Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

Ada sejarah panjang di balik kendaraan resmi Paus atau Popemobile, desainnya berbeda dari unit pada umumnya

Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

KatadataOTO – Paus Fransiskus tiba di Indonesia 3 September dalam kunjungan kenegaraan sampai 6 September 2024. Salah satu kegiatan yang dinanti adalah misa akbar pada 5 September 2024 di Stadion Umum GBK (Gelora Bung Karno).

Pada perhelatan tersebut diprediksi ada sekitar 90.000 orang hadir. Ini juga menjadi satu kesempatan bagi umat untuk melihat Paus Fransiskus secara lebih dekat.

Nantinya Paus Fransiskus akan menyapa umat menggunakan kendaraan khusus, dikenal dengan sebutan Popemobile. Mobil itu didesain untuk mengangkut Paus Fransiskus agar lebih aman namun tetap dapat terlihat umat.

Terdapat sejarah panjang di balik Popemobile sebagai kendaraan pemimpin gereja Katolik ini. Karena awalnya bukan mobil, tetapi Sedia Gestatoria, secara harfiah artinya kursi pengangkut.

Tampilan Pindad Maung yang Akan Dipakai Paus Fransiskus
Photo : Instagram/katolik_garis_lucu

Pada tahun 1800-an Paus diangkut oleh sejumlah orang saat melakukan kunjungan langsung ke masyarakat atau umat. Tidak menggunakan kendaraan bermotor seperti saat ini.

Saat itu juga ada alternatif lain yakni kereta kuda. Lalu penggunaan Sedia Gestatoria berhenti di masa kepemimpinan Paus Yohanes Paulus I pada 1978, ia menolak karena alasan modernisasi.

Baru di 1929 kendaraan resmi Paus pertama kali diserahkan kepada Paus Pius XI sebagai tanda rekonsiliasi pemerintah Italia dan Tahta Suci, yakni Graham-Paige Type 837. Saat itu istilah Popemobile belum diciptakan, baru mulai populer pada 1979.

Sejak pertama menggunakan kendaraan bermotor, pelat digunakan sama seperti yang kita lihat di kendaraan Paus di RI saat ini yaitu SCV 1.

Sejumlah kendaraan lain digunakan sebagai Popemobile atau alat transportasi Paus adalah limosin Nurburg 460 rancangan Ferdinand Porsche, diserahkan ke Paus Pius XI pada 1930. 

Dibandingkan versi aslinya, ada sedikit modifikasi seperti penambahan kelapangan Leg Room di kabin utama. Kemudian Throne Seat dan sejumlah tombol bisa digunakan Paus untuk berkomunikasi dengan pengemudi.


Terkini

news
SIM Keliling Jakarta

Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini 16 September, Ada 5 Tempat

Lima tempat SIM keliling Jakarta tersedia hari ini, simak informasinya lengkap dengan syarat dan biaya

news
Ganjil genap Jakarta 15 September 2025

Ganjil Genap Jakarta 16 September 2025, Puluhan Jalan Terdampak

Ganjil genap Jakarta 16 September 2025 digelar di puluhan ruas jalan Ibu Kota untuk hindari kemacetan

news
Metro Indah Mall Jadi Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini

Metro Indah Mall Jadi Salah Satu Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini

Masyarakat di Kota Kembang, dapat memanfaatkan kehadiran SIM keliling Bandung yang dihadirkan oleh kepolisian

mobil
Aion UT Raup 2.000 SPK, Dikirim Oktober dan Sudah CKD

Aion UT Raup 2.000 SPK, Dikirim Oktober dan Sudah CKD

Mobil listrik Aion UT sudah mendapatkan lebih dari 2.000 SPK, varian Premium disebut berkontribusi banyak

mobil
Harga Arcfox T1 Diungkap, Calon Pesaing BYD di Indonesia

Harga Arcfox T1 Diungkap, Calon Pesaing BYD Dolphin di Indonesia

Mobil listrik Arcfox T1 resmi diluncurkan dengan harga kompetitif, bakal masuk Indonesia tahun depan

news
Kecelakaan Bus RS Bina Sehat, Kemampuan Sopir Jadi Pertanyaan

Kecelakaan Bus RS Bina Sehat, Kemampuan Sopir Jadi Pertanyaan

Sebuah kecelakaan terjadi melibatkan satu bus RS Bina Sehat Jember, mengakibatkan delapan orang meninggal

news
Kemacetan TB Simatupang

Uji Coba Penambahan Lajur di TB Simatupang Bakal Dievaluasi Berkala

Uji coba penambahan lajur di TB Simatupang bakal dievaluasi secara berkala oleh pemerintah DKI Jakarta

motor
Delapan Bulan Tanpa Insentif, Begini Nasib Industri Motor Listrik

Insentif Tak Jelas, Industri Motor Listrik Bakal Dihantui PHK

Menurut Aismoli, industri motor listrik kian terhimpit akibat insentif dari pemerintah tak kunjung dicairkan