Pertamina Blokir 394 Ribu Nomor Polisi, Tak Bisa Isi BBM Subsidi
18 November 2025, 09:00 WIB
Sebelum bepergian saat libur Nataru, ada beberapa hal yang harus disiapkan agar bisa selamat sampai tujuan
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah sebentar lagi. Banyak orang yang telah merencanakan berwisata bersama keluarga.
Mulai dari mengunjungi tempat wisata sampai pergi ke luar kota, selalu menjadi pilihan tepat ketika akhir tahun.
Akan tetapi, dalam sebuah temuan baru mengungkapkan bahwa sebagian besar pengemudi di Indonesia belum siap menghadapi situasi darurat di jalan.
Seperti ketika mobil mogok, ban bocor atau kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Jika hal itu terjadi, maka liburan bersama keluarga saat Nataru akan berantakan.
Apalagi menurut survey yang dilakukan oleh Garasi.id, 60 persen pengemudi di Indonesia tidak memiliki akses ke layanan darurat 24 jam.
Kemudian sekitar 56 persen mengaku tidak tahu harus menghubungi siapa, saat kendaraan mengalami masalah di jalan.
Selanjutnya ada empat kendala yang kerap menimpa para pengendara ketika bepergian. Seperti ban bocor, berkontribusi sampai 35 persen.
Aksi soak atau mati sampai 30 persen, kehabisan bahan bakar minyak (BBM) 25 persen dan hal lainnya sebesar 10 persen.
Berbagai situasi di atas meski terlihat ringan, namun sering kali memaksa pengemudi untuk bertindak sendiri tanpa keahlian atau peralatan memadai.
Berangkat dari fakta tersebut, Garasi.id menghadirkan layanan Asisten Darurat. Sebuah fasilitas yang tersedia selama 24 jam.
Menyediakan bantuan menyeluruh untuk pengendara di jalan. Terutama ketika musim libur Nataru nanti.
“Penanganan darurat yang tidak tepat kerap menjadi pemicu eskalasi situasi darurat di jalan yang sebenarnya bisa dihindari,” ungkap Ardyanto Alam, CEO Garasi.id dalam keterangan resmi, Selasa (18/11).
Menurut Ardyanto, ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pengendara dalam layanan Asisten Darurat.
Semisal derek atau towing kendaraan, jump-start aki, penggantian aki, pengantaran bahan bakar sampai bantuan membuka pintu saat kunci tertinggal di dalam mobil.
Ia pun berharap dengan kehadiran program tersebut, bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang sedang mengalami kendala.
“Dengan kehadiran Asisten Darurat Garasi.id, kami ingin memastikan bahwa para pengendara memiliki akses cepat dan profesional saat mengalami kondisi darurat,” lanjut Ardyanto.
Ia juga menambahkan bahwa, layanan tersebut tidak terbatas pada pengguna mobil pribadi saja. Melainkan juga ditujukan bagi kendaraan operasional perusahaan.
“Kami percaya bahwa keselamatan tidak hanya datang dari kendaraan yang prima, tetapi dari layanan darurat yang dapat diandalkan kapanpun dibutuhkan,” ia menutup perkataannya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
18 November 2025, 09:00 WIB
17 November 2025, 07:00 WIB
15 November 2025, 11:00 WIB
11 November 2025, 19:12 WIB
11 November 2025, 07:00 WIB
Terkini
18 November 2025, 16:02 WIB
Mitsubishi Xpander mengalami kenaikan paling pesat wholesales LMPV per Oktober 2025, berikut datanya
18 November 2025, 15:17 WIB
Ekspor Dua produk anyar Suzuki Fronx dan Satria resmi dimulai, sasar sejumlah negara di kawasan ASEAN
18 November 2025, 14:00 WIB
Honda Super One diyakini punya banderol serupa produk-produk mobil asal Jepang pada umumnya di Tanah Air
18 November 2025, 13:00 WIB
Federal Oil melakukan penindakan terhadap dua bengkel motor di Kalimantan Timur karena memasarkan oli palsu
18 November 2025, 12:00 WIB
Ketika berencana untuk membeli mobil baru di GJAW 2025, wajib mempertimbangkan kemampuan finansial keluarga
18 November 2025, 11:00 WIB
Suzuki Fronx berhasil meraih lima bintang keselamatan dari ASEAN NCAP meski bagian yang kurang optimal
18 November 2025, 10:00 WIB
MPV Galaxy V900 digadang sebagai produk perdana Geely di segmen premium, debut jelang akhir November
18 November 2025, 09:00 WIB
Ratusan ribu mobil diduga melakukan kecurangan saat membeli BBM subsidi di SPBU Pertamina beberapa waktu lalu