Daihatsu Andalkan Pameran buat Dorong Penjualan Akhir Tahun
26 September 2025, 18:00 WIB
Relaksasi pajak kendaraan yang diberikan oleh pemerintah berhasil dimanfaatkan oleh Daihatsu dengan efektif
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Dampak positif perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan Pemerintah Indonesia berhasil dirasakan langsung oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hal ini terlihat dari angka penjualan Daihatsu yang terus tumbuh di 2021.
Secara umum, total volume market nasional memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pasalnya, sepanjang periode Januari – Oktober 2021, total volume market nasional untuk retail sales berhasil mencapai sekitar 677 ribu unit, dan wholesales menjadi sekitar 703 ribu unit
Dari jumlah tersebut, Daihatsu berhasil mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan market share untuk retail sales sebesar 17.4 persen, dan whole sales 18.9 persen. Hasil ini tentunya terbilang baik terlebih bila dibandingkan dengan tahun lalu.
Secara volume, Daihatsu bukukan capaian retail sales sebanyak 118.089 unit, atau naik sebesar 44.7 persen, serta whole sales sebanyak 133.068 unit, atau naik sebesar 71.8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.
Khusus untuk bulan Oktober, penjualan Daihatsu pun tercatat mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sepanjang Oktober, Daihatsu berhasil menjual sebanyak 14.301 unit kendaraan. Jumlah tersebut tidak lepas dari kontribusi mobil-mobil unggulan Daihatsu yaitu Sigra, Gran Max Pick Up dan Ayla.
Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 3.905 unit atau berkontribusi sebesar 27.3 persen. Jumlah ini selisih tipis dengan peringkat kedua yaitu Daihatsu Gran Max Pick Up yang berhasil terjual sebanyak 3.818 unit atau setara dengan 26.7 persen. Sementara diposisi ketiga ada Daihatsu Ayla yang terjual 2.049 unit atau setara 14.3 persen.
“Penjualan Daihatsu naik bertahap sejalan dengan kenaikan pasar. Semoga tren positif ini dapat terus berlangsung hingga akhir tahun 2021, sehingga pasar otomotif nasional tahun ini dapat lebih baik dibandingkan tahun 2020 lalu,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Harapan tersebut tentunya sangat masuk akal karena pada akhir 2021, Daihatsu akan menghadirkan Xenia generasi ketiga. Mobil tersebut akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 September 2025, 18:00 WIB
22 September 2025, 12:00 WIB
17 September 2025, 14:00 WIB
17 September 2025, 08:00 WIB
16 September 2025, 15:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi