Pengguna Xmax dan ZX-25R Tak Perlu Bikin SIM C1, Ini Aturannya

Bagi para pemilik Yamaha Xmax dan Kawasaki ZX-25r tidak perlu melakukan peningkatan atau membuat SIM C1

Pengguna Xmax dan ZX-25R Tak Perlu Bikin SIM C1, Ini Aturannya

KatadataOTOSIM C1 satu masih menjadi perbincangan para pencinta otomotif. Beberapa orang mulai membuat dokumen berkendara satu ini.

Seperti yang ditemukan tim KatadataOTO saat berkunjung ke Satpas Daan Mogot pada Kamis (6/6). Mereka melakukan peningkatan dari C biasa ke SIM C1.

Hal tersebut dilakukan demi menyesuaikan peraturan telah ditetapkan oleh Korlantas Polri. Sehingga bisa menaikan kompetensi ketika berkendara.

Namun hadirnya SIM C1 membuat para pengguna motor Yamaha Xmax, Honda Forza, Kawasaki ZX-25R dan sekelasnya bingung. Karena tunggangan mereka berada di ambang bawah aturan tersebut.

Yamaha Xmax 250 Connected
Photo : YIMM

Menurut Brigjen Pol Yusri Yunus, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, dokumen berkendara satu ini diperuntukan bagi pengguna motor bermesin 250 cc sampai 500 cc.

“SIM C itu sama dengan 0-240 cc, sementara C1 dari 250 cc sampai 500 cc,” ujar Yusri di Antara beberapa waktu lalu.

Menurut Yusri hal tersebut sudah diatur di Pasal 3 Perpol Nomor 5 Tahun 2021. Di dalamnya dijelaskan kalau SIM C terbagi tiga golongan.

Mulai dari C, C1 serta C2 dan seluruhnya diperuntukan buat motor yang berbeda. Tinggal disesuaikan sama kebutuhan pengendara.

Jadi para pengguna Yamaha Xmax, R25, Honda Forza sampai Kawasaki tidak perlu melakukan peningkatan ke SIM C1.

Apalagi motor-motor yang dipasarkan umumnya menggunakan bahasa pembulatan ke atas. Artinya kapasitas mesin tidak benar-benar menyentuh 250 cc.

Salah satu rumusnya adalah 0,785 x bore x bore x stroke. Lalu ambil contoh pada Yamaha Xmax yang ada di Tanah Air.

Spesifikasi jantung pacu matic Yamaha satu ini mempunyai ukuran bore 70 mm x stroke 64,9 mm. Maka jika dihitung memakai rumus di atas hasilnya sekitar 249 cc.


Terkini

mobil
Jalan Menuju Penggunaan Mobil Hidrogen Masih Jauh, Banyak Kendala

Jalan Menuju Penggunaan Mobil Hidrogen Masih Jauh, Banyak Kendala

Mobil hidrogen diklaim lebih efisien, hanya saja implementasinya di Indonesia masih temui banyak kendala

mobil
Toyota Calya bekas

3 Pilihan Toyota Calya Bekas di Jakarta, Ada Promo DP 0 Persen

Toyota Calya bekas di Jakarta jumlahnya cukup banyak sehingga pelanggan bisa mudah memilih sesuai keinginan

mobil
Chery Omoda E5 bekas

Chery Omoda E5 Bekas Sudah Beredar, Harga Rp 73 juta Lebih Murah

Chery Omoda E5 bekas sudah beredar dengan harga selisih Rp 73 juta lebih murah ketimbang unit barunya

mobil
Mitsubishi Pajero Sport bekas

Mitsubishi Pajero Sport Bekas Lansiran 2023, TDP Cuma Rp 35 Juta

Mitsubishi Pajero Sport bekas lansiran 2023 semakin banyak pilihannya dan kini ada paket TDP Rp 35 juta

mobil
Ford Jual 300 Unit di Indonesia pada 2023

RMA Boyong Ford Everest Titanium Next Gen Berfitur Paling Aman

RMA Indonesia memperkenalkan Ford Everest Titanium Next Gen yang dibekali dengan fitur keamanan lengkap

mobil
Wuling Confero EV

Pemesanan Wuling Confero EV Dibuka, Harga Rp 150 Jutaan

Keran pemesanan dibuka meski belum resmi meluncur, Wuling Confero EV di China ditawarkan mulai Rp 150 jutaan

otosport
Susunan Pembalap MotoGP 2025: Tersisa Satu Bangku Kosong

Susunan Pembalap MotoGP 2025: Tersisa Satu Bangku Kosong

Susunan pembalap MotoGP 2025 tersisa satu slot kosong usai Miguel Oliveira bergabung dengan Pramac Yamaha

otopedia
Ini Tanda Mobil Bekas Terendam Banjir, Cukup Periksa Bagian Ini

Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir, Cukup Periksa Bagian Ini

Terdapat beberapa ciri mobil bekas terendam banjir, salah satunya timbul karat di sejumlah bagian kendaraan