Ekspansi Pabrik Jadi Siasat BYD Hadapi Tarif Impor EV Uni Eropa
16 Oktober 2024, 19:01 WIB
Sempat viral di sosial media, BYD respon keluhan konsumen yang menerima unit Dolphin dalam kondisi kotor
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah mengakselerasi pengiriman unit ke konsumen setelah sempat terlambat beberapa waktu. Namun belum lama ini hal tidak mengenakkan terjadi pada konsumen yang sudah terima unit.
Salah seorang konsumen BYD Dolphin membagikan pengalaman menerima unit kotor dan ada karat di sejumlah bagian kendaraan. Kemudian ditemukan juga goresan panjang pada mobil listrik tersebut.
Pemilik yang bernama Wahyu Tanuwidjaja itu membagikan pengalamannya di laman komunitas BYD Indonesia.
“Saya putuskan untuk terima dengan catatan apabila ada parts yang memang kondisiinya jelek mereka harus ganti,” tulisnya beberapa waktu lalu.
Menurut dia pihak diler mau bertanggung jawab dan akan membawa BYD Dolphin itu ke Car Grooming namun dengan biaya sekitar Rp 500 ribu.
“Kalau dipikir-pikir, Rp 500 ribu tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Daripada saya bolak-balik kesal dua kali, lebih baik saya bereskan sendiri,” kata dia.
Terkait kejadian tersebut, BYD respon keluhan konsumen dan memastikan agar manufaktur lebih berhati-hati saat mengirimkan unit kendaraan ke konsumen.
“Kita mengakui bahwa ini suatu hal buat kita jadi pelajaran untuk perbaikan ke depan. Buat kita yang penting Correction Action,” ucap Luther Panjaitan, Head of Marketing BYD Motor Indonesia di sela GIIAS 2024, Jumat (26/7).
Ia menegaskan penting bagi BYD untuk tidak mengesampingkan kualitas pengiriman kendaraan meski ingin mempercepat pengiriman kepada calon konsumen.
Menurut dia diler akan terus berkomunikasi dengan konsumen terkait supaya dapat memenuhi ekspektasi dan menemukan jalan keluar. Tetapi ia mengakui akan sulit mengembalikan harapan konsumen setelah kejadian tersebut.
“Kita lakukan yang terbaik khususnya di level diler. Karena dia banyak kepada pelayanan dalam sisi pengiriman kendaraan,” ucap Luther.
Ketika ditanya soal kemungkinan tukar dengan unit baru, Luther menegaskan hal itu hanya dilakukan apabila ada kerusakan fatal atau prosedur lain yang tak memenuhi syarat.
Sebagai informasi varian terendah dari BYD Dolphin resmi dihadirkan di GIIAS 2024, yakni tipe Dynamic, dibekali baterai berkapasitas 44,9 kWh, tawarkan jarak tempuh 410 km dalam satu kali pengisian daya.
Pembeda utama dengan tipe lain yang telah dipasarkan adalah opsi kelir. Karena varian Dynamic hanya tersedia One Tone.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
16 Oktober 2024, 19:01 WIB
16 Oktober 2024, 18:00 WIB
16 Oktober 2024, 16:00 WIB
16 Oktober 2024, 15:00 WIB
16 Oktober 2024, 08:00 WIB
Terkini
17 Oktober 2024, 06:00 WIB
Masyarakat dapat mendatangi salah satu lokasi SIM Keliling Jakarta hari ini untuk mengurus dokumen berkendara
17 Oktober 2024, 06:00 WIB
Perpanjangan SIM A dan C bisa dilakukan dengan mudah di SIM keliling Bandung, simak syarat lengkapnya
17 Oktober 2024, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 17 Oktober 2024 masih terbilang ketat karena kepolisian menggelar operasi Zebra
16 Oktober 2024, 20:00 WIB
Ada dua model produksi Wuling, berikut sejumlah mobil milik Veronica Tan calon menteri Prabowo Subianto
16 Oktober 2024, 19:01 WIB
Pemberlakuan tarif impor EV oleh Uni Eropa membuat BYD lakukan ekspansi lewat pembangunan pabrik di luar China
16 Oktober 2024, 18:00 WIB
Chery menyebut kalau mobil listrik Omoda E5 cukup diminati oleh konsumen, sebab terjual sampai ribuan unit
16 Oktober 2024, 17:00 WIB
Untuk denda tilang Operasi Zebra 2024 yang paling murah adalah Rp 250 ribu dan termahal di angka Rp 1 juta
16 Oktober 2024, 16:00 WIB
Beberapa kasus terjadi Florida, mobil listrik terbakar saat baterainya terpapar air laut sehingga pemilik harus waspada