Terpesan 500 Unit, Daihatsu Rocky Hybrid Siap Dikirim November
18 September 2025, 20:00 WIB
Sempat ada potensi kerusakan, target recall Daihatsu yang dilakukan awal bulan ini ditargetkan tuntas Desember 2023
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Recall Daihatsu Xenia dan Rocky dilakukan pada awal Juni 2023. Dikabarkan ada potensi kerusakan pada ECU airbag untuk sekitar 1.210 unit kendaraan terdampak, produksi 15 Desember 2022 sampai 11 Januari 2023.
Persentasenya adalah 1.095 unit Daihatsu Xenia dan 115 unit Rocky. Pelanggan juga telah diimbau untuk menghubungi bengkel resmi dan segera melakukan pemeriksaan terkait.
Meski recall dulu sempat menjadi kekhawatiran besar namun sepertinya saat ini konsumen sudah lebih paham manfaat dan tidak lagi panik. Hal ini disampaikan oleh Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM (Astra Daihatsu Motor).
Menurutnya jumlah tersebut tidak terlalu banyak namun berkaitan dengan faktor keamanan berkendara, sehingga konsumen perlu lakukan pengecekan.
“Karena terkait safety kami sangat serius, jadi kami yang menelfon konsumen secara langsung melalui call center. Responnya sekarang lebih mudah ya,” ucap Sri di sela peluncuran Daihatsu Terios Facelift, Kamis (8/6).
Tidak dijelaskan secara rinci berapa unit yang sudah masuk bengkel namun ia menegaskan konsumen cenderung lebih sadar pentingnya pemeriksaan kendaraan.
Beberapa di antaranya mengaku datang langsung ke bengkel resmi karena melihat pemberitaan terkait recall tersebut di media massa.
Ia memaparkan salah satu kendalanya adalah menjangkau konsumen yang area pinggir kota serta untuk pemakaian fleet. Sedangkan target recall daihatsu dicanangkan hingga akhir tahun ini.
“Kita kurang lebih sampai Desember. Kami berharap kepada pelanggan supaya mereka bisa secepatnya datang ke bengkel resmi,” ujarnya.
Terkait masalah ini Sri mengatakan bahwa recall tidak berdampak pada Xenia dan Avanza unit ekspor, hanya unit domestik dalam periode tertentu saja.
Sekadar informasi konsumen pemilik Xenia dan Avanza juga bisa memastikan apakah mobilnya masuk ke dalam program recall, dengan cara mengunjungi laman resmi recall.daihatsu.co.id.
Konsumen nantinya tinggal memasukkan nomor rangka kendaraan. Cara lainnya adalah dengan menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898.
Dilakukan di diler resmi, konsumen tidak perlu khawatir karena waktu perbaikannya terbilang sebentar yakni sekitar satu jam. Kemudian tidak perlu mengeluarkan biaya alias dipastikan gratis.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
18 September 2025, 20:00 WIB
17 September 2025, 15:05 WIB
19 Agustus 2025, 07:00 WIB
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
13 Agustus 2025, 19:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi