Era Elektrifikasi Jadi Mimpi Buruk buat Porsche
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Sempat viral di sosial media, BYD respon keluhan konsumen yang menerima unit Dolphin dalam kondisi kotor
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – BYD (Build Your Dreams) tengah mengakselerasi pengiriman unit ke konsumen setelah sempat terlambat beberapa waktu. Namun belum lama ini hal tidak mengenakkan terjadi pada konsumen yang sudah terima unit.
Salah seorang konsumen BYD Dolphin membagikan pengalaman menerima unit kotor dan ada karat di sejumlah bagian kendaraan. Kemudian ditemukan juga goresan panjang pada mobil listrik tersebut.
Pemilik yang bernama Wahyu Tanuwidjaja itu membagikan pengalamannya di laman komunitas BYD Indonesia.
“Saya putuskan untuk terima dengan catatan apabila ada parts yang memang kondisiinya jelek mereka harus ganti,” tulisnya beberapa waktu lalu.
Menurut dia pihak diler mau bertanggung jawab dan akan membawa BYD Dolphin itu ke Car Grooming namun dengan biaya sekitar Rp 500 ribu.
“Kalau dipikir-pikir, Rp 500 ribu tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Daripada saya bolak-balik kesal dua kali, lebih baik saya bereskan sendiri,” kata dia.
Terkait kejadian tersebut, BYD respon keluhan konsumen dan memastikan agar manufaktur lebih berhati-hati saat mengirimkan unit kendaraan ke konsumen.
“Kita mengakui bahwa ini suatu hal buat kita jadi pelajaran untuk perbaikan ke depan. Buat kita yang penting Correction Action,” ucap Luther Panjaitan, Head of Marketing BYD Motor Indonesia di sela GIIAS 2024, Jumat (26/7).
Ia menegaskan penting bagi BYD untuk tidak mengesampingkan kualitas pengiriman kendaraan meski ingin mempercepat pengiriman kepada calon konsumen.
Menurut dia diler akan terus berkomunikasi dengan konsumen terkait supaya dapat memenuhi ekspektasi dan menemukan jalan keluar. Tetapi ia mengakui akan sulit mengembalikan harapan konsumen setelah kejadian tersebut.
“Kita lakukan yang terbaik khususnya di level diler. Karena dia banyak kepada pelayanan dalam sisi pengiriman kendaraan,” ucap Luther.
Ketika ditanya soal kemungkinan tukar dengan unit baru, Luther menegaskan hal itu hanya dilakukan apabila ada kerusakan fatal atau prosedur lain yang tak memenuhi syarat.
Sebagai informasi varian terendah dari BYD Dolphin resmi dihadirkan di GIIAS 2024, yakni tipe Dynamic, dibekali baterai berkapasitas 44,9 kWh, tawarkan jarak tempuh 410 km dalam satu kali pengisian daya.
Pembeda utama dengan tipe lain yang telah dipasarkan adalah opsi kelir. Karena varian Dynamic hanya tersedia One Tone.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 17:37 WIB
16 Mei 2025, 16:00 WIB
16 Mei 2025, 15:00 WIB
16 Mei 2025, 08:00 WIB
16 Mei 2025, 07:00 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti