Pikap BYD Shark PHEV Debut di Thailand, Makin Dekat ke Indonesia
31 Maret 2025, 16:17 WIB
Sempat viral di sosial media, BYD respon keluhan konsumen yang menerima unit Dolphin dalam kondisi kotor
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah mengakselerasi pengiriman unit ke konsumen setelah sempat terlambat beberapa waktu. Namun belum lama ini hal tidak mengenakkan terjadi pada konsumen yang sudah terima unit.
Salah seorang konsumen BYD Dolphin membagikan pengalaman menerima unit kotor dan ada karat di sejumlah bagian kendaraan. Kemudian ditemukan juga goresan panjang pada mobil listrik tersebut.
Pemilik yang bernama Wahyu Tanuwidjaja itu membagikan pengalamannya di laman komunitas BYD Indonesia.
“Saya putuskan untuk terima dengan catatan apabila ada parts yang memang kondisiinya jelek mereka harus ganti,” tulisnya beberapa waktu lalu.
Menurut dia pihak diler mau bertanggung jawab dan akan membawa BYD Dolphin itu ke Car Grooming namun dengan biaya sekitar Rp 500 ribu.
“Kalau dipikir-pikir, Rp 500 ribu tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Daripada saya bolak-balik kesal dua kali, lebih baik saya bereskan sendiri,” kata dia.
Terkait kejadian tersebut, BYD respon keluhan konsumen dan memastikan agar manufaktur lebih berhati-hati saat mengirimkan unit kendaraan ke konsumen.
“Kita mengakui bahwa ini suatu hal buat kita jadi pelajaran untuk perbaikan ke depan. Buat kita yang penting Correction Action,” ucap Luther Panjaitan, Head of Marketing BYD Motor Indonesia di sela GIIAS 2024, Jumat (26/7).
Ia menegaskan penting bagi BYD untuk tidak mengesampingkan kualitas pengiriman kendaraan meski ingin mempercepat pengiriman kepada calon konsumen.
Menurut dia diler akan terus berkomunikasi dengan konsumen terkait supaya dapat memenuhi ekspektasi dan menemukan jalan keluar. Tetapi ia mengakui akan sulit mengembalikan harapan konsumen setelah kejadian tersebut.
“Kita lakukan yang terbaik khususnya di level diler. Karena dia banyak kepada pelayanan dalam sisi pengiriman kendaraan,” ucap Luther.
Ketika ditanya soal kemungkinan tukar dengan unit baru, Luther menegaskan hal itu hanya dilakukan apabila ada kerusakan fatal atau prosedur lain yang tak memenuhi syarat.
Sebagai informasi varian terendah dari BYD Dolphin resmi dihadirkan di GIIAS 2024, yakni tipe Dynamic, dibekali baterai berkapasitas 44,9 kWh, tawarkan jarak tempuh 410 km dalam satu kali pengisian daya.
Pembeda utama dengan tipe lain yang telah dipasarkan adalah opsi kelir. Karena varian Dynamic hanya tersedia One Tone.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
31 Maret 2025, 16:17 WIB
31 Maret 2025, 09:00 WIB
31 Maret 2025, 07:00 WIB
30 Maret 2025, 22:03 WIB
30 Maret 2025, 07:00 WIB
Terkini
01 April 2025, 18:19 WIB
Mengawali April 2025, harga BBM di seluruh SPBU milik swasta mengalami penurunan dengan jumlah bervariasi
01 April 2025, 15:00 WIB
Kepolisian memprediksi puncak arus balik Lebaran 2025 terjadi di akhir pekan, masyarakat diminta waspada
01 April 2025, 13:00 WIB
Dengan berbagai pertimbangan AHM memprediksi penjualan motor baru Honda akan meningkat pada kuartal pertama
01 April 2025, 11:00 WIB
Hyundai Stargazer facelift diduga terdaftar di RI dengan nama varian Carten, berpeluang meluncur tahun ini
01 April 2025, 08:00 WIB
Pihak kepolisian dapat menerapkan one way di Puncak Bogor secara situasional, berikut rincian aturannya
01 April 2025, 06:43 WIB
Ganjil genap Jakarta ditiadakan selama libur Lebaran 2025 sehingga masyarakat bisa bebas beraktivitas
31 Maret 2025, 16:17 WIB
Hybrid BYD Shark semakin dekat ke Indonesia, debut di Thailand dengan harga di kisaran Rp 800 jutaan
31 Maret 2025, 12:03 WIB
200 peserta mengikuti program mudik gratis bareng Diton 2025 dengan berbagai kota tujuan seperti ke Semarang