3 Suzuki Baleno Bekas Lansiran 2024, Cicilannya Menarik
25 Oktober 2025, 07:00 WIB
Suzuki berencana menghadirkan mobil listrik pertama mereka di Indonesia, e Vitara yang memakai basis eVX
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT SIS (Suzuki Indomobil Sales) tengah gencar menghadirkan sejumlah lini produk ramah lingkungan berteknologi mild hybrid di Indonesia.
Dari segi harga, mild hybrid dijual dengan harga lebih kompetitif. Kemudian masih tersedia dalam varian transmisi manual sesuai kebutuhan konsumen.
Namun di masa mendatang, Suzuki bakal memperkuat portofolio kendaraan ramah lingkungan mereka dengan memboyong mobil listrik.
Ketika dikonfirmasi soal kelanjutan eVX alias e Vitara yang dipamerkan di IIMS (Indonesia International Motor Show) 2025, Suzuki menegaskan pendekatan ke arah elektrifikasi masih terus dilakukan.
“Secara strategi pendekatan kami menggunakan yang namanya multi pathway,” kata Dony Saputra, Deputy 4W Sales & Marketing Managing Director PT SIS di Jakarta beberapa waktu lalu.
Dia menegaskan Suzuki melakukan pendekatan ke konsumen melalui teknologi mild hybrid terlebih dulu. Baru kemudian bertahap ke mobil listrik berbasis baterai.
“Baik itu dari ICE (Internal Combustion Engine) dengan BEV (Battery Electric Vehicle) yang secara kombinasi menjadi mild hybrid, kemudian kami langsung lompat ke BEV, atau ke fuel cell dan lain sebagainya. Ini secara strategi kami namanya multi pathway,” kata Dony.
Sayangnya dia enggan menjelaskan lebih rinci terkait kehadiran mobil listrik eVX atau e Vitara di Indonesia.
Sekadar informasi, pada Februari 2025 Suzuki telah mengkonfirmasi kehadiran mobil listrik e Vitara di Indonesia pada awal 2026.
Lahir sebagai mobil konsep eVX, model tersebut menggabungkan teknologi mumpuni dan karakter petualang.
Sebelum dipamerkan di Indonesia, e Vitara debut di Bharat Mobility Global Expo, India pada 17 Januari 2025 sebagai EV perdana mereka.
Dibandingkan versi konsepnya, e Vitara mendapatkan sejumlah penyesuaian di bagian eksterior seperti door handle konvensional menggantikan desain flush.
Tri-led DRL (Daytime Running Light) pada bagian depan masih sama seperti eVX, hanya saja berukuran sedikit lebh besar.
Secara dimensi, ukuran P x L x T model tersebut adalah 4.275 mm x 1.800 mm x 1.635 mm sedangkan wheelbase-nya 2.700 mm.
Buat gambaran, ini tidak berbeda jauh dari mobil listrik Chery Omoda E5 yang memiliki panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm dan wheelbase 2.630 mm.
Baterai digunakan bermaterial LFP (Lithium Ferro Phosphate) dalam dua opsi kapasitas, 49 kWh atau 61 kWh. Menawarkan jarak tempuh sampai 500 km dalam satu kali pengisian daya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
25 Oktober 2025, 07:00 WIB
22 Oktober 2025, 10:00 WIB
21 Oktober 2025, 16:00 WIB
21 Oktober 2025, 10:00 WIB
20 Oktober 2025, 16:19 WIB
Terkini
26 Oktober 2025, 19:00 WIB
Customaxi Yamaha 2025 Aceh menawarkan hadiah ratusan juta rupiah dengan puluhan kategori yang digelar
26 Oktober 2025, 18:37 WIB
Demi agar bisa bertahan dari tekanan, insentif mobil listrik di Cina diusulkan untuk dihilangkan bertahap
26 Oktober 2025, 15:00 WIB
Tidak hanya etanol pada bensin, pemerintah akan gencarkan penggunaan campuran biodiesel B50 tahun depan
26 Oktober 2025, 14:56 WIB
Alex Marquez memenangkan balapan sementara Francesco Bagnaia DNF, berikut hasil MotoGP Malaysia 2025
26 Oktober 2025, 10:10 WIB
Perluasan mandatori etanol 10 persen menjadi 15 persen tuai protes di Amerika Serikat, ini alasannya
26 Oktober 2025, 07:15 WIB
Atta Halilintar memiliki koleksi kendaraan yang cukup beragam dan beberapa diantaranya sudah dimodifikasi
25 Oktober 2025, 19:00 WIB
Chery Tiggo Cross CSH mendapatkan respons positif dari konsumen, mulai diserahkan ke 1.000 konsumen pertama
25 Oktober 2025, 17:00 WIB
Vinfast di Indonesia terus mengembangkan lini bisnis untuk mendukung pemerintah mewujudkan energi bersih