Yamaha Gandeng Perusahaan Prancis Kembangkan Motor Listrik Trail
20 November 2024, 13:46 WIB
Yamaha belum berniat menyematkan YECVT ke sejumlah produk lainnya, mereka masih fokus untuk Nmax Turbo saja
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Yamaha Nmax Turbo hadir dengan berbagai fitur kekinian. Salah satunya adalah YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission).
Hal itu membuat semua orang penasaran dengan teknologi tersebut. Pasalnya diklaim bisa meningkatkan akselerasi ketika matic Yamaha satu ini dikendarai.
Namun untuk merasakannya Anda harus memiliki Yamaha Nmax Turbo terlebih dahulu. Sebab manufaktur asal Jepang tersebut belum berniat menyematkan YECVT ke produk lain seperti Aerox serta Lexi.
“Fokus kita sekarang ke Nmax, ini teknologi yang bagus. Kami juga mau setiap orang merasakan sensasi dari YECVT,” kata Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Public Relation PT YIMM di Cirebon beberapa waktu lalu.
Anton menjelaskan kalau pihaknya masih membutuhkan waktu guna memperluas pengembangan YECVT ke motor lain. Kemudian mereka perlu masukan dari konsumen di Tanah Air.
Apakah perlu fitur tersebut disematkan ke Yamaha Aerox serta Lexi atau tidak. Sehingga mereka bisa memutuskan hal itu.
“Kita akan lihat responnya seperti apa ke depan dari konsumen,” Anton menegaskan.
Sebagai informasi, YECVT menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan mengandalkan motor listrik untuk menggerakan Pulley depan.
Kemudian memanfaatkan sejumlah komponen kelistrikan pada Yamaha Nmax baru. Meliputi Control Unit, Actuator serta sejumlah sensor lainnya.
Sebagai informasi, YECVT terdiri dari Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.
Yamaha pun merancang Pulley yang lebih besar 10 mm, V-belt 0,8 mm sert Spring Secondary lebih panjang serta keras. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi Yamaha Nmax Turbo.
Apalagi tersedia Y-Shift dengan tiga tingkatan, mulai dari Low (1), Medium (2) dan High (3). Cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan.
Selanjutnya saat Anda akan melewati tanjakan yang curam. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan di jalan raya.
Di sisi lain manufaktur asal negeri sakura mengklaim, Yamaha Nmax Turbo mampu berakselerasi dari 0-100 meter hanya dalam 7,2 detik saja.
Sedangkan pada Yamaha Nmax lawas memakan waktu 7,43 detik. Jadi sangat membantu Anda saat melewati jalan perkotaan.
Terlebih setelah disematkan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring). Anda bisa mengoperasikannya menggunakan tombol ‘Mode pada bagian depan setang bagian kiri.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
20 November 2024, 13:46 WIB
12 November 2024, 17:00 WIB
11 November 2024, 08:00 WIB
02 November 2024, 20:00 WIB
02 November 2024, 10:13 WIB
Terkini
20 November 2024, 14:04 WIB
Tiga pekerja pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan ditemukan tewas saat melakukan Environmental Chamber Test
20 November 2024, 13:46 WIB
Mulai fokus elektrifikasi, Yamaha berinvestasi ke perusahaan motor listrik trail dan off road asal Prancis
20 November 2024, 12:41 WIB
SUV kompak bertenaga listrik Kia EV3 akan dibawa di GJAW 2024 mengisi seri elektrifikasi PT KIA di tanah air
20 November 2024, 11:00 WIB
Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengakui bahwa biaya produksi mobil akan meningkat karena kenaikan PPN
20 November 2024, 10:00 WIB
Terdapat sejumlah syarat serta prosuder yang harus dipenuhi ketika ingin mengurus BPKB pada motor bekas
20 November 2024, 09:00 WIB
Toyota mengaku tengah menyusun beragam strategi guna menghadapi kenaikan PPN 12 persen di awal tahun depan
20 November 2024, 08:00 WIB
Pemerintah memberikan kelonggaran untuk aturan terkait insentif impor mobil listrik, berikut rinciannya
20 November 2024, 07:00 WIB
Aion V siap diperkenalkan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang diselenggarakan akhir pekan ini