Bos Ducati Puji Marc Marquez yang Tak Paksakan Menang di Prancis
16 Mei 2025, 12:00 WIB
Trackday jadi sarana aman memacu adrenalin di sirkuit balap, instruktur Ducati berikan sejumlah tips
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Trackday adalah kegiatan yang dapat diikuti penggemar sepeda motor buat merasakan sensasi berkendara berbeda dan memacu adrenalin di tempat aman, yakni sirkuit.
Secara ringkas, trackday merupakan kegiatan berkendara yang bisa diikuti seseorang di area sirkuit, meskipun bukan merupakan pembalap profesional.
Sirkuit Mandalika, Lombok kerap dijadikan tempat pilihan untuk menggelar acara trackday, baik kendaraan roda empat maupun roda dua.
Tidak sembarangan, ada sejumlah aturan harus diikuti baik dari pihak sirkuit maupun penyelenggara. Patut diperhatikan khususnya jika Anda baru pertama kali mengikuti trackday.
Misalnya menggunakan wearpack atau racing suit disediakan oleh penyelenggara serta menggunakan helm sesuai ketentuan.
Berkendara pun tidak boleh asal cepat. Tetap perhatikan petunjuk dari instruktur yang akan memandu jalannya trackday.
“Biasanya saat trackday akan ada instruktur di paling depan. Semua peserta harus mengikuti kami,” buka Carlos Serrano, Instruktur DRE (Ducati Riding Academy) saat ditemui KatadataOTO di Sirkuit Mandalika, beberapa waktu lalu.
Carlos menegaskan, penting bagi seluruh peserta trackday untuk mengikuti pola berkendara instruktur di barisan paling depan.
Meskipun mungkin terkesan mudah, Carlos mengimbau peserta trackday supaya tidak asal mengikuti cara berkendara pembalap profesional seperti dilakukan di MotoGP.
“Jangan mencoba untuk mengikuti gaya pembalap MotoGP, misalnya dengan kaki keluar (saat menikung) atau posisi ekstrem lainnya. Pokoknya hanya ikuti instruktur,” kata Carlos.
Hal-hal tersebut dapat meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan di area sirkuit. Menurut Carlos, peserta trackday cukup mengikuti postur tubuh instruktur.
“Ikuti saja posisi tubuh instruktur. Jangan ikuti pembalap MotoGP, mereka berada di level yang berbeda,” kata dia.
Di sisi lain dari pihak sirkuit juga ada hal lain harus diperhatikan. Contohnya, peserta trackday tidak dapat menurunkan standar di trek Sirkuit Mandalika agar tidak merusak kondisi aspal.
Sirkuit Mandalika saat ini telah lolos homologasi Grade A dari FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan Grade 3 FIA (Federation Internationale de l’Automobile).
Kedua sertifikasi tersebut mengizinkan Sirkuit Mandalika jadi tempat balapan memenuhi persyaratan buat sejumlah ajang balapan roda dua dan roda empat bergengsi, seperti MotoGP dan GT World Challenge.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 12:00 WIB
14 Mei 2025, 19:14 WIB
13 Mei 2025, 17:00 WIB
13 Mei 2025, 07:00 WIB
12 Mei 2025, 17:34 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 12:00 WIB
Gigi Dall’Igna memuji aksi Marc Marquez pada MotoGP Prancis 2025 yang tidak mau mengambil banyak risiko
16 Mei 2025, 11:00 WIB
CSI memastikan kalau Chery Tiggo 8 CSH sudah tersedia untuk dibeli dan akan langsung dikirim ke rumah konsumen
16 Mei 2025, 10:00 WIB
Dalam laporan keuangan terbaru, Mitsubishi mengkonfirmasi produksi massal DST Concept dimulai tahun ini
16 Mei 2025, 09:00 WIB
Dinas Perhubungan bakal lakukan rekayasa lalu lintas di 34 titik saat akhir oekan karena ada acara balap lari
16 Mei 2025, 08:00 WIB
Proses pembangunan pabrik baterai EV yang bertempat di Cilegon tetap berlanjut meskipun hadapi masalah
16 Mei 2025, 07:00 WIB
Merek Tiongkok mulai ikut ramaikan pasar mobil hybrid di RI, BYD beri isyarat akan bawa teknologi baru
16 Mei 2025, 06:56 WIB
Masih ada dispensasi berlaku di SIM keliling Jakarta buat kartu yang kedaluwarsa saat libur Hari Raya Waisak
16 Mei 2025, 06:00 WIB
Pembatasan ganjil genap Jakarta kembali diselenggarakan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Ibu Kota