Honda Bikers Day 2025 Disambangi 32 Ribu Rider Tanah Air
16 November 2025, 11:00 WIB
Modifikasi Honda CBR250RR dengan mengusung tema Neo Cafe Racer yang menghabiskan dana sampai Rp 40 jutaan
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Ada berbagai cara untuk membuat tampilan motor jadi berbeda. Salah satunya dengan melakukan kustomisasi pada bagian tampilan.
Seperti yang terjadi pada Honda CBR250RR lansiran 2017. Motor tersebut mengalami ubahan di bagian bodi sampai pengereman.
“Kalau bodi semua kita ganti total dari standarnya. Tetapi dibuat PNP (Plug and Play) tak ada ubahan pada rangka, jadi tinggal pasang,” ujar Yusa, pemilik bengkel 902 Garage kepada KatadataOTO (13/8).
Kemudian Yusa menuturkan bodi Honda CBR2500RR tersebut dilapisi dengan serat carbon. Lalu untuk pengecatan menggunakan teknik Airbrush.
Memang jika dilihat kendaraan roda dua ini menawarkan desain yang sporti. Aura motor balap terpancar cukup kuat.
Sangat berbeda dengan tampilan standar bawaan pabrik. Apalagi setelah Fairing dibentuk seperti kuda besi di ajang MotoGP.
Selanjutnya ubahan paling kentara di motor yang mengusung tema Neo Café Racer ini ada pada bagian pengereman. Di depan Yusa membuatnya menjadi model Double Disk.
Sementara master rem mengandalkan model radial merek Adelin dengan piston 19 mm. Tak ketinggalan ada kaliper empat piston dari KTC dipadukan selang rem Hel.
Sedangkan pada bagian kaki-kaki tidak banyak yang Yusa sentuh. Ia hanya menyematkan Monoshock Nui di belakang.
Buat ban memakai dari merek Pirelli Diablo Rosso Sport. Ukurannya adalah 150/100 ring 17 di depan serta belakang.
“Pelek, Swing Arm sampai Upside Down kita pertahankan bawan pabrik. Namun saya tambahkan Cover Arm Carbon model Honda CBR1000,” Yusa menambahkan.
Lalu Honda CBR2500RR ini memakai knalpot dari Prospeed tipe Shark Carbon. Untuk Header dikustom menggunakan bahan Stainless Steel.
Sebagai informasi, Yusa tidak melakukan modifikasi pada bagian jantung pacu. Tetap mempertahankan mesin berkubikasi 249,7 cc DOHC berpendingin cairan dua silinder.
Produk AHM (Astra Honda Motor) ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 36,3 hp di 12.500 rpm. Sementara torsi puncaknya 22,5 Nm pada 10.500 rpm.
“Buat pengerjaan dari membuat bodi carbon sampai selesai kita memakan waktu sekitar satu tahunan,” tegas Yusa.
Terakhir untuk biaya modifikasi Honda CBR250RR ini sampai Rp 40 jutaan. Jumlah tersebut sudah termasuk membuat bodi carbon.
Patut diketahui, motor itu juga sudah menorehkan prestasi dalam ajang Honda Modif Contest. Menjadi juara di kelas Racing Style beberapa waktu lalu.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
16 November 2025, 11:00 WIB
16 November 2025, 09:00 WIB
16 November 2025, 08:00 WIB
13 November 2025, 23:00 WIB
12 November 2025, 12:00 WIB
Terkini
16 November 2025, 21:24 WIB
Marco Bezzecchi tutup musim ini dengan capaian manis di MotoGP Valencia 2025 dengan finish pertama
16 November 2025, 17:00 WIB
Mazda EZ-6 dan Changan Deepal LO7 sama-sama berpeluang besar untuk dipasarkan ke konsumen di Tanah Air
16 November 2025, 15:14 WIB
Chery beri penjelasan soal Fengyun X3L yang alami kecelakaan saat sedang uji ketangguhan di Gunung Tianmen
16 November 2025, 13:00 WIB
Suzuki Ertiga bekas lansiran 2024 bisa jadi pilihan masyarakat buat berkendara saat libur Natal dan tahun baru
16 November 2025, 11:00 WIB
Puncak acara Honda Bikers Day 2025 memberikan pengalaman berbeda di Garut dengan puluhan ribu pemotor
16 November 2025, 09:00 WIB
Banyak kegiatan menarik disuguhkan buat para anggota komunitas selama Honda Culture Indonesia berlangsung
16 November 2025, 08:00 WIB
Honda ADV 160 membuktikan performanya dalam perjalanan melintasi pantai selatan Jawa Barat menuju HBD 2025
16 November 2025, 07:00 WIB
Pilihan Toyota Calya bekas lansiran 2024 makin menarik karena ada program TDP Rp 7 jutaan dan tenor panjang