra Musnahkan 11 Ribu Busi Palsu, Beri Rasa Aman ke Konsumen

Niterra Musnahkan 11 Ribu Busi Palsu, Beri Rasa Aman ke Konsumen

Niterra melakukan investagi dengan beberapa pihak untuk memberantas peredaran busi NGK palsu di Indonesia

mobil
Bocoran Dua Mobil Baru BYD untuk Pasar Global di 2026

Bocoran Dua Mobil Baru BYD untuk Pasar Global di 2026

BYD menyiapkan dua model mobil baru yang mengincar pasar global di kuartal pertama 2026, ada sedan dan SUV

mobil
Rapor Penjualan Maxus di RI Sepanjang 2025, Tertinggal dari Denza

Rapor Penjualan Maxus di RI Sepanjang 2025, Melempem Dibanding Denza

Maxus menjual dua model MPV listrik mewah, namun angka penjualannya masih tertinggal jauh dari Denza

mobil
Airlangga

Pemerintah Klaim Penghentian Insentif Bisa Pacu Pembangunan Pabrik

Meski tanpa insentif pemerintah optimis produsen mobil tetap mau berinvestasi dengan membangun pabrik di Indonesia

news
Mitsubishi Fuso Siap Dukung Kebijakan Biodesel B50, Ada Syaratnya

Mitsubishi Fuso Siap Dukung Kebijakan Biodesel B50, Ada Syaratnya

Salah satu produk Mitsubishi Fuso, yakni Canter tengah mengikuti pengujian Biodiesel B50 dari pemerintah