Honda Hadirkan Mobil Hybrid di GIIAS 2025
02 Oktober 2025, 08:00 WIB
Modifikasi Honda CBR250RR dengan mengusung tema Neo Cafe Racer yang menghabiskan dana sampai Rp 40 jutaan
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Ada berbagai cara untuk membuat tampilan motor jadi berbeda. Salah satunya dengan melakukan kustomisasi pada bagian tampilan.
Seperti yang terjadi pada Honda CBR250RR lansiran 2017. Motor tersebut mengalami ubahan di bagian bodi sampai pengereman.
“Kalau bodi semua kita ganti total dari standarnya. Tetapi dibuat PNP (Plug and Play) tak ada ubahan pada rangka, jadi tinggal pasang,” ujar Yusa, pemilik bengkel 902 Garage kepada KatadataOTO (13/8).
Kemudian Yusa menuturkan bodi Honda CBR2500RR tersebut dilapisi dengan serat carbon. Lalu untuk pengecatan menggunakan teknik Airbrush.
Memang jika dilihat kendaraan roda dua ini menawarkan desain yang sporti. Aura motor balap terpancar cukup kuat.
Sangat berbeda dengan tampilan standar bawaan pabrik. Apalagi setelah Fairing dibentuk seperti kuda besi di ajang MotoGP.
Selanjutnya ubahan paling kentara di motor yang mengusung tema Neo Café Racer ini ada pada bagian pengereman. Di depan Yusa membuatnya menjadi model Double Disk.
Sementara master rem mengandalkan model radial merek Adelin dengan piston 19 mm. Tak ketinggalan ada kaliper empat piston dari KTC dipadukan selang rem Hel.
Sedangkan pada bagian kaki-kaki tidak banyak yang Yusa sentuh. Ia hanya menyematkan Monoshock Nui di belakang.
Buat ban memakai dari merek Pirelli Diablo Rosso Sport. Ukurannya adalah 150/100 ring 17 di depan serta belakang.
“Pelek, Swing Arm sampai Upside Down kita pertahankan bawan pabrik. Namun saya tambahkan Cover Arm Carbon model Honda CBR1000,” Yusa menambahkan.
Lalu Honda CBR2500RR ini memakai knalpot dari Prospeed tipe Shark Carbon. Untuk Header dikustom menggunakan bahan Stainless Steel.
Sebagai informasi, Yusa tidak melakukan modifikasi pada bagian jantung pacu. Tetap mempertahankan mesin berkubikasi 249,7 cc DOHC berpendingin cairan dua silinder.
Produk AHM (Astra Honda Motor) ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 36,3 hp di 12.500 rpm. Sementara torsi puncaknya 22,5 Nm pada 10.500 rpm.
“Buat pengerjaan dari membuat bodi carbon sampai selesai kita memakan waktu sekitar satu tahunan,” tegas Yusa.
Terakhir untuk biaya modifikasi Honda CBR250RR ini sampai Rp 40 jutaan. Jumlah tersebut sudah termasuk membuat bodi carbon.
Patut diketahui, motor itu juga sudah menorehkan prestasi dalam ajang Honda Modif Contest. Menjadi juara di kelas Racing Style beberapa waktu lalu.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
02 Oktober 2025, 08:00 WIB
01 Oktober 2025, 19:13 WIB
01 Oktober 2025, 11:00 WIB
30 September 2025, 13:00 WIB
30 September 2025, 07:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 11:00 WIB
GIIAS Bandung 2025 memberikan kemudahan untuk masyarakat Jawa Barat yang ingin membeli mobil atau motor baru
02 Oktober 2025, 10:00 WIB
Federal mengaku tidak merasa dampak dari lesunya pasar motor baru yang sedang terjadi dalam beberapa waktu
02 Oktober 2025, 09:00 WIB
Mayoritas merek tidak melakukan penyesuaian, berikut daftar harga mobil listrik di RI per Oktober 2025
02 Oktober 2025, 08:00 WIB
Honda hadirkan seluruh line up mobil hybrid di GIIAS 2025 termasuk Step Wgn yang baru meluncur di Indonesia
02 Oktober 2025, 07:00 WIB
Vivo dan BP batal beli BBM dari Pertamina karena adanya kandungan etanol pada base feul BBM yang ditawarkan
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ada persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh pemohon jika ingin memanfaatkan SIM keliling Jakarta
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 2 Oktober 2025 bakal diawasi ketat menggunakan kamera ETLE di berbagai lokasi utama
02 Oktober 2025, 06:00 WIB
Pasar Modern Batununggal menjadi salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang beroperasi untuk melayani warga