Kapal Pengangkut Mobil Listrik Tenggelam Usai Terbakar di Alaska
26 Juni 2025, 15:00 WIB
Sempat viral di sosial media, BYD respon keluhan konsumen yang menerima unit Dolphin dalam kondisi kotor
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah mengakselerasi pengiriman unit ke konsumen setelah sempat terlambat beberapa waktu. Namun belum lama ini hal tidak mengenakkan terjadi pada konsumen yang sudah terima unit.
Salah seorang konsumen BYD Dolphin membagikan pengalaman menerima unit kotor dan ada karat di sejumlah bagian kendaraan. Kemudian ditemukan juga goresan panjang pada mobil listrik tersebut.
Pemilik yang bernama Wahyu Tanuwidjaja itu membagikan pengalamannya di laman komunitas BYD Indonesia.
“Saya putuskan untuk terima dengan catatan apabila ada parts yang memang kondisiinya jelek mereka harus ganti,” tulisnya beberapa waktu lalu.
Menurut dia pihak diler mau bertanggung jawab dan akan membawa BYD Dolphin itu ke Car Grooming namun dengan biaya sekitar Rp 500 ribu.
“Kalau dipikir-pikir, Rp 500 ribu tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Daripada saya bolak-balik kesal dua kali, lebih baik saya bereskan sendiri,” kata dia.
Terkait kejadian tersebut, BYD respon keluhan konsumen dan memastikan agar manufaktur lebih berhati-hati saat mengirimkan unit kendaraan ke konsumen.
“Kita mengakui bahwa ini suatu hal buat kita jadi pelajaran untuk perbaikan ke depan. Buat kita yang penting Correction Action,” ucap Luther Panjaitan, Head of Marketing BYD Motor Indonesia di sela GIIAS 2024, Jumat (26/7).
Ia menegaskan penting bagi BYD untuk tidak mengesampingkan kualitas pengiriman kendaraan meski ingin mempercepat pengiriman kepada calon konsumen.
Menurut dia diler akan terus berkomunikasi dengan konsumen terkait supaya dapat memenuhi ekspektasi dan menemukan jalan keluar. Tetapi ia mengakui akan sulit mengembalikan harapan konsumen setelah kejadian tersebut.
“Kita lakukan yang terbaik khususnya di level diler. Karena dia banyak kepada pelayanan dalam sisi pengiriman kendaraan,” ucap Luther.
Ketika ditanya soal kemungkinan tukar dengan unit baru, Luther menegaskan hal itu hanya dilakukan apabila ada kerusakan fatal atau prosedur lain yang tak memenuhi syarat.
Sebagai informasi varian terendah dari BYD Dolphin resmi dihadirkan di GIIAS 2024, yakni tipe Dynamic, dibekali baterai berkapasitas 44,9 kWh, tawarkan jarak tempuh 410 km dalam satu kali pengisian daya.
Pembeda utama dengan tipe lain yang telah dipasarkan adalah opsi kelir. Karena varian Dynamic hanya tersedia One Tone.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 Juni 2025, 15:00 WIB
26 Juni 2025, 12:00 WIB
26 Juni 2025, 11:42 WIB
25 Juni 2025, 20:00 WIB
25 Juni 2025, 14:00 WIB
Terkini
26 Juni 2025, 17:00 WIB
Setelah Honda, Chery ikut meluncurkan pembaruan model dengan harga yang turun drastis sampai Rp 100 jutaan
26 Juni 2025, 16:00 WIB
Lounge diler Jeep di PIK resmi dibuka untuk konsumen, tawarkan pelayanan premium buat para pelanggan
26 Juni 2025, 15:00 WIB
Kapal pengangkut mobil listrik bernama Morning Midas yang terbakar di laut Alaska dinyatakan tenggelam
26 Juni 2025, 14:00 WIB
Biaya operasional EHang 216-S diklaim lebih terjangkau ketimbang helikopter meski waktu tempuhnya sama
26 Juni 2025, 13:00 WIB
Daftarkan model kei car generasi ketujuh yakni Daihatsu Move, berpeluang untuk hadir di ajang GIIAS 2025
26 Juni 2025, 12:00 WIB
Spesifikasi Aion UT mulai dibocorkan oleh para tenaga penjual yang sudah menawarkan unit meski belum diluncurkan
26 Juni 2025, 11:42 WIB
GWM Ora 03 akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia, mobil listrik ini dijual dengan harga Rp 379 jutaan
26 Juni 2025, 11:00 WIB
Untuk tetap memiliki performa optimal, kaca film harus mendapatkan perawatan sederhana dan awet masa pakainya