Jorge Martin Pasang Target Podium Usai Cedera, Siap Ancam Marquez
11 Agustus 2025, 23:00 WIB
Trackday jadi sarana aman memacu adrenalin di sirkuit balap, instruktur Ducati berikan sejumlah tips
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Trackday adalah kegiatan yang dapat diikuti penggemar sepeda motor buat merasakan sensasi berkendara berbeda dan memacu adrenalin di tempat aman, yakni sirkuit.
Secara ringkas, trackday merupakan kegiatan berkendara yang bisa diikuti seseorang di area sirkuit, meskipun bukan merupakan pembalap profesional.
Sirkuit Mandalika, Lombok kerap dijadikan tempat pilihan untuk menggelar acara trackday, baik kendaraan roda empat maupun roda dua.
Tidak sembarangan, ada sejumlah aturan harus diikuti baik dari pihak sirkuit maupun penyelenggara. Patut diperhatikan khususnya jika Anda baru pertama kali mengikuti trackday.
Misalnya menggunakan wearpack atau racing suit disediakan oleh penyelenggara serta menggunakan helm sesuai ketentuan.
Berkendara pun tidak boleh asal cepat. Tetap perhatikan petunjuk dari instruktur yang akan memandu jalannya trackday.
“Biasanya saat trackday akan ada instruktur di paling depan. Semua peserta harus mengikuti kami,” buka Carlos Serrano, Instruktur DRE (Ducati Riding Academy) saat ditemui KatadataOTO di Sirkuit Mandalika, beberapa waktu lalu.
Carlos menegaskan, penting bagi seluruh peserta trackday untuk mengikuti pola berkendara instruktur di barisan paling depan.
Meskipun mungkin terkesan mudah, Carlos mengimbau peserta trackday supaya tidak asal mengikuti cara berkendara pembalap profesional seperti dilakukan di MotoGP.
“Jangan mencoba untuk mengikuti gaya pembalap MotoGP, misalnya dengan kaki keluar (saat menikung) atau posisi ekstrem lainnya. Pokoknya hanya ikuti instruktur,” kata Carlos.
Hal-hal tersebut dapat meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan di area sirkuit. Menurut Carlos, peserta trackday cukup mengikuti postur tubuh instruktur.
“Ikuti saja posisi tubuh instruktur. Jangan ikuti pembalap MotoGP, mereka berada di level yang berbeda,” kata dia.
Di sisi lain dari pihak sirkuit juga ada hal lain harus diperhatikan. Contohnya, peserta trackday tidak dapat menurunkan standar di trek Sirkuit Mandalika agar tidak merusak kondisi aspal.
Sirkuit Mandalika saat ini telah lolos homologasi Grade A dari FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan Grade 3 FIA (Federation Internationale de l’Automobile).
Kedua sertifikasi tersebut mengizinkan Sirkuit Mandalika jadi tempat balapan memenuhi persyaratan buat sejumlah ajang balapan roda dua dan roda empat bergengsi, seperti MotoGP dan GT World Challenge.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
11 Agustus 2025, 23:00 WIB
11 Agustus 2025, 13:00 WIB
07 Agustus 2025, 15:00 WIB
22 Juli 2025, 08:00 WIB
21 Juli 2025, 18:15 WIB
Terkini
14 Agustus 2025, 13:00 WIB
Wuling Almaz Darion mulai terdaftar di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni EV serta PHEV
14 Agustus 2025, 12:00 WIB
Mobil nasional bantu penjualan kendaraan roda empat di Malaysia, Indonesia berpeluang lakukan hal serupa
14 Agustus 2025, 11:00 WIB
Jika perang harga mobil listrik dilakukan dalam waktu yang lama berpotensi bakal merugikan para konsumen
14 Agustus 2025, 10:00 WIB
BYD dan Denza menguasai 53 persen pasar mobil listrik di awal 2025 dengan penjualan mencapai 22.600 unit
14 Agustus 2025, 09:00 WIB
Meski diakui cukup dominan, BYD belum mau umumkan data pemesanan Atto 1 yang baru diluncurkan di GIIAS 2025
14 Agustus 2025, 08:00 WIB
Suzuki eVitara direncanakan meluncur tahun depan, bakal masuk Indonesia dengan status CBU terlebih dulu
14 Agustus 2025, 07:00 WIB
Honda EM1 e: didiskon Rp 17 jutaan untuk pembelian peridoe 6 hingga 31 Agustus 2025 untuk sambut hari kemerdekaan
14 Agustus 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta dipastikan tetap berlaku meski ada gladi upacara kemerdekaan di sekitar Istana Merdeka