Alasan Motor Listrik Yamaha Neos Belum Juga Dijual di Indonesia
27 September 2024, 10:00 WIB
Yamaha belum berniat menyematkan YECVT ke sejumlah produk lainnya, mereka masih fokus untuk Nmax Turbo saja
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Yamaha Nmax Turbo hadir dengan berbagai fitur kekinian. Salah satunya adalah YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission).
Hal itu membuat semua orang penasaran dengan teknologi tersebut. Pasalnya diklaim bisa meningkatkan akselerasi ketika matic Yamaha satu ini dikendarai.
Namun untuk merasakannya Anda harus memiliki Yamaha Nmax Turbo terlebih dahulu. Sebab manufaktur asal Jepang tersebut belum berniat menyematkan YECVT ke produk lain seperti Aerox serta Lexi.
“Fokus kita sekarang ke Nmax, ini teknologi yang bagus. Kami juga mau setiap orang merasakan sensasi dari YECVT,” kata Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Public Relation PT YIMM di Cirebon beberapa waktu lalu.
Anton menjelaskan kalau pihaknya masih membutuhkan waktu guna memperluas pengembangan YECVT ke motor lain. Kemudian mereka perlu masukan dari konsumen di Tanah Air.
Apakah perlu fitur tersebut disematkan ke Yamaha Aerox serta Lexi atau tidak. Sehingga mereka bisa memutuskan hal itu.
“Kita akan lihat responnya seperti apa ke depan dari konsumen,” Anton menegaskan.
Sebagai informasi, YECVT menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan mengandalkan motor listrik untuk menggerakan Pulley depan.
Kemudian memanfaatkan sejumlah komponen kelistrikan pada Yamaha Nmax baru. Meliputi Control Unit, Actuator serta sejumlah sensor lainnya.
Sebagai informasi, YECVT terdiri dari Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.
Yamaha pun merancang Pulley yang lebih besar 10 mm, V-belt 0,8 mm sert Spring Secondary lebih panjang serta keras. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi Yamaha Nmax Turbo.
Apalagi tersedia Y-Shift dengan tiga tingkatan, mulai dari Low (1), Medium (2) dan High (3). Cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan.
Selanjutnya saat Anda akan melewati tanjakan yang curam. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan di jalan raya.
Di sisi lain manufaktur asal negeri sakura mengklaim, Yamaha Nmax Turbo mampu berakselerasi dari 0-100 meter hanya dalam 7,2 detik saja.
Sedangkan pada Yamaha Nmax lawas memakan waktu 7,43 detik. Jadi sangat membantu Anda saat melewati jalan perkotaan.
Terlebih setelah disematkan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring). Anda bisa mengoperasikannya menggunakan tombol ‘Mode pada bagian depan setang bagian kiri.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
27 September 2024, 10:00 WIB
27 September 2024, 07:00 WIB
26 September 2024, 10:00 WIB
25 September 2024, 08:00 WIB
24 September 2024, 08:00 WIB
Terkini
27 September 2024, 15:00 WIB
Salah satu penyebab mobil listrik tiba-tiba terbakar adalah baterai dalam kondisi Thermal Runaway, simak beberapa faktornya
27 September 2024, 14:00 WIB
Francesco Bagnaia bakal berusaha menebus kesalahannya di MotoGP Mandalika 2024 buat mengejar Jorge Martin
27 September 2024, 13:00 WIB
Toyota Hilux Rangga jadi Official Car di MotoGP Mandalika 2024 meski belum diluncurkan secara resmi di Indonesia
27 September 2024, 11:00 WIB
MPV masih jadi salah satu opsi favorit, MG sebut mobil hybrid segmen B seperti hatchback belum diminati
27 September 2024, 10:00 WIB
YIMM belum berniat jual motor listrik Yamaha Neos untuk konsumen di Indonesia karena melihat kesiapan pasar
27 September 2024, 09:13 WIB
Dishub NTB batasi kendaraan yang melintas di sirkuit Mandalika guna menghindari terjadinya kemacetan panjang
27 September 2024, 08:00 WIB
Berlaku sampai akhir pekan guna mengurai kemacetan, berikut lokasi ganjil genap Puncak Bogor hari ini
27 September 2024, 07:00 WIB
JMC turut memeriahkan ajang Maxi Yamaha Day 2024 yang digelar di Lembang, Bandung pada 21-22 September