Kendaraan Komersial Isuzu Mendominasi di Berbagai Segmen
10 Desember 2025, 16:00 WIB
Mencatatkan rekor penjualan tertinggi tahun lalu di angka 33.715, target penjualan Isuzu 2023 jadi 39.000 unit
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – PT IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia) mencatatkan penjualan tertinggi selama berdirinya di Indonesia sebanyak 33.715 unit. Target penjualan Isuzu 2023 39.000 unit atau naik 5.285 unit dari hasil penjualan 2022.
Rian Erlangga, Deputy Marketing Division Head PT IAMI memaparkan bahwa rantai persediaan global sebelumnya sempat terganggu akibat krisis yang terjadi seperti pandemi Covid hingga transisi dari Euro2 ke Euro4.
Meski begitu Isuzu diklaim mampu menghadapi transisi dengan baik berbekal pengalaman puluhan tahun dalam penjualan maupun aftersales.
“Kunci keberhasilnnya ialah komunikasi dan koordinasi ke semua ekosistem. Mulai dari media partner, pemerintah, diler, polisi, karoseri hingga part shop,” ucap Rian saat media gathering Isuzu di Jakarta, Rabu (25/1).
Tingginya penjualan 2022, menurut Rian juga dipengaruhi oleh perbaikan strategi Isuzu dalam mendekati dan melayani konsumen. Ini dibuktikan dari 163 Bengkel Isuzu Berjalan, mechanic on site, hingga lebih dari 1.500 part shop Depo Makassar.
Isuzu juga turut menawarkan 122 titik bengkel mitra di Indonesia, serta mekanik common rail dengan pengalaman lebih dari 10 tahun sehingga lebih terpercaya.
Meski masih dalam masa pemulihan pasca pandemi, Rian mengatakan bahwa Isuzu optimis namun tetap waspada terhadap kemungkinan penjualan di tahun ini. Namun pihaknya tetap menetapkan target baik penjualan maupun ekspor.
“Target 39.000 unit, volume ekspor akan coba kami tingkatkan jadi 8.500 unit,” ucap Rian.
Untuk diketahui Isuzu saat ini menjadi pabrikan yang berfokus pada kendaraan niaga. Sebelumnya Isuzu juga merangkul passenger car.
Berdasarkan data Isuzu total penjualan mobil secara nasional tumbuh 17.4 persen di 2022. Sedangkan khusus kendaraan niaga peningkatannya mencapai 10.6 persen.
Isuzu sendiri mencatatkan pertumbuhan yang diklaim lebih tinggi dari market kendaraan niaga di angka sebesar 20.6 persen. Elf dari kelas light truck menjadi tulang punggung penjualan dengan total 16.192 unit terjual dan market share 25.1 persen.
Kelengkapan layanan aftersales guna memudahkan konsumen serta keberhasilan Isuzu menjalani transisi Euro2 ke Euro4 dinilai menjadi faktor penting suksesnya penjualan Isuzu sepanjang 2022.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
10 Desember 2025, 16:00 WIB
13 November 2025, 18:00 WIB
05 November 2025, 14:27 WIB
04 November 2025, 16:35 WIB
04 November 2025, 11:00 WIB
Terkini
27 Desember 2025, 07:00 WIB
VinFast lebih memilih bekerjasama dengan Gotion Indonesia untuk menyediakan baterai EV pada setiap modelnya
26 Desember 2025, 13:00 WIB
BYD jawab kebutuhan pelanggan yang membutuhkan pengisian daya super cepat saat melakukan perjalanan jarak jauh
26 Desember 2025, 11:00 WIB
Menurut Yamaha membeli motor baru menjadi opsi lebih ramah di kantong saat kondisi ekonomi sedang sulit
26 Desember 2025, 09:00 WIB
perang harga sekilas menguntungkan konsumen semata, padahal menyimpan bahaya di masa depan yang merugikan
26 Desember 2025, 07:00 WIB
Pemerintah telah membatasi fungsi bahu jalan tol dan masyarakat diharapkan mematuhinya untuk kelancaran lalu lintas
26 Desember 2025, 06:00 WIB
Ada beberapa syarat maupun biaya yang diperhatikan sebelum mendatangi lokasi SIM keliling Bandung hari ini
26 Desember 2025, 06:00 WIB
Sebelum libur tahun baru, layanan SIM keliling Jakarta masih tersedia di sejumlah lokasi sekitar Ibu Kota
25 Desember 2025, 15:00 WIB
Cicilan paling murah all new Honda Vario Street 125 di Jakarta pada Desember 2025 adalah Rp 429 ribuan