Harga Mobil Berpeluang Naik, Honda Bersiap Hadapi PPN 12 Persen
18 November 2024, 14:14 WIB
Modifikasi Honda CBR250RR dengan mengusung tema Neo Cafe Racer yang menghabiskan dana sampai Rp 40 jutaan
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Ada berbagai cara untuk membuat tampilan motor jadi berbeda. Salah satunya dengan melakukan kustomisasi pada bagian tampilan.
Seperti yang terjadi pada Honda CBR250RR lansiran 2017. Motor tersebut mengalami ubahan di bagian bodi sampai pengereman.
“Kalau bodi semua kita ganti total dari standarnya. Tetapi dibuat PNP (Plug and Play) tak ada ubahan pada rangka, jadi tinggal pasang,” ujar Yusa, pemilik bengkel 902 Garage kepada KatadataOTO (13/8).
Kemudian Yusa menuturkan bodi Honda CBR2500RR tersebut dilapisi dengan serat carbon. Lalu untuk pengecatan menggunakan teknik Airbrush.
Memang jika dilihat kendaraan roda dua ini menawarkan desain yang sporti. Aura motor balap terpancar cukup kuat.
Sangat berbeda dengan tampilan standar bawaan pabrik. Apalagi setelah Fairing dibentuk seperti kuda besi di ajang MotoGP.
Selanjutnya ubahan paling kentara di motor yang mengusung tema Neo Café Racer ini ada pada bagian pengereman. Di depan Yusa membuatnya menjadi model Double Disk.
Sementara master rem mengandalkan model radial merek Adelin dengan piston 19 mm. Tak ketinggalan ada kaliper empat piston dari KTC dipadukan selang rem Hel.
Sedangkan pada bagian kaki-kaki tidak banyak yang Yusa sentuh. Ia hanya menyematkan Monoshock Nui di belakang.
Buat ban memakai dari merek Pirelli Diablo Rosso Sport. Ukurannya adalah 150/100 ring 17 di depan serta belakang.
“Pelek, Swing Arm sampai Upside Down kita pertahankan bawan pabrik. Namun saya tambahkan Cover Arm Carbon model Honda CBR1000,” Yusa menambahkan.
Lalu Honda CBR2500RR ini memakai knalpot dari Prospeed tipe Shark Carbon. Untuk Header dikustom menggunakan bahan Stainless Steel.
Sebagai informasi, Yusa tidak melakukan modifikasi pada bagian jantung pacu. Tetap mempertahankan mesin berkubikasi 249,7 cc DOHC berpendingin cairan dua silinder.
Produk AHM (Astra Honda Motor) ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 36,3 hp di 12.500 rpm. Sementara torsi puncaknya 22,5 Nm pada 10.500 rpm.
“Buat pengerjaan dari membuat bodi carbon sampai selesai kita memakan waktu sekitar satu tahunan,” tegas Yusa.
Terakhir untuk biaya modifikasi Honda CBR250RR ini sampai Rp 40 jutaan. Jumlah tersebut sudah termasuk membuat bodi carbon.
Patut diketahui, motor itu juga sudah menorehkan prestasi dalam ajang Honda Modif Contest. Menjadi juara di kelas Racing Style beberapa waktu lalu.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 November 2024, 14:14 WIB
13 November 2024, 18:00 WIB
12 November 2024, 22:00 WIB
12 November 2024, 17:00 WIB
09 November 2024, 12:00 WIB
Terkini
18 November 2024, 23:58 WIB
Penjualan Neta Oktober 2024 tidak tercatat dalam laporan Gaikindo karena keterlambatan dalam pelaporan
18 November 2024, 22:00 WIB
20 mobil terlaris Oktober 2024 menjadi perhatian banyak orang karena BYD M6 berhasil masuk ke dalam daftar
18 November 2024, 21:00 WIB
Jorge Martin baru saja menempatkan diri sebagai juara dunia MotoGP 2024 usai unggul atas Francesco Bagnaia
18 November 2024, 20:37 WIB
Dapat bantu mencegah kecelakaan, pengamat kembali sorot aturan soal penyitaan truk yang tidak laik jalan
18 November 2024, 18:00 WIB
Sejumlah pabrikan seperti Neta, Mitsubishi sampai Wuling akan menyediakan program menarik di GJAW 2024
18 November 2024, 17:00 WIB
Ditawarkan Rp 860 jutaan namun daya jelajah 200 km, simak modal mobil listrik Mazda MX-30 di Indonesia
18 November 2024, 16:00 WIB
Berikut daftar harga Vespa matic pada November 2024, LX 125 menjadi yang termurah dengan banderol Rp 40 jutaan
18 November 2024, 14:14 WIB
Ada kemungkinan harga mobil OTR tahun depan naik imbas PPN 12 persen, Honda mulai siapkan strategi penjualan