Modifikasi Yamaha Xmax Senilai Mitsubishi Xpander Cross
24 Juni 2025, 12:00 WIB
Modifikasi Honda CBR250RR dengan mengusung tema Neo Cafe Racer yang menghabiskan dana sampai Rp 40 jutaan
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Ada berbagai cara untuk membuat tampilan motor jadi berbeda. Salah satunya dengan melakukan kustomisasi pada bagian tampilan.
Seperti yang terjadi pada Honda CBR250RR lansiran 2017. Motor tersebut mengalami ubahan di bagian bodi sampai pengereman.
“Kalau bodi semua kita ganti total dari standarnya. Tetapi dibuat PNP (Plug and Play) tak ada ubahan pada rangka, jadi tinggal pasang,” ujar Yusa, pemilik bengkel 902 Garage kepada KatadataOTO (13/8).
Kemudian Yusa menuturkan bodi Honda CBR2500RR tersebut dilapisi dengan serat carbon. Lalu untuk pengecatan menggunakan teknik Airbrush.
Memang jika dilihat kendaraan roda dua ini menawarkan desain yang sporti. Aura motor balap terpancar cukup kuat.
Sangat berbeda dengan tampilan standar bawaan pabrik. Apalagi setelah Fairing dibentuk seperti kuda besi di ajang MotoGP.
Selanjutnya ubahan paling kentara di motor yang mengusung tema Neo Café Racer ini ada pada bagian pengereman. Di depan Yusa membuatnya menjadi model Double Disk.
Sementara master rem mengandalkan model radial merek Adelin dengan piston 19 mm. Tak ketinggalan ada kaliper empat piston dari KTC dipadukan selang rem Hel.
Sedangkan pada bagian kaki-kaki tidak banyak yang Yusa sentuh. Ia hanya menyematkan Monoshock Nui di belakang.
Buat ban memakai dari merek Pirelli Diablo Rosso Sport. Ukurannya adalah 150/100 ring 17 di depan serta belakang.
“Pelek, Swing Arm sampai Upside Down kita pertahankan bawan pabrik. Namun saya tambahkan Cover Arm Carbon model Honda CBR1000,” Yusa menambahkan.
Lalu Honda CBR2500RR ini memakai knalpot dari Prospeed tipe Shark Carbon. Untuk Header dikustom menggunakan bahan Stainless Steel.
Sebagai informasi, Yusa tidak melakukan modifikasi pada bagian jantung pacu. Tetap mempertahankan mesin berkubikasi 249,7 cc DOHC berpendingin cairan dua silinder.
Produk AHM (Astra Honda Motor) ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 36,3 hp di 12.500 rpm. Sementara torsi puncaknya 22,5 Nm pada 10.500 rpm.
“Buat pengerjaan dari membuat bodi carbon sampai selesai kita memakan waktu sekitar satu tahunan,” tegas Yusa.
Terakhir untuk biaya modifikasi Honda CBR250RR ini sampai Rp 40 jutaan. Jumlah tersebut sudah termasuk membuat bodi carbon.
Patut diketahui, motor itu juga sudah menorehkan prestasi dalam ajang Honda Modif Contest. Menjadi juara di kelas Racing Style beberapa waktu lalu.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
24 Juni 2025, 12:00 WIB
20 Juni 2025, 09:00 WIB
19 Juni 2025, 10:00 WIB
18 Juni 2025, 08:00 WIB
17 Juni 2025, 22:00 WIB
Terkini
29 Juni 2025, 06:00 WIB
32 Jalan ditutup selama penyelenggaraan Jakarta International Marathon 2025 yang berlangsung hari ini
28 Juni 2025, 20:58 WIB
Marc Marquez tempati posisi pertama sprint race MotoGP Belanda 2025, Francesco Bagnaia terdepak ke urutan kelima
28 Juni 2025, 19:00 WIB
Para pengguna skutik Yamaha 125 cc kini memiliki satu pilihan pelumas baru yakni Yamalube Power XP Matic
28 Juni 2025, 17:00 WIB
Marc Marquez sempat mengalami sesak nafas usai terjatuh di latihan bebas serta kulifikasi MotoGP Belanda 2025
28 Juni 2025, 15:44 WIB
Suzuki Baleno bekas lansiran 2023 harganya kini terbilang kompetitif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
28 Juni 2025, 13:00 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten memutuskan memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan bermotor
28 Juni 2025, 13:00 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten memutuskan memperpanjang program pemutihan pajak kendaraan bermotor
28 Juni 2025, 11:00 WIB
Ada masalah airbag pada sejumlah model, Jeep imbau konsumen untuk lakukan pengecekan ke bengkel resmi