Dihantam Robot, Pekerja Tesla Layangkan Gugatan Nyaris Rp 1 Triliun
26 September 2025, 17:00 WIB
Sempat viral di sosial media, BYD respon keluhan konsumen yang menerima unit Dolphin dalam kondisi kotor
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah mengakselerasi pengiriman unit ke konsumen setelah sempat terlambat beberapa waktu. Namun belum lama ini hal tidak mengenakkan terjadi pada konsumen yang sudah terima unit.
Salah seorang konsumen BYD Dolphin membagikan pengalaman menerima unit kotor dan ada karat di sejumlah bagian kendaraan. Kemudian ditemukan juga goresan panjang pada mobil listrik tersebut.
Pemilik yang bernama Wahyu Tanuwidjaja itu membagikan pengalamannya di laman komunitas BYD Indonesia.
“Saya putuskan untuk terima dengan catatan apabila ada parts yang memang kondisiinya jelek mereka harus ganti,” tulisnya beberapa waktu lalu.
Menurut dia pihak diler mau bertanggung jawab dan akan membawa BYD Dolphin itu ke Car Grooming namun dengan biaya sekitar Rp 500 ribu.
“Kalau dipikir-pikir, Rp 500 ribu tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Daripada saya bolak-balik kesal dua kali, lebih baik saya bereskan sendiri,” kata dia.
Terkait kejadian tersebut, BYD respon keluhan konsumen dan memastikan agar manufaktur lebih berhati-hati saat mengirimkan unit kendaraan ke konsumen.
“Kita mengakui bahwa ini suatu hal buat kita jadi pelajaran untuk perbaikan ke depan. Buat kita yang penting Correction Action,” ucap Luther Panjaitan, Head of Marketing BYD Motor Indonesia di sela GIIAS 2024, Jumat (26/7).
Ia menegaskan penting bagi BYD untuk tidak mengesampingkan kualitas pengiriman kendaraan meski ingin mempercepat pengiriman kepada calon konsumen.
Menurut dia diler akan terus berkomunikasi dengan konsumen terkait supaya dapat memenuhi ekspektasi dan menemukan jalan keluar. Tetapi ia mengakui akan sulit mengembalikan harapan konsumen setelah kejadian tersebut.
“Kita lakukan yang terbaik khususnya di level diler. Karena dia banyak kepada pelayanan dalam sisi pengiriman kendaraan,” ucap Luther.
Ketika ditanya soal kemungkinan tukar dengan unit baru, Luther menegaskan hal itu hanya dilakukan apabila ada kerusakan fatal atau prosedur lain yang tak memenuhi syarat.
Sebagai informasi varian terendah dari BYD Dolphin resmi dihadirkan di GIIAS 2024, yakni tipe Dynamic, dibekali baterai berkapasitas 44,9 kWh, tawarkan jarak tempuh 410 km dalam satu kali pengisian daya.
Pembeda utama dengan tipe lain yang telah dipasarkan adalah opsi kelir. Karena varian Dynamic hanya tersedia One Tone.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 September 2025, 17:00 WIB
24 September 2025, 17:00 WIB
24 September 2025, 13:00 WIB
23 September 2025, 16:10 WIB
23 September 2025, 11:00 WIB
Terkini
30 September 2025, 14:00 WIB
Banyak pihak yang menantikan Marc Marquez meraih kemenangan di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti
30 September 2025, 13:00 WIB
Honda ADV 160 terbaru sukses membukukan penjualan sampai ratusan unit selama lima hari IMOS 2025 berlangsung
30 September 2025, 12:00 WIB
Menurut Swallow permintaan ban masih stabil sampai sekarang meski pasar motor baru di Indonesia tak bergairah
30 September 2025, 11:00 WIB
Dua pembalap Gresini, yakni Alex Marquez dan Fermin Aldeguer mampu tampil gemilang di MotoGP Jepang 2025
30 September 2025, 10:00 WIB
Franco Morbidelli serta Fabio Di Giannantonio menyambangi Jakarta lebih dulu sebelum melakoni MotoGP Mandalika
30 September 2025, 09:00 WIB
Bagian dari program apresiasi konsumen, Federal Oil ajak sejumlah konsumen menonton MotoGP Jepang 2025
30 September 2025, 08:00 WIB
Sedikitnya ada enam gerbang tol Dalam Kota yang ditutup sementara untuk mendapat perbaikan setelah dirusak massa
30 September 2025, 07:00 WIB
BlackAuto Battle 2025 Surabaya berhasil menarik perhatian para penggelar modifikasi dari bebagai daerah