Kapan Waktu Ganti Oli Mesin yang Tepat

Mengganti oli untuk kendaraan yang memiliki rutinitas tinggi setidaknya bisa dilakukan setiap bulannya

Kapan Waktu Ganti Oli Mesin yang Tepat

TRENOTO – Mengganti oli mesin motor perlu dilakukan secara berkala agar performa tetap prima. Pasalnya oli memiliki peran penting dalam menjaga kondisi komponen bergerak dalam mesin.

Sekalipun menggunakan pelumas berkualitas baik, tidak serta merta membuat pengemudi bisa mengabaikan perawatan tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi jalan khususnya di perkotaan yang padat kerap macet membuat oli harus diganti secara berkala.

Ciri-ciri oli harus diganti

  • Berwarna hitam pekat

Sebenarnya oli yang sudah berubah warna menjadi hitam bukanlah ciri-ciri oli harus diganti. Namun jika sudah berkelir hitam pekat dan sudah berubah bentuk menjadi lebih encer atau kental dari sebelumnya, maka sebaiknya diganti.

  • Volume berkurang

Motor pada umumnya memiliki kapasitas oli di bawah 1 liter. Apabila telah berkurang jauh, maka pertimbangkan untuk diganti.

Namun kondisi ini juga memiliki potensi adanya kelainan pada mesin seperti overheating hingga adanya kebocoran.

  • Suhu mesin tinggi

Oli yang sudah masuk waktunya diganti tidak bisa menghasilkan performa seperti saat baru dimasukkan. Walhasil kinerja oli menurun dan mesin menjadi lebih panas.

Photo : 123RF

  • Suara kasar

Seperti dilansir laman Mobil.co.id, oli yang menurun kualitasnya kan mengakibatkan suara mesin kasar. Hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan dan jika dibiarkan akan merusak beberapa komponen.

  • Akselerasi menurun

Oli yang sudah menurun kualitasnya akan membuat performa mesin menurun. Terlebih saat berakselerasi motor akan terasa berat tarikannya.

  • Muncul asap

Tanda ganti oli yang terlalu parah bisa dilihat dari keluarnya asap dari knalpot. Akan semakin parah jika asapnya berwarna putih karena berarti oli mesin ikut terbakar karena beberapa komponen di dalam mesin sudah rusak.

Panduan mengganti oli mesin

Pada umumnya waktu mengganti oli mesin pada kilometer mencapai 3.000 hingga 5.000 kilometer. Patokan ini bisa bertambah jika rutinitas perjalanan tinggi dan kerap kena macet panjang.

“Menentukan kapan oli motor harus diganti juga bisa dilihat dari kilometer harian. Untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor matik sebulan sekali,” tulis laman Mobil.co.id.


Terkini

mobil
Chery Buka Diler Baru di PIK 2, Goda Konsumen Berkantong Tebal

Chery Buka Diler Baru di PIK 2, Goda Konsumen Berkantong Tebal

Diler baru Chery di PIK 2 berstatus 3S, tampilkan berbagai lini unggulan termasuk Tiggo 8 CSH sampai J6

motor
FIFGroup

Beli Motor Honda Lewat FIFGroup di IMOS 2025 Hemat Rp 12.5 Juta

FIFGroup meramaikan ajang IMOS 2025 dengan menghadirkan sejumlah paket promosi menarik bagi para pengunjung

mobil
Harga Suzuki Victoris Pengganti Grand Vitara Diungkap, Saingi LCGC

Harga Suzuki Victoris Pengganti Grand Vitara, Saingi LCGC

Suzuki Victoris bakal dijual lebih dulu di India dengan harga mulai Rp 190 jutaan, ada varian strong hybrid

mobil
Chery Optimistis Jual 23 Ribu Unit Mobil Sampai Akhir Tahun

Chery Optimis Jual 23 Ribu Unit Mobil Sampai Akhir Tahun

Berbekal produk anyar, Chery menargetkan 23 ribu mobil baru bisa terniagakan hingga Desember 2025 nanti

mobil
NJKB Jetour T2 Terdaftar Mulai Rp 200 Jutaan, Ada Tiga Varian

NJKB Jetour T2 Terdaftar Mulai Rp 200 Jutaan, Ada Tiga Varian

Tiga varian SUV Jetour T2 terdaftar di Indonesia dengan NJKB mulai Rp 200 jutaan, ada varian PHEV dan diesel

mobil
Wholesales LMPV Agustus 2025, Hyundai Stargazer Turun

Wholesales LMPV Agustus 2025, Hyundai Stargazer Turun 29 Persen

Secara keseluruhan data Gaikindo menyorot wholesales LMPV bulan ini turun 3,72 persen, berikut selengkapnya

mobil
Suzuki Carry

Penjualan Kendaraan Komersial Agustus 2025 Tumbuh, Pikap Jadi Andalan

Penjualan kendaraan komersial Agustus 2025 berhasil tumbuh dengan menjadikan pikap sebagai tulang punggung

otosport
Curhat Fabio Quartararo Usai Jajal Mesin V4 Yamaha di Misano

Curhat Fabio Quartararo Usai Jajal Mesin V4 Yamaha di Misano

Fabio Quartararo sebut mesin V4 Yamaha belum bisa jadi solusi pengganti inline-4, perlu banyak pengembangan