Wholesales Motor Baru Menguat di Juli 2025, Tertinggi Tahun Ini
11 Agustus 2025, 11:00 WIB
Yamaha belum berniat menyematkan YECVT ke sejumlah produk lainnya, mereka masih fokus untuk Nmax Turbo saja
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Yamaha Nmax Turbo hadir dengan berbagai fitur kekinian. Salah satunya adalah YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission).
Hal itu membuat semua orang penasaran dengan teknologi tersebut. Pasalnya diklaim bisa meningkatkan akselerasi ketika matic Yamaha satu ini dikendarai.
Namun untuk merasakannya Anda harus memiliki Yamaha Nmax Turbo terlebih dahulu. Sebab manufaktur asal Jepang tersebut belum berniat menyematkan YECVT ke produk lain seperti Aerox serta Lexi.
“Fokus kita sekarang ke Nmax, ini teknologi yang bagus. Kami juga mau setiap orang merasakan sensasi dari YECVT,” kata Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Public Relation PT YIMM di Cirebon beberapa waktu lalu.
Anton menjelaskan kalau pihaknya masih membutuhkan waktu guna memperluas pengembangan YECVT ke motor lain. Kemudian mereka perlu masukan dari konsumen di Tanah Air.
Apakah perlu fitur tersebut disematkan ke Yamaha Aerox serta Lexi atau tidak. Sehingga mereka bisa memutuskan hal itu.
“Kita akan lihat responnya seperti apa ke depan dari konsumen,” Anton menegaskan.
Sebagai informasi, YECVT menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan mengandalkan motor listrik untuk menggerakan Pulley depan.
Kemudian memanfaatkan sejumlah komponen kelistrikan pada Yamaha Nmax baru. Meliputi Control Unit, Actuator serta sejumlah sensor lainnya.
Sebagai informasi, YECVT terdiri dari Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.
Yamaha pun merancang Pulley yang lebih besar 10 mm, V-belt 0,8 mm sert Spring Secondary lebih panjang serta keras. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi Yamaha Nmax Turbo.
Apalagi tersedia Y-Shift dengan tiga tingkatan, mulai dari Low (1), Medium (2) dan High (3). Cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan.
Selanjutnya saat Anda akan melewati tanjakan yang curam. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan di jalan raya.
Di sisi lain manufaktur asal negeri sakura mengklaim, Yamaha Nmax Turbo mampu berakselerasi dari 0-100 meter hanya dalam 7,2 detik saja.
Sedangkan pada Yamaha Nmax lawas memakan waktu 7,43 detik. Jadi sangat membantu Anda saat melewati jalan perkotaan.
Terlebih setelah disematkan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring). Anda bisa mengoperasikannya menggunakan tombol ‘Mode pada bagian depan setang bagian kiri.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
11 Agustus 2025, 11:00 WIB
09 Agustus 2025, 14:04 WIB
15 Juli 2025, 08:00 WIB
10 Juli 2025, 10:00 WIB
07 Juli 2025, 20:00 WIB
Terkini
14 Agustus 2025, 13:00 WIB
Wuling Almaz Darion mulai terdaftar di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni EV serta PHEV
14 Agustus 2025, 12:00 WIB
Mobil nasional bantu penjualan kendaraan roda empat di Malaysia, Indonesia berpeluang lakukan hal serupa
14 Agustus 2025, 11:00 WIB
Jika perang harga mobil listrik dilakukan dalam waktu yang lama berpotensi bakal merugikan para konsumen
14 Agustus 2025, 10:00 WIB
BYD dan Denza menguasai 53 persen pasar mobil listrik di awal 2025 dengan penjualan mencapai 22.600 unit
14 Agustus 2025, 09:00 WIB
Meski diakui cukup dominan, BYD belum mau umumkan data pemesanan Atto 1 yang baru diluncurkan di GIIAS 2025
14 Agustus 2025, 08:00 WIB
Suzuki eVitara direncanakan meluncur tahun depan, bakal masuk Indonesia dengan status CBU terlebih dulu
14 Agustus 2025, 07:00 WIB
Honda EM1 e: didiskon Rp 17 jutaan untuk pembelian peridoe 6 hingga 31 Agustus 2025 untuk sambut hari kemerdekaan
14 Agustus 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta dipastikan tetap berlaku meski ada gladi upacara kemerdekaan di sekitar Istana Merdeka