Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

Ada sejarah panjang di balik kendaraan resmi Paus atau Popemobile, desainnya berbeda dari unit pada umumnya

Popemobile Dari Masa ke Masa, Di Indonesia Pakai Pindad Maung

KatadataOTO – Paus Fransiskus tiba di Indonesia 3 September dalam kunjungan kenegaraan sampai 6 September 2024. Salah satu kegiatan yang dinanti adalah misa akbar pada 5 September 2024 di Stadion Umum GBK (Gelora Bung Karno).

Pada perhelatan tersebut diprediksi ada sekitar 90.000 orang hadir. Ini juga menjadi satu kesempatan bagi umat untuk melihat Paus Fransiskus secara lebih dekat.

Nantinya Paus Fransiskus akan menyapa umat menggunakan kendaraan khusus, dikenal dengan sebutan Popemobile. Mobil itu didesain untuk mengangkut Paus Fransiskus agar lebih aman namun tetap dapat terlihat umat.

Terdapat sejarah panjang di balik Popemobile sebagai kendaraan pemimpin gereja Katolik ini. Karena awalnya bukan mobil, tetapi Sedia Gestatoria, secara harfiah artinya kursi pengangkut.

Tampilan Pindad Maung yang Akan Dipakai Paus Fransiskus
Photo : Instagram/katolik_garis_lucu

Pada tahun 1800-an Paus diangkut oleh sejumlah orang saat melakukan kunjungan langsung ke masyarakat atau umat. Tidak menggunakan kendaraan bermotor seperti saat ini.

Saat itu juga ada alternatif lain yakni kereta kuda. Lalu penggunaan Sedia Gestatoria berhenti di masa kepemimpinan Paus Yohanes Paulus I pada 1978, ia menolak karena alasan modernisasi.

Baru di 1929 kendaraan resmi Paus pertama kali diserahkan kepada Paus Pius XI sebagai tanda rekonsiliasi pemerintah Italia dan Tahta Suci, yakni Graham-Paige Type 837. Saat itu istilah Popemobile belum diciptakan, baru mulai populer pada 1979.

Sejak pertama menggunakan kendaraan bermotor, pelat digunakan sama seperti yang kita lihat di kendaraan Paus di RI saat ini yaitu SCV 1.

Sejumlah kendaraan lain digunakan sebagai Popemobile atau alat transportasi Paus adalah limosin Nurburg 460 rancangan Ferdinand Porsche, diserahkan ke Paus Pius XI pada 1930. 

Dibandingkan versi aslinya, ada sedikit modifikasi seperti penambahan kelapangan Leg Room di kabin utama. Kemudian Throne Seat dan sejumlah tombol bisa digunakan Paus untuk berkomunikasi dengan pengemudi.


Terkini

news
Ganjil genap Puncak

Ganjil Genap Puncak 14 November 2025, Persiapkan Jalur Alternatif

Ganjil genap Puncak kembali digelar hari ini dengan pengawasan ketat dari pihak kepolisian di berbagai titik

mobil
Wholesales Mobil Listrik Oktober 2025, Tembus 13 Ribu Unit

Wholesales Mobil Listrik Oktober 2025, Tembus 13 Ribu Unit

BYD Atto 1 paling banyak memberikan kontribusi, mendongkrak wholesales mobil listrik sepanjang Oktober 2025

news
Operasi Zebra 2024 Siap Digelar, Catat Tanggalnya

Simak Pelanggaran yang Diincar Polisi saat Operasi Zebra 2025

Kepolisian bakal menggelar Operasi Zebra 2025 dengan beberapa pelanggaran yang menjadi fokus pada kali ini

modifikasi
Yamaha Xmax

GMA Goda Para Pengguna Yamaha Xmax Lewat Stoplamp Baru

GMA Indonesia kembali menelurkan inovasi terbarunya yakni JPA X Vision yang disematkan pada Yamaha Xmax

mobil
Penjualan Mobil

Target Realistis Penjualan Mobil 2025, Tak Akan Tembus 900 Ribu

Pengamat menilai secara matematis target penjualan mobil 900 ribu unit tidak bisa tercapai tahun ini

mobil
GJAW 2025 Tak Selalu Bawa Dampak Positif, Perlu Peran Pemerintah

GJAW 2025 Dinilai Tidak Bisa Diandalkan Dongkrak Penjualan

Para pabrikan tidak boleh berharap banyak dengan penyelenggaraan GJAW 2025 buat menggairahkan pasar mobil baru

mobil
Fuso di GIIAS 2025

Penjualan Truk Oktober 2025, Tumbuh Pada Kuartal Terakhir

Penjualan truk Oktober 2025 berhasil mengalami pertumbuhan bila dibandingkan pencapaian di bulan lalu

mobil
Penjualan mobil pikap

Penjualan Mobil Pikap Oktober 2025, Kembali Tumbuh

Penjualan mobil pikap Oktober 2025 di Indonesia berhasil mencatat angka tertinggi dalam 10 bulan terakhir