Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

Ada sejarah panjang di balik kendaraan resmi Paus atau Popemobile, desainnya berbeda dari unit pada umumnya

Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

KatadataOTO – Paus Fransiskus tiba di Indonesia 3 September dalam kunjungan kenegaraan sampai 6 September 2024. Salah satu kegiatan yang dinanti adalah misa akbar pada 5 September 2024 di Stadion Umum GBK (Gelora Bung Karno).

Pada perhelatan tersebut diprediksi ada sekitar 90.000 orang hadir. Ini juga menjadi satu kesempatan bagi umat untuk melihat Paus Fransiskus secara lebih dekat.

Nantinya Paus Fransiskus akan menyapa umat menggunakan kendaraan khusus, dikenal dengan sebutan Popemobile. Mobil itu didesain untuk mengangkut Paus Fransiskus agar lebih aman namun tetap dapat terlihat umat.

Terdapat sejarah panjang di balik Popemobile sebagai kendaraan pemimpin gereja Katolik ini. Karena awalnya bukan mobil, tetapi Sedia Gestatoria, secara harfiah artinya kursi pengangkut.

Tampilan Pindad Maung yang Akan Dipakai Paus Fransiskus
Photo : Instagram/katolik_garis_lucu

Pada tahun 1800-an Paus diangkut oleh sejumlah orang saat melakukan kunjungan langsung ke masyarakat atau umat. Tidak menggunakan kendaraan bermotor seperti saat ini.

Saat itu juga ada alternatif lain yakni kereta kuda. Lalu penggunaan Sedia Gestatoria berhenti di masa kepemimpinan Paus Yohanes Paulus I pada 1978, ia menolak karena alasan modernisasi.

Baru di 1929 kendaraan resmi Paus pertama kali diserahkan kepada Paus Pius XI sebagai tanda rekonsiliasi pemerintah Italia dan Tahta Suci, yakni Graham-Paige Type 837. Saat itu istilah Popemobile belum diciptakan, baru mulai populer pada 1979.

Sejak pertama menggunakan kendaraan bermotor, pelat digunakan sama seperti yang kita lihat di kendaraan Paus di RI saat ini yaitu SCV 1.

Sejumlah kendaraan lain digunakan sebagai Popemobile atau alat transportasi Paus adalah limosin Nurburg 460 rancangan Ferdinand Porsche, diserahkan ke Paus Pius XI pada 1930. 

Dibandingkan versi aslinya, ada sedikit modifikasi seperti penambahan kelapangan Leg Room di kabin utama. Kemudian Throne Seat dan sejumlah tombol bisa digunakan Paus untuk berkomunikasi dengan pengemudi.


Terkini

mobil
Perayaan 55 Tahun Mitsubishi Terus Berlanjut di GJAW 2025

Perayaan 55 Tahun Mitsubishi Terus Berlanjut di GJAW 2025

Mitsubishi turut ambil bagian dalam ajang GJAW 2025 dengan menampilkan Pajero Sport sampai Destinator

mobil
Geely EX2

Geely EX2 Bisa Dipesan di GJAW 2025, Harga Mulai Rp 233 Juta

Geely EX2 sudah bisa dipesan di GJAW 2025 dengan harga mulai dari Rp 233 juta dan tersedia beragam promo tambahan

mobil
Toyota Veloz Hybrid EV

Toyota New Veloz Hybrid EV Bikin Heboh GJAW 2025

Toyota Veloz Hybrid EV meluncur di GJAW 2025 dengan berbagai keunggulan yang menggoda para pengunjung

mobil
Kemungkinan Chery Negosiasi Beli Pabrik Handal di Pondok Ungu

Chery Berpeluang Akuisisi Pabrik Handal di Pondok Ungu

Chery dikabarkan tengah bernegosiasi dengan pihak pabrik Handal untuk menambah investasi di Indonesia

mobil
Toyota Urban Cruiser

Toyota Urban Cruiser Meluncur di GJAW 2025, Tak Perlu Inden Lama

Toyota Urban Cruiser hadir di Indonesia dengan harga Rp 759 juta dan masih diimpor secara utuh dari India

mobil
Peran Besar BYD Dipasar Mobil Listrik Indonesia, Atto 1 Primadona

Peran Besar BYD Dipasar Mobil Listrik Indonesia, Atto 1 Primadona

BYD kembali berpartisipasi di GJAW 2025 untuk menuai kesuksesan dengan menampilkan mobil listrik unggulan

mobil
Ford Everest Titanium

Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition Meluncur di GJAW 2025

Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition resmi meluncur di GJAW 2025 dengan jumlah yang terbatas

mobil
Daihatsu Rocky Hybrid

3 Daihatsu Rocky Hybrid Diserahkan ke konsumen di GJAW 2025

Daihatsu Rocky Hybrid diserahkan kepada tiga konsumen pertama yang melakukan pemesanan di GIIAS 2025